HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG MENDAPATKAN PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD KRATON KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Fajar Ardian Aji Pradana, Nur Izzah Priyogo
Kata Kunci   :Perilaku Caring, Tingkat Kepuasan, Pasien Gawat Darurat
Caring perawat sangat penting dalam memberikan asuhan keperawatan sehingga pasien dan keluarga puas terhadap pelayanan tersebut. Jumlah kunjungan pasien di instalasi gawat daruarat RSUD Kraton Pekalongan tahun 2018 sebesar 3.816 kunjungan dengan kunjungan terbanyak non bedah sebesar 39.051 pasien (57,60%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien yang mendapatkan pelayanan di instalasi gawat darurat RSUD Kraton Pekalongan. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelatif dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kraton Pekalongan sebanyak 94 orang dengan teknik accidental sampling. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa 48 orang (51,1%) menyatakan bahwa perilaku caring perawat kurang dan 51 orang (54,3%) mempunyai kepuasan yang baik terhadap pelayanan di instalasi gawat darurat. Ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien yang mendapatkan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kraton Pekalongan dengan ρ value: 0,002. Rumah sakit perlu memberikan reward bagi perawat yang mempunyai perilaku caring yang baik pada pasien gawat darurat dalam bentuk pelatihan atau promosi jabatan.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2019 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |