Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan di Klinik Penyakit Dalam RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan
Pengarang : Esti Rahayu, Wiwiek Natalia
Kata Kunci   :Kepuasan pasien, Pelayanan
Program Studi Sarjana Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Januari, 2022
ABSTRAK
Esti Rahayu, Wiwiek Natalya
Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan di Klinik Penyakit Dalam RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan
xi + 59 halaman + 11 tabel + 1 skema + 6 lampiran
LatarBelakang : Kepuasan adalah hasil penilaian dan sikap dari pasien terhadap jasa pelayanan yang telah diterima yang berkaitan dengan harapan pasien. Kepuasan pasien menjadi salah satu tujuan yang akan dicapai oleh sebuah Rumah Sakit. Pengukuran kepuasan pasien dilakukan untuk mengetahui apakah kinerja yang telah dicapai oleh sebuah Rumah Sakit telah tercapai sesuai dengan yang diharapkan atau masih harus ada perbaikan untuk meningkatkan mutu pelayanan.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pelayanan pasien di Klinik Penyakit Dalam RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan berdasarkan lima dimensi kepuasan pasien yaitu tangible, reability, responsiveness, assurance dan emphaty.
Sampel : Penelitian ini melibatkan pasien di Klinik Penyakit Dalam RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan sebanyak 149 responden.
Metode : Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan jumlah populasi 1490, tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, analisa data menggunakan analisa univariat.
Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kepuasan dari lima dimensi kepuasan meliputi tangible di klinik penyakit dalam sebagian besar kepuasan sangat baik yaitu 54 (36,2%), reability dengan kepuasan baik 68 (45,6%), responsiveness dengan kepuasan sangat baik 59 (39,5%), assurance dengan kepuasan baik 64 (43%) dan empathy sebagian besar kepuasan baik yaitu 53 (35,6%).
Simpulan : Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar kepuasan responden pada lima dimensi kepuasan tangible, reability, responsiveness, assurance dan emphaty pada kategori kepuasan yang baik.
Kata kunci : Kepuasan pasien, Pelayanan
Daftar Pustaka : 27 (2011-2021)
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2022 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |