Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH DOOM SPENDING, ULASAN PELANGGAN ONLINE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE PADA GENERASI Z DI KOTA PEKALONGAN
Pengarang : Yuliyanti, Moegiri
Kata Kunci   :Doom Spending, Ulasan Pelanggan Online, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian

Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan perilaku belanja masyarakat dari sistem perdagangan tradisional menjadi e-commerce, terutama dikalangan generasi Z. Shopee menjadi salah satu platform yang paling banyak dikunjungi karena kemudahan dan fitur yang ditawarkan. Ditambah lagi akses digital dan konektivitas yang luas dalam kehidupan sehari-hari telah memudahkan dan membuat konsumen melakukan pengeluaran secara terus menerus. Dalam beberapa tahun terakhir, muncul fenomena yang dikenal sebagai doom spending, yaitu sebuah istilah yang menggambarkan perilaku belanja impulsif sebagai cara untuk meredakan stres saat seseorang merasa pesimis tentang masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh doom spending, ulasan pelanggan online, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce Shopee pada generasi Z di Kota Pekalongan. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah generasi Z yang menggunakan platform e-commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel sebanyak 145 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan pelanggan online dan kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan doom spending secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Secara simultan doom spending, ulasan pelanggan online, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Amalia, R., & Firmadhani, C. (2022). Teknik Pengambilan Keputusan. Bandung: RTujuh Media Printing.

Amelia, R. D., Michael, M., & Mulyandi, R. (2021). “Analisis online consumer review terhadap keputusan pembelian pada e-commerce kecantikan.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi2(2), 274-280.

Ana, N. T. (2022). “Pengaruh Ulasan Pelanggan Online, Peringkat Dan Layanan Pelanggan Online Sebagai Pilihan Berbelanja Di Marketplace Tokopedia.” EMABI: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2), 252-264.

Anggraheni, D. R. (2025). “Peran Literasi Keuangan Digital dalam Memitigasi Perilaku Doom Spending: A Narrative Literature Review.’’ Transgenera: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora2(1), 87-105. https://doi.org/10.35457/transgenera.v2i1.4150.

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. (2022). “Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di kota Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi10(1), 663-674.

Anita, Y. (2019). “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bisnis Online Shop: Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada di Kota Pekanbaru).” Tesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). “Pelatihan pengujian hipotesis statistika dasar dengan software r.” BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat3(2), 327-334.

Arbaini, P. (2020). “Pengaruh consumer online rating dan review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace tokopedia.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen7(1).

Arizaz. (2024). “Doom Spending: Sering Belanja Berlebihan Saat Stres?.”Moota.co. Diakses Pada 15 Januari 2025, Dari https://moota.co/doom-spending-sering-belanja-berlebihan-saat-stres/.

Aryanto, F., Kusdyah R, I., & Rahman, A. (2024). “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Website, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial Kota Semarang Di E-Commerce Shopee.” Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen2(1). https://journal.s2asia.ac.id/index.php/jiram.

Asih, E. M. (2024). “Analisis pada shopee sebagai e-commerce terpopuler di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika2(1), 73-79.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). “Jumlah Pengguna Internet Indonesia.” Apjii.or.id. Diakses Pada 15 Januari 2025, Dari https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang.

Aulia, Q., Riva’i, A. R., & Stikubank, U. (2024). “Pengaruh Price Discount, Online Customer Rating, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee.” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)5(1), 364-376. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.

Ayuzti, M., & Gunadi, W. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma.”Jurnal Inovatif  Mahasiswa Manajemen4(1), 64-75. https://doi.org/10.35968/wn79d567.

Baihaky, S., Yogatama, A. N., & Mustikowati, R. I. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang.”JISOS: Jurnal Ilmu Sosial1(2), 85-104.

Balhmar, M. A., & Khuzaini, K. (2021). “Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di e-commerce shopee.”Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM)10(10).

Christianingrum. (2024). “Menelaah Fenomena Doom Spending Di Kalagan Milenial Dan Gen-Z Indonesia Dari Kacamata Marketing.” Babelpos.disway.id. Diakses Pada 15 Januari 2025, Dari https://babelpos.disway.id/amp/668518/menelaah-fenomena-doom-spending-di-kalangan-milenial-dan-gen-z-indonesia-dari-kacamata-marketing.

Daeli, S., Giyartiningrum, E., Sujiah, U., & Studi Manajemen, P. (2024). “Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Yogyakarta.’’ Journal Competency of Business8(01), 116-137.

Damayanti Geraldine, A. L., & Anisa, F. (2022). “Pengaruh Brand Image, Online Customer Review, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Lazada.” Borobudur Management Review, 2(2), 132–142. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i2.6963.

Dea, M. (2021). “Pengaruh Nilai Penerbitan, Rating Penerbitan Dan Umur Obligasi Syariah Terhadap Reaksi Pasar Modal Syariah (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Menerbitkan Sukuk Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019).” Skripsi, (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Dewi, F. E., Kuntardina, A., & Adiputra, E. (2022). “Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee:(Studi Kasus Mahasiswa STIE CENDEKIA Bojonegoro angkatan 2017).” JEMB-Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis1(2), 90-99.

Djafar, N., Yantu, I., Sudirman, S., Hinelo, R., & Hasiru, R. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” Journal of Economic and Business Education1(2), 78-82.

Elviani, N. A. (2021). “Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Syariah Marketing Di UPTD Puskesmas Blabak Kabupaten Kediri.” Tesis, IAIN Kediri.

Emmanuela, R., Panjaitan, A., & Teviana, T. (2024). “Pengaruh Online Customer Review Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Camelomedan Di Marketplace Shopee.” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah9(4). https://doi.org/10.30651/jms.v9i4.24014.

Eraspace.com (2024). “Hasil Studi Ungkap Gen Z Jadi Yang Terbanyak Gunakan Internet.’’ Eraspace.com. Diakses Pada 15 Januari 2025, Dari https://eraspace.com/artikel/post/hasil-studi-ungkap-gen-z-jadi-yang-terbanyak-gunakan-internet.

Febriarhamdini, R. (2024). Dasar-Dasar Pengambilan Keputusan. Jakarta. https://repository.ibmasmi.ac.id/Data/view/134.

Graciafernandy, M. A., & Almayani, R. N. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Online Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 97–106. https://doi.org/10.46918/point.v5i1.1800.

Hasanah, F. A. (2023). “Pengaruh Audit Delay, Ukuran Perusahaan, Dan Audit Tenure Terhadap Kualitas Audit Dengan Audit Fee Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021).” Tesis, Universitas Nasional.

Hendrayati, H. (2024). “Perilaku Doom Spending, Antara Gaya Hidup Konsumtif Dan Kesehatan Finansial.” Bandungbergerak.id. Diakses Pada 15 Januari 2025, Dari https://bandungbergerak.id/article/detail/1598150/perilaku-doom-spending-antara-gaya-hidup-konsumtif-dan-kesehatan-finansial.

Hessa Fadhela Putri, Cicilia Dyah, & Tutik Susilowati. (2024). “Pengaruh Online Customer Review, Influencer Marketing, Dan Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee Siswa SMK Negeri 1 Karanganyar.” Maeswara?: Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i2.733.

Hidayati, N. L. (2018). “Pengaruh viral marketing, online consumer reviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)6(2).

Husnul, R. A. (2024). “Faktor Pemicu Doom Spending.” rri.co.id. Diakses Pada 15 Januari 2025, Dari https://www.rri.co.id/lain-lain/1031043/faktor-pemicu-doom-spending.

Ilmi, L. Q., Arifin, R., & Mahardani, A. S. (2024). “Studi Tentang Pengaruh Shopee Pay later, Diskon Harga, Gratis Ongkos Kirim, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Generasi Z Kec Lowokwaru Kota Malang).” E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen13(01), 4524-4535.

Indartini, M., & Rachma, N. (2023). Analisis Pengaruh Website Design Quality, E-Service Quality Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Sociolla. JAMER?: Jurnal Akuntansi Merdeka, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.33319/jamer.v4i1.94

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/PEMASARAN%20DAN%20KEPUASAN%20PELANGGAN.pdf

Indrasena, R. W., & Budiarti, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Food. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(9).

Kadek, L., Martini, B., Sembiring, E., & Paulus, D. F. (2022). “Customer Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeli Fashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta.” Journal of Applied Management and Accounting Science4(1), 15-24. http://jamas.triatmamulya.ac.id/.

Khasanah, R. N., Ruswaji, R., Susanti, I., & Sustyorini, E. N. (2024). “Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Kepercayaan, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee.” Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs)17(3), 1093-1102.

Kurniawan, D., & Siswanto, E. (2022). “Analisis Kualitas Layanan Website Dan Promosi E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Shopee.” Journal of Global Business and Management Review4(2), 34-41.

Lestari, H., P. (2024). “Apa Itu Doom Spending Yang Viral Di Medsos? Lifestyle Yang Bikin Gen Z Dan Milenial Mudah Jatuh Miskin.” Lifestyle.bisnis.com. Diakses Pada 15 Januari 2024, Dari https://lifestyle.bisnis.com/read/20241004/254/1804775/apa-itu-doom-spending-yang-viral-di-medsos-lifestyle-yang-bikin-gen-z-dan-milenial-mudah-jatuh-miskin.

Liputan6.com. (2024). “Apa Itu Penetrasi Internet Adalah: Definisi, Perkembangan, dan Dampaknya di Indonesia.” Liputan6.com. Diakses Pada 15 Januari 2025, Dari https://www.liputan6.com/amp/5784029/apa-itu-penetrasi-internet-adalah-definisi-perkembangan-dan-dampaknya-di-indonesia.

Listiani. (2023). “Pengaruh Reputasi Perusahaan, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen (Studi Pada Pengguna Allofresh Di Jakarta).” Skripsi, Sekolah Tinggi  Ilmu Ekonomi Indonesia.

Luthfiany, G. E., & Karmanto, G. D. (2024). “Analysis Of The Doom Spending Phenomenon In The Millennial Generation And Generation Z From An Islamic Economic Perspective.” In International Seminar Conference of Economics and Business Excellence (Vol. 1, pp. 133-139).

Maryati, M. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio.” Tesis, Universitas Putera Batam.

M. Raghil, & Hendra Riofita. (2024). “Dampak Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di E-Commerce.” Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 2(4), 202–211. https://doi.org/10.59841/excellence.v2i4.2092

Niswaningtyas, R. A., & Hadi, M. (2022). “Pengaruh Online Customer Review Dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Ecommerce Shopee Pada Pengguna Aplikasi Shopee.” Jurnal Aplikasi Bisnis8(2), 175-180.

Nita, L., Pasi, K., & Sudaryanto, B. (2021). “Analisis Pengaruh Online Customer Reviews Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang).” Diponegoro Journal Of Management, 10(3). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.

Novitasari, R. (2021). “Pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan, dan firm size terhadap nilai perusahaan pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2020.” (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Nugrahani, S., R. (2023). “Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Dan Suku Bunga Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022).” Skripsi, Universitas Semarang.

Nuraini, I.B.H. (2023). “Pengaruh Persepsi Harga, Online Customer Review, dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Solo Raya.” Skripsi, UIN Surakarta.

Oktavianika, R. (2023). “Pengaruh Financial Knowledge, Spending Knowledge, Saving Knowledge, Dan Indebtedness Knowledge Terhadap Financial Fragility.” Skripsi, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Pebriyani, H. (2024). “Hasil Survei APJII: Pengguna Internet di Indonesia Tembus 221 Juta, Mendominasi Gen Z.” Komite.id. Diakses Pada 15 Januari 2025, Dari https://www.komite.id/2024/02/06/hasil-survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-221-juta-mendominasi-gen z/.

Prasetya, A.B. (2023). “Pengaruh Pelatihan Dan Pemberian Insentif  Terhadap Kinerja Karyawan Pada Tenaga Medis Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Bunda Asy-Syifa.” Skripsi, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Putri, R. K., & Suhatmi, E. C. (2022). “Prosedur Sistem Pembelian dan Pemesanan Pelanggan pada PT Semesta Indah Sentosa.” In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi (pp. 1-12).

Putri, S., & Aqilah, Z. D. (2024). “Tren Doom Spending Memicu Kemiskinan.”  jurnalposmedia.com. Diakses Pada 14 Januari 2025, Dari https://jurnalposmedia.com/tren-doom-spending-memicu-kemiskinan/.

Qothrunnada, K. (2024). “Mengenal Doom Spending, Istilah Populer di Kalangan Gen Z dan Milenial.’’ Detik.com. Diakses Pada 14 Januari 2025, Dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7574414/mengenal-doom-spending-istilah-populer-di-kalangan-gen-z-dan-milenial.

Rahardjo, A. P., & Simatupang, F. S. (2024). “Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Fashion Pada Marketplace Shopee Di Kota Cimahi.” Jurnal Ilmiah Edunomika8(3).

Rahmawati, A. I. (2022). “Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang).” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif1(1), 18-23.

Ramot, C. (2024). “Mengenal Istilah Doom Spending di Kalangan Gen Z dan Milenial.” klikdokter.com. Diakses Pada 14 Januari 2025, Dari https://www.klikdokter.com/psikologi/kesehatan-mental/doom-spending-di-kalangan-gen-z-dan-milenieal.

Revira Sahri, D., Denu Poyo, M., Waskito, B., Studi Ilmu Komunikasi, P., & Ilmu Sosial dan Politik, F. (2025). Pengaruh Live Shopee Terhadap Doom Spending Anggota Karang Taruna Kelurahan Gunung Terang Bandar Lampung. In Jurnal Professional (Vol. 12, Issue 1).

Ribek, P. K. (2022). “Pengaruh Iklan Televisi Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Bali.” Jurnal Ilmiah Satyagraha5(2), 130-137.

Sanurdi. (2021). Kualitas Pelayanan Islami Dan Kepuasan Konsumen Teori Dan Praktik. Mataram: Sanabil. https://repository.uinmataram.ac.id/3018/1/KUALITAS%20PELAYANAN%20ISLAMI%20DAN%20KEPUASAN%20KONSUMEN-1.pdf

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). “Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07.

Sari, W. H. P. (2021). “Pengaruh Promosi, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Indonesia.” Jurnal Kompetitif Bisnis1(6), 14-14.

Sembiring, T. H., & Nisa, P. C. (2024). “Pengaruh Ulasan Online, Kepercayaan, Persepsi Risiko, Dan Niat Pembelian Online Terhadap Pembelian Sesungguhnya.” Jurnal Dialogika: Manajemen dan Administrasi5(2), 46-52.

Shafwah, A. D., Fauzi, A., Yulius Caesar, L. A., Octavia, A., Indrajaya, B. L., Endraswari, J. I., & Yulia, M. N. (2024). “Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare di ECommerce Shopee (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT).5(3). https://doi.org/10.38035/jimt.v5i3.

Sianipar, F. A. H., & Yoestini, Y. (2021). “Analisis pengaruh customer review dan customer rating terhadap keputusan pembelian produk di online marketplace (studi pada mahasiswa pengguna Tokopedia di kota Semarang).’’ Diponegoro Journal of Management10(6). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.

Similarweb. (2024). “Shopee.co.id Traffic Analytics, Rangking & Audience.” Similarweb.com. Diakses Pada 15 Januari 2024, Dari https://www.similarweb.com/website/shopee.co.

Smart City. (2024). “Indonesia Makin Melek Internet.” Smartcity.gunungkidulkab.go.id. Diakses Pada 15 Januari 2024, Dari https://smartcity.gunungkidulkab.go.id/2024/01/19/indonesia-makin-melek-internet-221-juta-penduduk-terhubung/.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. https://id.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono

Suhadarliyah, S., Amelia, D., & Tehupuring, R. (2024). “Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian: Peran Biaya Pemasaran Sebagai Pemoderasi.” Analisis, 14(01), 33–44. https://doi.org/10.37478/als.v14i01.3237.

Syaugie, A., & Nurhajati, L. (2025). Online Media Framing Pada Fenomena Pemberitaan Doom Spending di Kalangan Milenial dan Gen Z. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 7(2), 303-320.

Tita, G. A. (2024). “Apa Itu Doom Spending Dan Bagaimana Mengatasinya?.” Stekom.ac.id. Diakses Pada 15 Januari 2024, Dari https://stekom.ac.id/artikel/apa-itu-doom-spending-dan-bagaimana-mengatasinya?.

Viciora, D. K. (2024). “Gen Z Hingga Milenial Terancam Miskin Akibat Imbas Trend Doom Spending.” Jurnaltinta.com. Diakses Pada 14 Januari 2025, Dari https://www.jurnaltinta.com/ekonomi/amp/44713615460/gen-z-hingga-milenial-terancam-miskin-akibat-imbas-trend-doom-spending-ini-cara-menanggulanginya.

Wahyuningsih. (2020). “Pengaruh Promosi, Minat Beli Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Shopee (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Semarang).” Skripsi, Universitas Semarang.

Walyoto, S., Sujarwati, S., Manajemen, P., Syariah, B., Uin, F., Mas, R., & Surakarta, S. (2022). “Pengaruh Pemasaran Syariah Media Sosial, Kualitas Produk, Harga, dan Review Pelanggan Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2210–2220. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5958.

Waworuntu, A. Y., & Hasan, A. (2024). “Pengaruh Electronic Word-of-Mouth (EWoM) dan Ulasan Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Economics and Digital Business Review5(2), 206-213.

Wulansari. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pt. Sun Star Prima Motor Bekasi).” Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Yurvito. (2024). “Jadi Tren Anak Muda Indonesia, Apa Itu Doom Spending?.” Klasika.kompas.id. Diakses Pada 17 Januari 2024, Dari https://klasika.kompas.id/baca/apa-itu-doom-spending/

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia