Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh Electronic Word of Mouth, Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Live Streaming Tiktok


Pengarang : Riesca Setiowati, Sobrotul Imtikhanah, Leni Susan


Kata Kunci   :Electronic word of mouth, kepercayaan, kualitas produk, live streaming Tiktok, minat beli, promosi penjualan

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA LIVE STREAMING TIKTOK

Abstrak
Kebiasaan bekerja, belajar dan berbelanja secara online saat pandemi Covid-19 kurang diminati, namun sekarang ini bergeser menjadi tren. Fenomena belanja online yang sedang terjadi salah satunya pada platform media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel electronic word of mouth, promosi penjualan dan kualitas produk terhadap minat beli serta peran variabel intervening yaitu kepercayaan dalam memediasi pengaruh secara tidak langsung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Terdapat 237 responden merupakan warga yang berdomisili di wilayah Batang, Kota dan Kabupaten Pekalongan serta Pemalang. Dengan alat analisis menggunakan SPSS 20 dan SEM Amos 24. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah promosi penjualan, kualitas produk berpengaruh terhadap kepercayaan, promosi penjualan, kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli, kepercayaan memediasi hubungan antara promosi penjualan terhadap minat beli, serta kepercayaan memediasi hubungan antara kualitas produk terhadap minat beli. Adapun electronic word of mouth tidak berpengaruh terhadap kepercayaan, electronic word of mouth tidak berpengaruh terhadap minat beli dan kepercayaan tidak memediasi hubungan antara electronic word of mouth terhadap minat beli. Karena temuan di lapangan menunjukan bahwa electronic word of mouth hanya berupa rating bintang saja, sangat jarang yang memberikan ulasan secara detail sehingga menyebabkan konsumen baru ragu-ragu dalam berbelanja di TikTok.

Kata kunci: Electronic word of mouth, kepercayaan, kualitas produk, live streaming TikTok, minat beli, promosi penjualan.

THE INFLUENCE OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SALES PROMOTION, AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE INTENTION WITH TRUST AS AN INTERVENING VARIABLE IN LIVE STREAMING TIKTOK

Abstract

The habit of working, studying and shopping online during the Covid-19 pandemic was less desirable, but now those have shifted to become a trend. One of the online shopping phenomena that is happening is on the social media platform TikTok. This study aims to determine the effect of electronic word of mouth variables, sales promotion and product quality on purchase intention and the role of intervening variables, namely trust in mediating the effect indirectly. This study used a quantitative method with a purposive sampling technique. There are 237 respondents who live in the Batang area, City and Regency of Pekalongan and Pemalang. With the analytical tool using SPSS 20 and SEM Amos 24. The results found that sales promotion, product quality affects trust, sales promotion, product quality influences purchase intention, trust mediates the relationship between sales promotion and purchase intention, and trust mediates the relationship between product quality and purchase intention. Meanwhile, electronic word of mouth has no effect on trust, electronic word of mouth has no effect on purchase intention and trust does not mediate the relationship between electronic word of mouth on purchase intention. Because the findings in the field show that electronic word of mouth is only in the form of star ratings, it is very rare to provide detailed reviews that cause new consumers to hesitate in shopping on TikTok.

Keywords: Electronic word of mouth, trust, product quality, TikTok live streaming,
purchase intention, sales promotion

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2023
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia