Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG MENDAPATKAN PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD KRATON KABUPATEN PEKALONGAN


Pengarang : Fajar Ardian Aji Pradana, Nur Izzah Priyogo


Kata Kunci   :Perilaku Caring, Tingkat Kepuasan, Pasien Gawat Darurat

Caring perawat sangat penting dalam memberikan asuhan keperawatan sehingga pasien dan keluarga puas terhadap pelayanan tersebut. Jumlah kunjungan pasien di instalasi gawat daruarat RSUD Kraton Pekalongan tahun 2018 sebesar 3.816 kunjungan dengan kunjungan terbanyak non bedah sebesar 39.051 pasien (57,60%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien yang mendapatkan pelayanan di instalasi gawat darurat RSUD Kraton Pekalongan. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelatif dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kraton Pekalongan sebanyak 94 orang dengan teknik accidental sampling. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa 48 orang (51,1%) menyatakan bahwa perilaku caring perawat kurang dan 51 orang (54,3%) mempunyai kepuasan yang baik terhadap pelayanan di instalasi gawat darurat. Ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien yang mendapatkan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kraton Pekalongan dengan ρ value: 0,002. Rumah sakit perlu memberikan reward bagi perawat yang mempunyai perilaku caring yang baik pada pasien gawat darurat dalam bentuk pelatihan atau promosi jabatan.

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2019
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia