Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Motivasi, Kompensasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pendidik Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Kedungwuni
Pengarang : Alfaini, Muhammad Yusuf, Leni Susan
Kata Kunci   :Kepemimpinan, Lingkungan, Motivasi, Kompensasi, Kinerja
Penelitian ini dilakukan pada guru Madrasah Ibtidaiyah di wilayah Kedungwuni, dikarenakan Kecamatan Kedungwuni menjadi wilayah yang menjadi sorotan karena menurunnya hasil prestasi belajar siswa selama 3 tahun terakhir. Turunnya hasil belajar ini menjadi masalah penting bagi Kepala Madrasah dan guru, kejadian ini ditaksir akibat belum maksimalnya kinerja guru dan belum optimalnya kepemimpinan kepala madrasah yang berakibat pada turunnya nilai Ujian Madrasah (UM). Penelitian ini bermaksud untuk menguji pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Motivasi, Kompensasi, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pendidik. Jumlah populasi yang digunakan adalah seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Kedungwuni yang berjumlah 280 guru. Teknik sampling yang digunakan yakni simple random sampling didapatkan sampel sebanyak 74 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pendidik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 (2) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pendidik dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 (3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pendidik dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05 (4) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pendidik dengan nilai signifikansi 0,010<0,05 (5) Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pendidik dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 (6) Gaya kepemimpinan, Lingkungan kerja, Motivasi, Kompensasi, dan Budaya organisasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pendidik. Bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lain, misalnya Pelatihan, Disiplin Kerja dan lainnya yang memiliki kecenderungan menjadi faktor menurunnya kinerja pendidik.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2023 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |