Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Strategi Pemasaran Produk wardah pada Generasi Z:Analisis Pengaruh Duta Merek dan Storytelling Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Content Marketing
Pengarang : Dinda Prastika Sefiani, Teguh Purwanto, Teguh Purwan
Kata Kunci   :Brand Ambassador, Storytelling Marketing, Content Marketing, Keputusan Pembelian, Wardah, Generasi Z

Pesatnya perkembangan industri kosmetik di Indonesia mendorong
perusahaan untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang lebih inovatif
dalam menjangkau konsumen, khususnya generasi Z yang sangat aktif di media
sosial. Wardah, sebagai salah satu brand kosmetik lokal terkemuka, perlu
memanfaatkan peran Brand Ambassador dan teknik Storytelling Marketing secara
efektif agar mampu bersaing di tengah ketatnya pasar. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh Brand Ambassador dan Storytelling Marketing
terhadap Keputusan Pembelian produk Wardah, dengan Content Marketing
sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
melalui survei terhadap 118 responden Gen Z di Kabupaten atau kota Pemalang
dan sekitarnya. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Brand Ambassador dan Content Marketing berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian, sementara Storytelling Marketing tidak
berpengaruh langsung. Selain itu, Content Marketing terbukti mampu memediasi
pengaruh Storytelling Marketing terhadap Keputusan Pembelian, tetapi tidak
memediasi hubungan antara Brand Ambassador dan Keputusan Pembelian.
Temuan ini menegaskan pentingnya strategi komunikasi yang kreatif dan relevan
dalam meningkatkan efektivitas pemasaran produk kosmetik, terutama untuk
segmen generasi muda.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Ahmad Nuril Ashrory, N. Rachma, A. B. P. (2024). Pengaruh Brand Ambassador

Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimoderasi

Brand Image pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif

FEB UNISMA Angkatan 2021). E-Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 627–638.

Alexander, B., & Levine, A. (2011). “Web 2.0.” The New Digital Storytelling

(2011). The New Digital Storytelling.

Anastasya, A., Misjedi, N. binti, Gunawan, M. J., Leo, M., & Tunjungsari, H. K.

(2022). The Impact of Storytelling Marketing on Brand Equity and Purchase

Decisions on Shopee During Pandemic Covid-19. Proceedings of the 3rd

Tarumanagara International Conference on the Applications of Social

Sciences and Humanities (TICASH 2021), 655(Ticash 2021), 2022–2026.

https://doi.org/10.2991/assehr.k.220404.332

Anggun Wijayanti, Supaijo Supaijo, & Weny Rosilawati. (2024). Pengaruh

Storytelling Marketing, Brand Trust dan Price Terhadap Purchase Intention

Produk Skintific pada Aplikasi Belanja Online Shopee dalam Perspektif Bisnis

Islam. Jurnal Pemimpin Bisnis Inovatif, 1(4), 114–124.

https://doi.org/10.61132/jpbi.v1i4.305

Anissa Novanita Yunianto, H. P. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR,

BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP

KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE LEMONILO PADA MASYARAKAT

KOTA MADIUN. SIMBA SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS,

September 2024.

Apriliani, D., Art, E. N., Maulidya, S. Y., Pratiwi, R., & Setyawulan, E. S. (2024).

PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN WARDAH COSMETICS. Aliansi,

19(2), 87–96.

Arifin, M. (2023). PENGARUH STORYTELLING MARKETING DAN BRAND

TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Video Promosi

Sibambo Studio di Pulau Jawa).

Chang, J. (2025). The mediating role of brand image in the relationship between

storytelling marketing and purchase intention: case study of PX mart. Future

Business Journal, 11(1). https://doi.org/10.1186/s43093-025-00447-4

Debi Gusnita, Y. D. R. (2025). Pengaruh Daya Tarik E-Commerce Lazada ,

Promosi Penjualan Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian

Gen Z ( Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas ).

01(03), 759–765.

Efendi, F. H., Susena, K. C., & Rahman, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk,

Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Wardah (Study

Kasus Mahasiswi Pada Prodi Manajemen Universitas Dehasen Bengkulu).

Jurnal Fokus Manajemen, 4(1), 9–18. https://doi.org/10.37676/jfm.v4i1.6044

Fazirah, E., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan

Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Wardah Di

Kota Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(3).

Febrian, A., & Vina Hapsari, C. A. (2019). Strategi Pemasaran Dalam

Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Niat Sebagai Mediasi. Buletin

Studi Ekonomi, April, 279. https://doi.org/10.24843/bse.2019.v24.i02.p09

Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi

Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand

Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen

Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42.

https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). Review of Partial

Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A

Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal

(Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813

Hamid, N. Al, & Rumyeni, R. (2024). Pengaruh Girl Group Twice sebagai Brand

Ambassador Scarlett Whitening terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

melalui Mediasi Brand Image. Jurnal Riset Komunikasi, 7(1), 101–113.

https://doi.org/10.38194/jurkom.v7i1.954

Hayyina Rahma, Zumrotul Fitriyah, R. R. A. (2016). Pengaruh Content Marketing,

Brand Awareness, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian

Kosmetik Wardah di Kota Surabaya Hayyina. 7(1), 1–23.

Herawati, H., & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image

Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education,

5(2), 4170–4178. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1115

Herman, Maszudi, E., Hamid, R. S., Dewintari, P., & Aulia, A. (2023). Peran

Influencer Marketing Online Customer Review dan Content Marketing dalam

Keputusan Pembelian Pada Sosial Instagram. Jesya, 6(2), 1348–1358.

https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1059

I Komang Dani Surya Miarta, & Ni Ketut Seminari. (2024). The Influence of Brand

Ambassador, Brand Awareness on Purchasing Decisions Moderate Brand

Image. International Journal of Economics, Commerce, and Management,

1(4), 140–148. https://doi.org/10.62951/ijecm.v1i4.218

JAYANTI, S. E., & Siahaan, R. (2021). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER

DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK

PIXY Mahasiswi STIE Bina Karya. Jurnal Muhammadiyah Manajemen

Bisnis, 2(1), 37. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.167-172

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset,

235.

Laela Simanjuntak1, A. E. . (2020). PENGARUH CELEBRITY BRAND

AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN

PEMBELIAN PRODUK WARDAH (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di

Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. IX, N.

Lestari, M., & Wismantoro, Y. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga, Brand Trust

Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Kota

Semarang. Jurnal Maneksi, 13(1), 233–241.

https://doi.org/10.31959/jm.v13i1.2188

Ma’ruf, N., Alfalisyado, A., Purwidianti, W., & Randikaparsa, I. (2024). Pengaruh

Kualitas Produk, Inovasi Produk, Citra Merek Dan Digital Marketing

Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, &

Akuntansi (MEA), 8(2), 1314–1330. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4106

Mavilinda, H. F., Putri, Y. H., & Nazaruddin, A. (2023). Is Storytelling Marketing

Effective in Building Customer Engagement and Driving Purchase Decisions?

Jurnal Manajemen Bisnis, 14(2), 274–296.

https://doi.org/10.18196/mb.v14i2.17830

Miftahudin, F., & Wahyudi, H. D. (2025). Analisis Pengaruh Digital Marketing ,

Influencer Marketing dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian

pada Pengguna Sosial Media TikTok di Solo Raya Abstrak Pendahuluan

Metode Analisis. 8(2), 1180–1191.

Nur Hayati, T. S. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN BRAND

IMAGE. 12(2).

Nurfarida, I. N., Anjar, A., & Suharso, P. (2025). Pengaruh Content Marketing (

Shopee ), Review Product , dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Scarlett. 13(1), 74–84.

Pravitaswari, Nirakatriena, Z. A. dan M. K. M. (2018). Pengaruh storytelling

marketing terhadap brand equity dan keputusan pembelian (survei pada video

iklan allure matcha latte story di youtube). Universitas Brawijaya.

Pravitaswari, N. (2018). Pengaruh storytelling marketing terhadap brand equity

dan keputusan pembelian (survei pada video iklan allure matcha latte story di

youtube). Universitas Brawijaya.

Puspa, P. H. (2023). Pengaruh content marketing dan brand image terhadap

keputusan pembelian produk Madame Gie pada aplikasi TikTok (Studi pada

mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo). Institut Agama

Islam Negeri Palopo.

Putri, Y. H., Alvi Furwanti Alwie, & Henni Noviasari. (2024). The Influence of

Content Marketing, Brand Ambassadors and Product Reviews on Purchasing

Decisions for Scarlett Whitening Consumers in Pekanbaru City. West Science

Business and Management, 2(03), 882–892.

https://doi.org/10.58812/wsbm.v2i03.1191

Rahmawati, K., & Mukhammad Kholid Mawardi, S. S. . M. . P. D. (2023).

Pengaruh Brand Ambassador (Duta Merek) dan Brand Image (Citra Merek)

terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Konsumen Produk

Kecantikan Whitelab pada Mahasiswa di Kota Malang).

http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202491/

Renaldy, A. (2024). Pengaruh Brand Ambassador dan Konten Marketing Terhadap

Keputusan Pembelian Brand Jiniso pada Platform Tiktok. Jurnal Riset

Manajemen, 2(3), 200–215.

REY STEPANUS GINTING. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Dan Content

Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Platform Shopee (Studi

Kasus Pada Desa Sumber Melati Diski).

Reza Maulana Barata. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DALAM

MEMBANGUN BRAND IMAGE DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN

PEMBELIAN. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF

HIDAYATULLAH JAKARTA.

Rizkia, R., & Oktafani, F. (2020). The Effect Of Storytelling Marketing On

Purchasing Decisions Through Brand Equity As Intervening Variable On

Gojek In Jakarta. International Journal of Management, Entrepreneurship,

Social Science and Humanities, 3(1), 48–55.

https://doi.org/10.31098/ijmesh.v3i1.190

Ronald Patrick fanggidae, rolland Epafras Fanggidae, P. F. (2019). Pengaruh

Storytelling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online

Tokopedia. Seminar Nasional Manajemen Bisnis APSMBI, August, 15–28.

https://www.researchgate.net/publication/335014159

Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand

Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen

Mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4),

494–505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.200

Sasongko, G. A., & Setyawati, H. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Daya

Tarik Iklan, dan Product Packaging terhadap Keputusan Pembelian Produk

Kosmetik Wardah Exclusive Matte Lip Cream: Studi pada Masyarakat di

Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan

Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 488–501.

Sazkia Alifia Rachmah, & Putu Nina Madiawati. (2022). Pengaruh Storytelling

Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café

Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung melalui Content Marketing Creator

TikTok. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 48–60.

https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i1.918

Suardhika, I. N., Rihayana, I. G., & Krisnayanti, N. M. A. (2023). Pengaruh Social

Media Marketing, Brand Image Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan

Pembelian. Value?: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 253–264.

https://doi.org/10.32534/jv.v18i2.3918

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (M.

Dr.Ir.Sutopo.S.Pd (ed.)). ALFABETA, cv | Hotline: 081.1213.9484 Jl.

Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung Telp. (022) 200 8822 Fax. (022) 2020373

Website: www.cvalfabeta.com.

Susandy, G., & Nursaadah, E. (2024). Pengaruh Digital Storytelling Terhadap

Keputusan Pembelian Produk Eiger Pada Marketplace Shopee. DIMENSIA

(Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 19(02 SE-Articles), 51–65.

http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/dimensia/article/view/1174

Syaparudin Bs, Arizal N, R. H. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing,

Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.

Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(1), 1–15.

http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bi

oinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-

pdf://semisupervised-

3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.

005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10

TRIVARGA, N. I. K. N. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND

IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

PADA E-COMMERCE SHOPEE DI BALI (Studi pada pengguna e-commerce

Shopee di Bali). Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Winarni, S. A. (2023). Pengaruh Storytelling Marketing Pada Tiktok Sonia Basil

Terhadap Keputusan Pembelian. The Commercium, 7(3), 120–128.

https://doi.org/10.26740/tc.v7i3.57288

Yuli Gozali, Rachel Yuniar Renata, P. D. A. (2023). Pengaruh Iklan dan Brand

Ambassador Enhypen Terhadap Keputusan Pembelian Lemonilo di Kota

Palembang. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan,

1(2), 1–13. https://doi.org/10.47134/jampk.v1i2.44

Yunita, N., & Fadlan, A. (2023). The Effect of Content Marketing and Personal

Selling on Purchase Intention at Roti Romi Medan. Journal of Economics,

Management, Business and Accounting, 4(1), 81–90. http://journal.al-

matani.com/index.php/invest/index

Zainurossalamia, S., Tricahyadinata, I., Robiansyah, R., Darma, D. C., & Achmad,

G. N. (2021). Storytelling Marketing, Content Marketing, and Social Media

Marketing on the Purchasing Decision. Budapest International Research and

Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 3836–3842.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia