Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

EVALUASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN PEKALONGAN BERDASARKAN PERMENKES RI NO. 73 TAHUN 2016


Pengarang : Farah Destyana Nurainy, Yulian Wahyu Permadi, Dwi Bagus Prambu


Kata Kunci   :standar pelayanan kefarmasian, Permenkes RI No. 73 Tahun 2016.

Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek pekerjaan kefarmasian oleh apotek. Pelaksanaan pelayanan kefarmasian di apotek harus sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian nomor 73 tahun 2016. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelayanan kefarmasian di apotek Kabupaten Pekalongan Berdasarkan Permenkes RI No. 73 Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectionals survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan jumlah sampel 23. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak (69,6%) pelaksanaan standar kefarmasian di apotek wilayah Kabupaten Pekalongan sudah baik, sebanyak (60,9%) pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan serta bahan medis habis pakai masih kurang, (91,3%) hampir seluruh apotek di Kabupaten Pekalongan pelayanan farmasi klinik sudah baik, (82,6%) sarana dan prasarana apotek di Kabupaten Pekalongan sudah baik, (39,1%) mutu pelayanan kefarmasian apotek di Kabupaten Pekalongan masih kurang. Hasil penelitian ini merekomendasikan IAI dan dinas kesehatan agar melakukan program evaluasi pelayanan kefarmasian di apotek secara berkelanjutan dan pemberian sanksi yang tegas bila terdapat pelanggaran.

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2019
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia