Penerapan Terapi Cerita Bergambar Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi di Ruang Flamboyan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Pengarang : Nur Aeni, Siti Rofiqoh
Kata Kunci   :kecemasan, hospitalisasi, terapi cerita bergambar
PENERAPAN TERAPI CERITA BERGAMBAR PADA ANAK
USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI KECEMASAN
AKIBAT HOSPITALISASI DI RUANG FLAMBOYAN
RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
PEKALONGAN
Nur Aeni, Siti Rofiqoh
Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Abstrak
Kecemasan merupakan suatu perasaan yang berlebihan seperti ketakutan, kegelisahan, dan kekhawatiran terhadap ancaman yang akan datang serta kondisi yang sedang dialami. Perasaan cemas sering muncul pada anak usia prasekolah saat menjalani hospitalisasi. Tujuan dari studi kasus ini adalah menggambarkan penerapan terapi cerita bergambar pada anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Metode penyusunan karya tulis ini adalah studi kasus. Subyek studi kasus ini yaitu dua pasien anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi dengan fokus intervensi penerapan terapi cerita bergambar. Alat ukur kecemasan yang digunakan yaitu Face Anxiety Scale (FAS). Tindakan dilakukan tiga kali selama tiga hari perawatan. Hasil studi kasus ini menunjukan adanya penurunan skor FAS pada kedua kasus. Kesimpulan dari studi kasus ini yaitu terapi cerita bergambar dapat menurunkan kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Saran bagi petugas kesehatan untuk dapat memberikan terapi cerita bergambar sebagai salah satu intervensi untuk mengurangi kecemasan akibat hospitalisasi.
Kata kunci : kecemasan, hospitalsasi, terapi cerita bergambar
THE APPLICATION OF PICTORIAL STORYTELLING THERAPY AMONG PRESCHOOL CHILDREN WHO EXPERIED HOSPITALIZATION-RELATED ANXIETY IN THE FLAMBOYAN WARD RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN PEKALONGAN
Nur Aeni, Siti Rofiqoh
The Vocational Program in Nursing, Faculty of Health Science,
University of Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Abstract
Anxiety is an excessive feeling such as fear, anxiety, and worry about the perceived threat and the recent condition. Anxiety often experienced among hospitalized preschool children. The purpose of this study is to describe the application of pictorial storytelling therapy to preschool children who experience hospitalization-related anxiety. A case study design was used as the study method. The subjects of this study were two preschool children patients who experienced hospitalization-related anxiety. The pictorial storytelling therapy was implemented as the intervention of the study. The anxiety level was measured using the Face anxiety Scale (FAS). The intervention is carried out once a day during the three days of treatment. The pictorial storytelling therapy can reduce hospitalization-related anxiety in preschool children. Suggestions for healthcare providers to be able to serve pictorial storytelling therapy as an intervention to reduce hospitalization-related anxiety among preschool children patients.
Keyword: anxiety, hospitalization, pictorial storytelling therapy
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2020 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |