ABSTRAK
Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan 6 Langkah Pada Siswa Kelas 5 SDN
01 Pekuncen Kabupaten Pekalongan
Meirina Farah Dhiba Zakia, Aida Rusmariana
Latar Belakang: Pendidikan kesehatan dilakukan dengan mengajarkan siswa secara langsung untuk memberikan beberapa penjelasan terkait kesehatan. Anak sekolah dasar merupakan periode emas menanamkan pengetahuan, maka diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media audio visual yang dapat membantu anak-anak menggunakan alat indera sehingga mereka dapat mudah memahami pembelajaran yang ditayangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap pengetahuan cuci tangan 6 langkah pada siswa kelas 5 SDN 01 Pekuncen Kabupaten Pekalongan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain preexperiment (one group pretest-posttest). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas 5 sebanyak 74 responden yang berada di SDN 01 Pekuncen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengetahuan siswa diukur menggunakan kuesioner pengetahuan cuci tangan 6 langkah. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan sebelum distribusi kuesioner. Pada penelitian ini menggunakan uji normalitas data Kolmogorov Smirnov dan didapatkan hasil data tidak berdistribusi normal dengan hasil p value 0,000 (<0,05), maka dilakukan uji hipotesis Wilcoxon Signed Ranks Test dengan hasil p value 0,000 (>0,005).
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan cuci tangan 6 langkah sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan media audio visual dengan hasil nilai rata-rata adalah 14,24 yang berarti sekitar 14 mendekati nilai maksimal. Rata-rata pengetahuan responden setelah diberikan intervensi adalah 15,43 yang menunjukkan bahwa nilai responden mendekati nilai maksimal. Uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap pengetahuan cuci tangan 6 langkah pada siswa kelas 5 SDN 01 Pekuncen Kabupaten Pekalongan.
Simpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap pengetahuan cuci tangan 6 langkah pada siswa kelas 5 SDN 01 Pekuncen Kabupaten Pekalongan.
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Audio Visual
DAFTAR PUSTAKA
Agustin, R. A. (2019). Perilaku Kesehatan Anak Sekolah. CV. Pustaka Abadi. https://books.google.com/books/about/Perilaku_Kesehatan_Anak_Sekolah.html?hl=id&id=LNqsDwAAQBAJ
Algarini Allo, O., Bannepadang, C., & Silamba, J. (2021). Pengaruh Penyuluhan Melalui Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Bangkelekila’ Kabupaten Toraja Utara Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif, 6(1), 37–49. https://doi.org/10.56437/jikp.v6i1.55
Alimul, H. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas (A. N. Aulia (ed.); 1st ed.). Health Books Publishing.
Arna, Y. D., & Olii, N. (2024). Bunga Rampai Psikologi Perkembangan (L. O. Alifariki (ed.)). Media Pustaka Indo.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Dinkes Depok. (2025). 6 Langkah Mencuci Tangan. https://dinkes.depok.go.id/User/DetailArtikel/6-langkah-mencuci-tangan
Donsu Tine, J. D. (2016). Metodologi Penelitian Keperawatan. Pustaka baru press.
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini, 5(2), 61. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Fitriya, L. (2023). Diriku dan Kegemaranku (M. Suhardi & R. P. Murtikusuma (eds.); Pertama). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://books.google.com/books/about/DIRIKU_DAN_KEGEMARANKU.html?hl=id&id=UkjnEAAAQBAJ
Hidayat, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Salemba Medika.
Idris, H. (2022). Hand Hygiene Panduan Bagi Petugas Kesehatan (1st ed.). Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Hand_Hygiene/uLdpEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Irawan, R. (2022). Konsep Media dan Teknologi Pembelajaran. Eureka Media Aksara.
Kelia, D. R., Sukaesih, N. S., Lindayani, E., Studi, P., Keperawatan, D., & Pendidikan Indonesia, U. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Lembar Balik Terhadap Peningkatan Sikap Phbs Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 793–800. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/14791%0Ahttps://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/14791/11767
Kemenkes. (2020). Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Minimal 20 Detik. https://youtu.be/rPPTzgob7KI?si=oggRlDFL876r3-P_
Kemenkes. (2024). Ayo Biasakan Cuci Tangan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/3361/ayo-biasakan-cuci-tangan
Kyle, T., & Carman, S. (2012). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Vol 1. Penerbit Buku Kedokteran.
Lestari, I. (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan (1st ed.). Nuha Medika.
Listiadesti, A. U., Noer, S. M., & Maifita, Y. (2020). Efektivitas Media Vidio Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Sekolah: A Literature Review. Jurnal Menara Medika, 3(1), 1–12. http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view/2198
Masriyadi, Baharuddin, A., & Samsualam. (2021). Metodologi Penelitian. CV. Trans Info Media.
Maulina, N., & Sawitri, H. (2021). Kesiapan, Edukasi Dan Pendampingan Praktek Cuci Tangan 6 Langkah Menurut Who Guna Menghadapi Pandemi Coronavirus Pada Siswa Sd Diana Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 5(1), 64. https://doi.org/10.30811/vokasi.v5i1.2060
Mayang, S., Parulian, S., Annisa, A., Mutia, A. F., Suci, R., & Rahmat, A. (2023). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Istima’. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 31–39. https://doi.org/10.55352/edu.v2i1.934
Nurhidayah, I., Asifah, L., & Rosidin, U. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. The Indonesian Journal of Health Science, 13(1), 61–71. https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.4864
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (P. P. Lestari (ed.)). Salemba Medika.
Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122. https://doi.org/10.36565/jab.v9i1.197
Pradita Setiawan, & Lilis Sulistyorini. (2023). Literature Review: Hubungan Mencuci Tangan dan Konsumsi Makanan Dengan Kasus Diare Pada Anak Sekolah di Indonesia. Student Scientific Creativity Journal, 1(3), 286–292. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i3.1445
Radhiyani, F. (2024). Karakteristik Perkembangan Peserta Didik (L. Novia (ed.)). CV. Ananta Vidya.
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952
Riyanto, A. (2015). Pengolahan dan Analisis Data Kesehatan. Nuha Medika.
Saridewi, W. R. (2022). Sumber Daya Manusia Dalam Proses Transfer Teknologi. Syiah Kuala University Press.
Sasmitha, N. R., Ilmi, A. A., & Huriati. (2017). Peningkatan Pengetahuan Tentang Cuci Tangan Melalui Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual. Journal of Islamic Nursing, 2 (2), 43–51. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/join/article/view/3980/3657
Simamora, R. (2019). Pengaruh Penyuluhan Identifikasi Pasian Dengan Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Pasian Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Silampari, 3 (1), 348.
Simbolon, D. (2019). Pencegahan Stunting Melalui Intervensi Gizi Spesifik Pada Ibu Menyusui Anak Usia 0-24 Bulan. Media Sahabat Cendekia.
Sinta Zakiyah, Nurul Hidayah Hasibuan, Aufa Yasifa, Suhaila Putri Siregar, & Olivia Wahyu Ningsih. (2024). Perkembangan Anak pada Masa Sekolah Dasar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2338
Siregar, P. A., Harahap, R. A., & Aidha, Z. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi (1st ed.). Kencana.
Sucipto, C. D. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Gosyen Publishing.
Sugiyono, & Puspandhani, M. E. (2020). Metode Penelitian Kesehatan. Alfabeta.
Survei Kesehatan Indonesia. (2023). Survei Kesehatan Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Susilo, R. (2017). Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Nuha Medika.
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan - Lengkap Dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel, dan Contoh Kuesioner (R. Indra (ed.)). Penerbit ANDI.
Ulum, F., & Haq, Y. E. (2019). Perbandingan Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual Dan Media Leaflet Terhadap Perilaku Cuci Tangan Siswa Kelas 6 SD Di SDN 3 Cihuni Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang-Banten. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 2(3), 234.
Ulya, U., Mulfah, I., Ulin Nuha, A., Nursapitri, M., Rafii Affia, M., & Rahman, I. (2022). Program Edukasi 6 Langkah Mencuci Tangan pada Anak di MI Al-Hidayah Kelurahan Cirendeu. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1–5. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Wahono, K. B., Jainurakhma, J., & Nurbadriyah, W. D. (2021). Health Promotion “Audio Visual Vs Leaflet”: Investigasi Pengetahuan dan Perilaku Cuci Tangan Keluarga Pasien. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 5(1), 41. https://doi.org/10.32419/jppni.v5i1.194
Wahyuni, E., Neherta, M., & Sari, I. M. (2023). Intervensi Keperawatan Saat Bencana (M. Neherta (ed.); Pertama). Penerbit Adab. https://books.google.com/books/about/INTERVENSI_KEPERAWATANAN_SAAT_BENCANA_Ib.html?hl=id&id=Mf_OEAAAQBAJ
Widiandika, I., Rohmah, N., & Yulia, Z. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Audio Visual Terhadap Ketepatan Cuci Tangan 6 langkah anak Pra Sekolah di TK Harapan Bangsa. 1–7.
Widyaningrum, R., & Safitri, R. A. (2022). Modul Edukasi Pencegahan Stunting Dengan Pemenuhan Gizi Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Penerbit K-Media. https://books.google.com/books/about/MODUL_EDUKASI_PENCEGAHAN_STUNTING_DENGAN.html?hl=id&id=KWS4EAAAQBAJ
Widyarati, A. (2023). Penyakit Menular. Bumi Aksara. https://books.google.com/books/about/Penyakit_Menular.html?hl=id&id=gmnQEAAAQBAJ
World Health Organization. (2024). Penyakit Diare. https://g.co/kgs/E5MdZAb
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |