Latar belakang : Anemia setelah melahirkan masih menjadi permasalahan kesehatan yang signifikan di tingkat global, dengan prevalensi mencapai 80% pada kalangan wanita di negara berkembang, dan sekitar 50% di negara maju. Pengetahuan serta sikap positif berperan penting dalam mendorong perilaku ibu dalam pencegahan terhadap anemia.
Tujuan : Mengetahui hasil penerapan pendidikan kesehatan melalui media ular tangga terhadap pengetahuan anemia pada ibu post sectio caesarea
Metode : Penerapan hasil penelitian Jumania Falindri et al (2024) yang berjudul “Media Ular Tangga, Tingkat Pengetahuan Anemia dan Asupan Sumber Zat Besi serta Kadar Hemoglobin Remaja Putri” dalam melakukan asuhan keperawatan pada Ny.E melalui metode studi kasus di Ruang Ayyub 1 RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Media ular tangga berisi pertanyaan – pertanyaan sesuai dengan konsep anemia sebanyak 18 soal yang sama dengan metode pre dan post test. Penilaian pengetahuan dilakukan sebelum dan setelah permainan ular tangga dilakukan.
Hasil : Adanya peningkatan pengetahuan mengenai anemia pada ibu post sectio caesarea yang mengalami anemia. Pada saat pre test terdapat 14 jawaban benar (77,7%, kategori pengetahuan baik) dan pada saat post test menunjukkan 18 jawaban benar (100%, kategori pengetahuan baik), selisih yang didapatkan sebesar 22,3%
Simpulan : Terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan melalui media ular tangga terhadap pengetahuan ibu mengenai anemia. Diharapkan penggunaan media ular tangga dapat diterapkan di Rumah Sakit untuk meningkatkan kesejahteraan ibu post sectio caesarea atau post partum yang mengalami anemia
Abas Istiqamariah dkk. (2021). Edukasi Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil. Madago Community Empowerment for Health Journal, 1.
Badarusyamsi, R. M. S. A. &. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31–54.
Darsini. Fahrurrozi. Eko Agus Cahyono. (2019). Pengetahuan?; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1).
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0.”
Haryani et al. (2021). Literature Review Pengaruh Teknik Relaksasi Napas Dalam Terhadap Intensitas Nyeri Pada Post Operasi Sectio Caesarea. Journal of Nursing and Health, 6(1), 15–24.
Hasan M et al. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukamawati (ed.)). Tahta Media Group.
Hidayat, S. (2017). Pendidikan Berbasiskan Media dan Modul. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 9(1), 181–218.
Indonesia, P. O. dan G. (2016). Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Diagnosis Dan Tata Laksana Pre-Eklamsia.
Jumania Falindri dkk. (2024). Media Ular Tangga Tingkat Pengetahuan Anemia dan Asupan Sumber Zat Besi serta Kadar Hemoglobin Remaja Putri. Nutriology: Jurnal Pangan, Gizi, Kesehatan, 5(1), 35–43. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/nutriology
Karmila, M. (2019). Anemia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kementerian Kesehatan. (2021). Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Hipertensi Dewasa.
Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu Edisi Ketiga. Kementrian Kesehatan RI.
Kementrian Kesehatan RI. (2023). Buku Saku Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil Dan Remaja Putri. Kementrian Kesehatan RI.
Kurniasih, R. (2014). Media Ular Tangga Jejak Petualang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(2), 119–125.
Mahirawatie et al. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Orang Tua Pada Karies Gigi Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun. Indonesian Journal Of Health and Medical, 1(4), 502–507. http://ijohm.rcipublisher.org/index.php/ijohm
Maywita E & Putri N W. (2019). Determinan Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Stunting Bayi 6 24 Bulan. Jurnal Human Care, 4(3), 173–177.
Neef V. Suma Choorapoikayil Hof L. Meybohm P. & Zacharowski K. (2024). Current concepts in postpartum anemia management. Current Opinion in Anaesthesiology. https://doi.org/https://doi.org/10.1097/aco.0000000000001338
Nisak et al. (2023). Perbedaan Metode Konvensional Dan Eracs Dengan Tingkat Nyeri Pada Pasien Post Sectio Cesarea. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 14(1), 261–268.
Nopitasari et al. (2020). Perbedaan Metode Permainan Ular Tangga Dan Ceramah Terhadap Pengetahuan Menghadapi Menstruasi. Journal of Nursing Care & Biomolecular, 5(2), 142–149.
Nurul. (2020). Indikasi Ibu Dan Janin Pada Persalinan Dengan Seksio Sesarea Di Beberapa Rumah Sakit Di Indonesia Periode Tahun 2010 Sampai Dengan Tahun 2018.
Pariati & Jumriani. (2020). Gambaran Pengetahuan Kesehatan Gigi Dengan Penyuluhan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas Iii Dan Iv Sd Inpres Mangasa Gowa. Media Kesehatan Gigi, 19(2).
Prasetyo, D. (2017). Hubungan antara asupan zat gizi makro dengan risiko kurang energi kronik pada ibu hamil di Kecamatan Pontianak Utara tahun 2017.
Rahman et al. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646–10653.
Raniah Hisanah dkk. (2023). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Permainan Ular Tangga Dan Bookletterhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Pencegahan Anemiapada Remaja Putri. Journal of Nutrition College, 12(4), 301–310.
Retnaningtyas, E. (2021). Preeklampsi & Asuhan Kebidanan Pada Preeklampsi (1st ed.). Strada Press.
Setyorini dkk. (2024). Keperawatan Maternitas. CV. Media Sains Indonesia.
Sirait, B. (2022). Seksio Sesarea. Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia.
Sukmawati dkk. (2019). Pengaruh Edukasi Pencegahan dan Penanganan Anemia Terhadap Pengeahuan dan Sikap Ibu Hamil. Jurnal Keperawatan BSI, VII. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jk
Veri N dkk. (2024). Preeeklamsia: patofisiologi, diagnosis, skrining, pencegahan dan penatalaksanaan. Femina Jurnal Kebidanan, 4(1), 283–296.
Whelton et al. (2022). Harmonization of the American College of Cardiology/American Heart Association and European Society of Cardiology/European Society of Hypertension Blood Pressure/ Hypertension Guidelines: Comparisons, Reflections, and Recommendations. ACC/AHA and ESC/ESH Blood Pressure Guidelines, 868–877. https://doi.org/10.1161/Circulationaha.121.054602
WHO. (2023). Anaemia.
Wulandari et al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education2, 5(2), 3928–3936.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |