EVALUASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN PEKALONGAN BERDASARKAN PERMENKES RI NO. 73 TAHUN 2016
Pengarang : Farah Destyana Nurainy, Yulian Wahyu Permadi, Dwi Bagus Prambu
Kata Kunci   :standar pelayanan kefarmasian, Permenkes RI No. 73 Tahun 2016.
Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek pekerjaan kefarmasian oleh apotek. Pelaksanaan pelayanan kefarmasian di apotek harus sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian nomor 73 tahun 2016. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelayanan kefarmasian di apotek Kabupaten Pekalongan Berdasarkan Permenkes RI No. 73 Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectionals survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan jumlah sampel 23. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak (69,6%) pelaksanaan standar kefarmasian di apotek wilayah Kabupaten Pekalongan sudah baik, sebanyak (60,9%) pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan serta bahan medis habis pakai masih kurang, (91,3%) hampir seluruh apotek di Kabupaten Pekalongan pelayanan farmasi klinik sudah baik, (82,6%) sarana dan prasarana apotek di Kabupaten Pekalongan sudah baik, (39,1%) mutu pelayanan kefarmasian apotek di Kabupaten Pekalongan masih kurang. Hasil penelitian ini merekomendasikan IAI dan dinas kesehatan agar melakukan program evaluasi pelayanan kefarmasian di apotek secara berkelanjutan dan pemberian sanksi yang tegas bila terdapat pelanggaran.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2019 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |