ABSTRAK
Penerapan Teknik Distraksi Menonton Film Kartun Animasi Terhadap Penurunan Skala Nyeri Saat Injeksi Pada Anak Usia Prasekolah Di Ruang Flamboyan RSUD Batang
Ana Fardiyana, Siti Rofiqoh
Program Studi Diploma Tiga Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Anak usia prasekolah aktivitas fisiknya meningkat, bisa menyebabkan anak mudah lelah dan terserang penyakit yang mengharuskan anak dirawat di rumah sakit. Kondisi anak ketika dirawat di rumah sakit menghadapi lingkungan yang berbeda. Terutama pada saat dilakukan tindakan rutin seperti memberikan obat melalui prosedur intravena. Tindakan seperti injeksi obat melalui intravena menghasilkan nyeri akut pada anak. Perawatan non obat dapat digunakan sebagai pengobatan untuk meredakan nyeri pada anak. Salah satu pengobatan non obat tersebut adalah psikoterapi seperti distraksi menonton film kartun animasi. Distraksi ini dapat membuat anak fokus pada tontonan film kartun animasi yang diberikan sehingga perhatian anak akan teralihkan pada distraksi. Tujuan studi kasus ini adalah menggambarkan penerapan teknik distraksi menonton film kartun animasi terhadap penurunan skala nyeri saat injeksi pada anak usia prasekolah. Metode penyusunan yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek studi anak prasekolah usia 3 tahun 9 bulan yang mengalami masalah nyeri berat. Pengukuran nyeri menggunakan Wong-Baker FACES Pain Rating Scale. Intervensi berupa menonton film kartun animasi yang diberikan saat injeksi pemberian obat yang dilakukan selama 3 hari. Hasil studi kasus pada pasien didapatkan skala nyeri 6 setelah dilakukan distraksi menonton film kartun animasi selama 3 hari skala nyeri turun menjadi 0. Simpulan studi kasus menunjukkan bahwa distraksi menonton film kartun animasi dapat menurunkan skala nyeri saat injeksi pada anak usia prasekolah. Saran bagi perawat diharapkan dapat menerapkan distraksi menonton film kartun animasi sebagai salah satu untuk mengatasi nyeri pada anak saat prosedur injeksi.
Kata kunci: Anak prasekolah, nyeri injeksi, distraksi.
Adha, D. R., Wirakhmi, I. N., & Susanti, I. H. (2023). Pengaruh Teknik Distraksi Audiovisual Menonton Kartun Animasi Terhadap Nyeri Saat Pemasangan Infus Pada Anak Usia Pra Sekolah Di RSUD Ajibarang. Jurnal Kesehatan, 11(2), 8-16. Diambil dari https://www.jurnal.ustb.ac.id/index.php/jks/article/view/165
Akgül, E. A., Karahan, Y., Ba?o?lu, F., O?ul, A., Öztornaci, B. Ö., Yetim, P., & Sari, H. Y. (2023). Effects of watching cartoons on pain scores in children undergoing venepuncture. Nursing children and young people, 35(5). Diambil dari https://doi.org/10.7748/ncyp.2018.e913
Amalia, A., & Oktafany, O. F. (2018). Pengaruh Terapi Bermain terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah selama Masa Hospitalisasi. Medical Journal of Lampung University, 7(2), 219-225.
Anggraini, S., Relina, D. (2020). Modul keperawatan anak I. Diambil dari Modul keperawatan anak I - Sapariah Anggraini, Dania Relina - Google Books
Aprilia, Y. (2022). Asuhan Keperawatan Gangguan Kebutuhan Nyeri dan Kenyamanan pada Pasien Pasca Apendiktomi RS TK IV 02.07. 04 DENKESYAH Lampung Tahun 2022. Doctoral dissertation .
Arif, N., Mansur, R., & Kep, M. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah (M. Neherta & I. Mulya Sari (eds.). Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/236082564.pdf
Aziz, M., Jat, S. A., Qazi, F., Naz, F., Moorpani, P., & Shah, M. (2020). Audiovisual distraction: A pricking pain reduction modality among ladies receiving intraoral injections. Journal of the College of Physicians and Surgeons Pakistan, 30(1), 4-8. Diambil dari https://www.researchgate.net/profile/Prena-Moorpani/publication/338575883_Audiovisual_Distraction_A_Pricking_Pain_Reduction_Modality_among_Ladies_Receiving_Intraoral_Injections/links/6482b8dd2cad460a1bfe56b7/Audiovisual-Distraction-A-Pricking-Pain-Reduction-Modality-among-Ladies-Receiving-Intraoral-Injections.pdf
Bergomi, P., Scudeller, L., Pintaldi, S., & Dal Molin, A. (2018). Efficacy of non-pharmacological methods of pain management in children undergoing venipuncture in a pediatric outpatient clinic: a randomized controlled trial of audiovisual distraction and external cold and vibration. Journal of pediatric nursing, 42, e66-e72. Diambil dari https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0882596317305365
Colin, V., Keraman, B., Dwianamaydinar, D., & Prasensi, M. (2020). Pengaruh teknik distraksi menonton kartun animasi terhadap penurunan skala nyeri saat injeksi pada anak usia pra sekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 8(1), 43-50. Diambil dari https://doi.org/10.36085/jkmb.v8i1.678
Dezfouli, S. M. M., & Khosravi, S. H. A. Q. A. Y. E. Q. (2020). Systematic review of the effective factors in pain management in children. Pak J Med Health Sci, 14(2), 1236-43. Diambil dari https://pjmhsonline.com/2020/apr-june/1236.pdf
Donsu, J. D. (2016). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Eliasen, A., Otnes, S., Merete Matz, Aunsholt, L., & Mathiasen, R. (2022). Safety Of Rapid Intraveous Paracetamol Infusion In Paediatric Patients. Journals Elsevier.
Hidayat, A. A., & Uliyah, M. (2016). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika.
Kyle, T., & Carman, S. (2019). Buku Ajar Keperawatan Pediatri (Vol. II). Jakarta: EGC.
Laksmil, Suryati, & Yanti. (2018). Pengaruh Kompres Dingin Terhadap Tingkat Nyeri saat Pemasangan Infus Pada Anak Usia Sekolah. BMJ Vol 5, No 2, 198-209. Diambil dari https://eprints.uwhs.ac.id/1000/
Mertajaya, I. M. (2018). Analisis intervensi teknik distraksi menonton kartun edukasi terhadap skala nyeri pada anak usia toddler saat pengambilan darah intravena di ruang cempaka anak rumah sakit pelni jakarta. Jurnal JKFT, 3(2), 46-58. Diambil dari https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jkft/article/view/1285
Mohamad, R. W., Nurhaeni, N., & Wanda, D. (2022). Efektivitas Menonton Video Kartun terhadap Tingkat Nyeri Selama Prosedur Invasif pada Anak Sekolah. Journal of Telenursing (JOTING), 4(1), 410-420. Diambil dari https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOTING/article/view/3795
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.
Oktiawati, A., Khodijah, Setyaningrum, I., & Dewi, R. C. (2017). Teori Dan Konsep Keperawatan Pediatrik. Jakarta: Trans Info Media.
Padila, P., Andari, F. N., Harsismanto, J., & Andri, J. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Toddler Berbasis Research. Lubuklinggau: Asra.
PPNI, T. P. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia Definisi Dan Indikator Diagnostik. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
PPNI, T. P. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia Definisi Dan Tindakan Keperawatan. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
Purnama, B. A., Indriyani, P., & Ningtyas, R. (2020). Pengaruh Terapi Story Telling Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Dengan Hospitalisasi. Journal of Nursing and Health, 5(1), 40-51. Diambil dari https://jurnal.politeknikyakpermas.ac.id/index.php/jnh/article/view/116
Setiawati, S., & Novikasari, L. (2021). Aplikasi pemberian teknik distraksi terhadap skala nyeri anak selama prosedur medis. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(1), 140-146. Diambil dari https://repository.unar.ac.id/jspui/handle/123456789/6050
Suwondo, B. S., Meliala, L., & Sudadi. 2017. Buku Ajar Nyeri. Yogjakarta: Perkumpulan Nyeri Indonesia.
Thi, T. H. T., Mudiyanselage, S. P. K., & Huang, M. C. (2022). Effects of distraction on reducing pain during invasive procedures in children with cancer: A systematic review and meta-analysis. Pain Management Nursing, 23(3), 281-292. Diambil dari https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1524904221002514
Wandini, R., & Resandi, R. 2020. Pemberian tehnik distraksi menonton kartun animasi untuk menurunkan tingkat nyeri prosedur invasif pada anak. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(3), 479-485.
Wang, Y., Guo, L., & Xiong, X. (2022). Effects of virtual reality-based distraction of pain, fear, and anxiety during needle-related procedures in children and adolescents. Frontiers in psychology, 13, 842847. Diambil dari https://www.frontiersin.org/journals/psychology/articles/10.3389/fpsyg.2022.842847/full
World Health Organization (WHO). World Health Satistik in 2023.
Yusuf, Lisbet, & Budi. (2018). Distraksi Visual Kartu Menurunkan Tingkat Nyeri Saat Pemasangan Infus Pada Anak Usia Prasekolah. Jendela Olahraga Volume 3, Nomor 2, 1-8. Diambil dari https://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/view/2381
Zahra, S. I., & Agustin, D. A. (2018). Literature Review: Distraksi Audiovisual Dapat Menurunkan Intensitas Nyeri Pemasangan Infus pada Anak Usia Prasekolah. Sentani Nursing Journal, 3(2), 104-125.
Zahra, S. I., & Agustin, D. A. (2020). Literature Review: Distraksi Audiovisual Dapat Menurunkan Intensitas Nyeri Pemasangan Infus pada Anak Usia Prasekolah. Sentani Nursing Journal, 3(2), 104-110.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |