Pesatnya perkembangan industri kosmetik di Indonesia mendorong
perusahaan untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang lebih inovatif
dalam menjangkau konsumen, khususnya generasi Z yang sangat aktif di media
sosial. Wardah, sebagai salah satu brand kosmetik lokal terkemuka, perlu
memanfaatkan peran Brand Ambassador dan teknik Storytelling Marketing secara
efektif agar mampu bersaing di tengah ketatnya pasar. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh Brand Ambassador dan Storytelling Marketing
terhadap Keputusan Pembelian produk Wardah, dengan Content Marketing
sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
melalui survei terhadap 118 responden Gen Z di Kabupaten atau kota Pemalang
dan sekitarnya. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Brand Ambassador dan Content Marketing berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian, sementara Storytelling Marketing tidak
berpengaruh langsung. Selain itu, Content Marketing terbukti mampu memediasi
pengaruh Storytelling Marketing terhadap Keputusan Pembelian, tetapi tidak
memediasi hubungan antara Brand Ambassador dan Keputusan Pembelian.
Temuan ini menegaskan pentingnya strategi komunikasi yang kreatif dan relevan
dalam meningkatkan efektivitas pemasaran produk kosmetik, terutama untuk
segmen generasi muda.
Ahmad Nuril Ashrory, N. Rachma, A. B. P. (2024). Pengaruh Brand Ambassador
Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimoderasi
Brand Image pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif
FEB UNISMA Angkatan 2021). E-Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 627–638.
Alexander, B., & Levine, A. (2011). “Web 2.0.” The New Digital Storytelling
(2011). The New Digital Storytelling.
Anastasya, A., Misjedi, N. binti, Gunawan, M. J., Leo, M., & Tunjungsari, H. K.
(2022). The Impact of Storytelling Marketing on Brand Equity and Purchase
Decisions on Shopee During Pandemic Covid-19. Proceedings of the 3rd
Tarumanagara International Conference on the Applications of Social
Sciences and Humanities (TICASH 2021), 655(Ticash 2021), 2022–2026.
https://doi.org/10.2991/assehr.k.220404.332
Anggun Wijayanti, Supaijo Supaijo, & Weny Rosilawati. (2024). Pengaruh
Storytelling Marketing, Brand Trust dan Price Terhadap Purchase Intention
Produk Skintific pada Aplikasi Belanja Online Shopee dalam Perspektif Bisnis
Islam. Jurnal Pemimpin Bisnis Inovatif, 1(4), 114–124.
https://doi.org/10.61132/jpbi.v1i4.305
Anissa Novanita Yunianto, H. P. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR,
BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE LEMONILO PADA MASYARAKAT
KOTA MADIUN. SIMBA SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS,
September 2024.
Apriliani, D., Art, E. N., Maulidya, S. Y., Pratiwi, R., & Setyawulan, E. S. (2024).
PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN WARDAH COSMETICS. Aliansi,
19(2), 87–96.
Arifin, M. (2023). PENGARUH STORYTELLING MARKETING DAN BRAND
TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Video Promosi
Sibambo Studio di Pulau Jawa).
Chang, J. (2025). The mediating role of brand image in the relationship between
storytelling marketing and purchase intention: case study of PX mart. Future
Business Journal, 11(1). https://doi.org/10.1186/s43093-025-00447-4
Debi Gusnita, Y. D. R. (2025). Pengaruh Daya Tarik E-Commerce Lazada ,
Promosi Penjualan Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian
Gen Z ( Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas ).
01(03), 759–765.
Efendi, F. H., Susena, K. C., & Rahman, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk,
Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Wardah (Study
Kasus Mahasiswi Pada Prodi Manajemen Universitas Dehasen Bengkulu).
Jurnal Fokus Manajemen, 4(1), 9–18. https://doi.org/10.37676/jfm.v4i1.6044
Fazirah, E., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan
Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Wardah Di
Kota Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(3).
Febrian, A., & Vina Hapsari, C. A. (2019). Strategi Pemasaran Dalam
Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Niat Sebagai Mediasi. Buletin
Studi Ekonomi, April, 279. https://doi.org/10.24843/bse.2019.v24.i02.p09
Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi
Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand
Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen
Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42.
https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). Review of Partial
Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A
Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal
(Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813
Hamid, N. Al, & Rumyeni, R. (2024). Pengaruh Girl Group Twice sebagai Brand
Ambassador Scarlett Whitening terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
melalui Mediasi Brand Image. Jurnal Riset Komunikasi, 7(1), 101–113.
https://doi.org/10.38194/jurkom.v7i1.954
Hayyina Rahma, Zumrotul Fitriyah, R. R. A. (2016). Pengaruh Content Marketing,
Brand Awareness, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian
Kosmetik Wardah di Kota Surabaya Hayyina. 7(1), 1–23.
Herawati, H., & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image
Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education,
5(2), 4170–4178. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1115
Herman, Maszudi, E., Hamid, R. S., Dewintari, P., & Aulia, A. (2023). Peran
Influencer Marketing Online Customer Review dan Content Marketing dalam
Keputusan Pembelian Pada Sosial Instagram. Jesya, 6(2), 1348–1358.
https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1059
I Komang Dani Surya Miarta, & Ni Ketut Seminari. (2024). The Influence of Brand
Ambassador, Brand Awareness on Purchasing Decisions Moderate Brand
Image. International Journal of Economics, Commerce, and Management,
1(4), 140–148. https://doi.org/10.62951/ijecm.v1i4.218
JAYANTI, S. E., & Siahaan, R. (2021). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER
DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK
PIXY Mahasiswi STIE Bina Karya. Jurnal Muhammadiyah Manajemen
Bisnis, 2(1), 37. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.167-172
Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset,
235.
Laela Simanjuntak1, A. E. . (2020). PENGARUH CELEBRITY BRAND
AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN PRODUK WARDAH (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di
Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. IX, N.
Lestari, M., & Wismantoro, Y. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga, Brand Trust
Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Kota
Semarang. Jurnal Maneksi, 13(1), 233–241.
https://doi.org/10.31959/jm.v13i1.2188
Ma’ruf, N., Alfalisyado, A., Purwidianti, W., & Randikaparsa, I. (2024). Pengaruh
Kualitas Produk, Inovasi Produk, Citra Merek Dan Digital Marketing
Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, &
Akuntansi (MEA), 8(2), 1314–1330. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4106
Mavilinda, H. F., Putri, Y. H., & Nazaruddin, A. (2023). Is Storytelling Marketing
Effective in Building Customer Engagement and Driving Purchase Decisions?
Jurnal Manajemen Bisnis, 14(2), 274–296.
https://doi.org/10.18196/mb.v14i2.17830
Miftahudin, F., & Wahyudi, H. D. (2025). Analisis Pengaruh Digital Marketing ,
Influencer Marketing dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian
pada Pengguna Sosial Media TikTok di Solo Raya Abstrak Pendahuluan
Metode Analisis. 8(2), 1180–1191.
Nur Hayati, T. S. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN BRAND
IMAGE. 12(2).
Nurfarida, I. N., Anjar, A., & Suharso, P. (2025). Pengaruh Content Marketing (
Shopee ), Review Product , dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Scarlett. 13(1), 74–84.
Pravitaswari, Nirakatriena, Z. A. dan M. K. M. (2018). Pengaruh storytelling
marketing terhadap brand equity dan keputusan pembelian (survei pada video
iklan allure matcha latte story di youtube). Universitas Brawijaya.
Pravitaswari, N. (2018). Pengaruh storytelling marketing terhadap brand equity
dan keputusan pembelian (survei pada video iklan allure matcha latte story di
youtube). Universitas Brawijaya.
Puspa, P. H. (2023). Pengaruh content marketing dan brand image terhadap
keputusan pembelian produk Madame Gie pada aplikasi TikTok (Studi pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo). Institut Agama
Islam Negeri Palopo.
Putri, Y. H., Alvi Furwanti Alwie, & Henni Noviasari. (2024). The Influence of
Content Marketing, Brand Ambassadors and Product Reviews on Purchasing
Decisions for Scarlett Whitening Consumers in Pekanbaru City. West Science
Business and Management, 2(03), 882–892.
https://doi.org/10.58812/wsbm.v2i03.1191
Rahmawati, K., & Mukhammad Kholid Mawardi, S. S. . M. . P. D. (2023).
Pengaruh Brand Ambassador (Duta Merek) dan Brand Image (Citra Merek)
terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Konsumen Produk
Kecantikan Whitelab pada Mahasiswa di Kota Malang).
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202491/
Renaldy, A. (2024). Pengaruh Brand Ambassador dan Konten Marketing Terhadap
Keputusan Pembelian Brand Jiniso pada Platform Tiktok. Jurnal Riset
Manajemen, 2(3), 200–215.
REY STEPANUS GINTING. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Dan Content
Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Platform Shopee (Studi
Kasus Pada Desa Sumber Melati Diski).
Reza Maulana Barata. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DALAM
MEMBANGUN BRAND IMAGE DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN
PEMBELIAN. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF
HIDAYATULLAH JAKARTA.
Rizkia, R., & Oktafani, F. (2020). The Effect Of Storytelling Marketing On
Purchasing Decisions Through Brand Equity As Intervening Variable On
Gojek In Jakarta. International Journal of Management, Entrepreneurship,
Social Science and Humanities, 3(1), 48–55.
https://doi.org/10.31098/ijmesh.v3i1.190
Ronald Patrick fanggidae, rolland Epafras Fanggidae, P. F. (2019). Pengaruh
Storytelling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online
Tokopedia. Seminar Nasional Manajemen Bisnis APSMBI, August, 15–28.
https://www.researchgate.net/publication/335014159
Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand
Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen
Mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4),
494–505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.200
Sasongko, G. A., & Setyawati, H. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Daya
Tarik Iklan, dan Product Packaging terhadap Keputusan Pembelian Produk
Kosmetik Wardah Exclusive Matte Lip Cream: Studi pada Masyarakat di
Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan
Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 488–501.
Sazkia Alifia Rachmah, & Putu Nina Madiawati. (2022). Pengaruh Storytelling
Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café
Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung melalui Content Marketing Creator
TikTok. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 48–60.
https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i1.918
Suardhika, I. N., Rihayana, I. G., & Krisnayanti, N. M. A. (2023). Pengaruh Social
Media Marketing, Brand Image Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan
Pembelian. Value?: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 253–264.
https://doi.org/10.32534/jv.v18i2.3918
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (M.
Dr.Ir.Sutopo.S.Pd (ed.)). ALFABETA, cv | Hotline: 081.1213.9484 Jl.
Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung Telp. (022) 200 8822 Fax. (022) 2020373
Website: www.cvalfabeta.com.
Susandy, G., & Nursaadah, E. (2024). Pengaruh Digital Storytelling Terhadap
Keputusan Pembelian Produk Eiger Pada Marketplace Shopee. DIMENSIA
(Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 19(02 SE-Articles), 51–65.
http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/dimensia/article/view/1174
Syaparudin Bs, Arizal N, R. H. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing,
Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.
Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(1), 1–15.
http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bi
oinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-
pdf://semisupervised-
3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.
005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
TRIVARGA, N. I. K. N. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND
IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
PADA E-COMMERCE SHOPEE DI BALI (Studi pada pengguna e-commerce
Shopee di Bali). Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Winarni, S. A. (2023). Pengaruh Storytelling Marketing Pada Tiktok Sonia Basil
Terhadap Keputusan Pembelian. The Commercium, 7(3), 120–128.
https://doi.org/10.26740/tc.v7i3.57288
Yuli Gozali, Rachel Yuniar Renata, P. D. A. (2023). Pengaruh Iklan dan Brand
Ambassador Enhypen Terhadap Keputusan Pembelian Lemonilo di Kota
Palembang. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan,
1(2), 1–13. https://doi.org/10.47134/jampk.v1i2.44
Yunita, N., & Fadlan, A. (2023). The Effect of Content Marketing and Personal
Selling on Purchase Intention at Roti Romi Medan. Journal of Economics,
Management, Business and Accounting, 4(1), 81–90. http://journal.al-
matani.com/index.php/invest/index
Zainurossalamia, S., Tricahyadinata, I., Robiansyah, R., Darma, D. C., & Achmad,
G. N. (2021). Storytelling Marketing, Content Marketing, and Social Media
Marketing on the Purchasing Decision. Budapest International Research and
Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 3836–3842.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |