Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

MODIFIKASI RANGKA ATAU CHASIS DUDUKAN MESIN PADA MOBIL KIA TRAVELLO
Pengarang : Husen Alivi, Towijaya, Imam Praset
Kata Kunci   :Modifikasi rangka, chasis, dudukan mesin, KIA Travello, Isuzu 4JB1

Rangka atau chasis kendaraan merupakan struktur utama yang berfungsi menopang mesin dan komponen penting lainnya. Pada kasus penggantian mesin mobil KIA Travello dengan mesin Isuzu 4JB1, diperlukan modifikasi khusus pada dudukan mesin karena terdapat perbedaan dimensi, terutama pada panjang titik pemasangan mesin (engine mounting). Permasalahan utama yang dihadapi adalah bagaimana merancang ulang dudukan mesin agar mesin baru dapat dipasang dengan tepat, kokoh, dan tetap menjaga kelaikan jalan kendaraan. Tujuan penelitian ini adalah merancang modifikasi dudukan mesin dan rangka sehingga mesin Isuzu 4JB1 dapat dipasang secara optimal pada KIA Travello, serta memastikan hasil modifikasi menghasilkan posisi mesin yang stabil dan sesuai dengan konfigurasi kendaraan. Metode yang digunakan meliputi kajian literatur, observasi langsung, pengukuran detail dimensi mesin lama dan baru, serta pelaksanaan modifikasi di bengkel dengan tahapan penurunan mesin lama, analisis posisi, pemotongan dudukan mesin depan, pemindahan dan pengepasan, hingga proses pengelasan kembali. Modifikasi dilakukan dengan tetap mempertahankan dudukan mesin belakang agar keselarasan transmisi dan propeller shaft tidak terganggu, sementara dudukan depan dipindahkan sejauh 210 mm untuk menyesuaikan dengan panjang mesin Isuzu 4JB1. Hasil modifikasi menunjukkan bahwa mesin Isuzu 4JB1 berhasil dipasang sempurna di ruang mesin KIA Travello dengan dudukan yang kokoh dan presisi. Modifikasi ini memungkinkan kendaraan tetap laik jalan, aman, dan dapat dioperasikan dengan baik.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Adhau, Atul, dan V. Kumar. 2013. “Engine Mounts and Its Design onsiderations.” International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT) 2(11): 763–69.

Ari, Dwi Purnama. 2022. Desain dan Simulasi Kekuatan Chassis Kendaraan Prototype Diesel. Tugas Akhir. Universitas Tidar.

Ariyansah, Riyan. 2017. “Modifikasi Desain Chasis Kendaraan Hybrid pada Bus Scania K360IB.” Jurnal Ilmiah TEKNOBIZ 7(3): 156–165.

Daryanto. 2004. Reparasi Chasis Mobil. Jakarta: PT Rineka Cipta dan PT Bina Adiaksara.

Handoyono, Nurcholish Arifin, dan Sigit Purnomo. 2020. Teknologi Chasis Otomotif. Yogyakarta: Insan Cendikia Mandiri.

Khairianda, Muhammad. 2019. Perancangan Chasis Untuk Kendaraan Sebagai Alat Transportasi Di Pedesaan. Tugas Akhir. Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Sudrajat, Arif, Achmad Widodo, dan Ojo Kurdi. 2023. “Analisis Kekuatan Sasis Bus Konvensional yang Digunakan sebagai Sasis Bus Listrik Menggunakan Metode Elemen Hingga.” Jurnal Teknik Mesin S-1, Vol. 11, No. 1. Semarang: Universitas Diponegoro.

Supriatman, Andi, Riang Adeko, dan H. Mualim. 2016. “Analisis Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Penggunaan APD pada Pekerja Bengkel Las Listrik di Kota Bengkulu.” Jurnal Kesehatan Masyarakat, hlm. 1–23.

Sutrisna, Wibowo. 2015. “Modifikasi Otomotif Dan Mobil Sedan Sport Car.” Jurnal Ilmu Komputer Bandung 1(20): 11–30.

Usman, Mukhamad Khumaidi, dan Syarifudin. 2016. “Rancang Bangun Suspensi Belakang Tipe Swing Arm pada Mobil Listrik Tuxuci 2.0 Politeknik Harapan Bersama.” Nozzle: Journal of Mechanical Engineering 5(2): 140–144.

Walke, Sachin, dan Vikramsingh Mane. 2024. “Design and Analysis of Engine Mounting Bracket.” International Journal of Innovative Research in Technology 11(7): 2367–2375.

Wikipedia. 2024. “Vehicle Frame.” Wikipedia. Diakses pada 19 Agustus 2025. https://en.wikipedia.org/wiki/Vehicle_frame.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia