Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BTS ISLAND: IN THE SEOM PUZZLE MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)
Pengarang : Ika Wahyu Khasanah , Hadwitya Handayani Kusumawardh, Ahmad Khamba
Kata Kunci   :Kepuasan Pengguna, BTS Island, EUCS, Game Mobile, PLS-SEM

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi BTS Island: In the SEOM Puzzle dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Aplikasi ini merupakan game mobile bergenre simulasi dan puzzle yang dikembangkan oleh HYBE khusus untuk para penggemar BTS (Bangtan Sonyeondan). Dalam upaya untuk mengevaluasi pengalaman pengguna secara menyeluruh, penelitian ini mengukur lima dimensi utama EUCS, yaitu Content (Isi), Accuracy (Keakuratan), Format, Ease of Use (Kemudahan Penggunaan), dan Timeliness (Ketepatan Waktu), sebagai variabel independen yang memengaruhi Kepuasan Pengguna variabel dependen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Form kepada komunitas penggemar BTS di Indonesia, dan berhasil mengumpulkan 133 responden aktif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, dengan dimensi Content memberikan kontribusi paling dominan sebesar 0,373. Nilai R-Square sebesar 0,735 menunjukkan bahwa kelima variabel EUCS mampu menjelaskan 73,5% variasi kepuasan pengguna. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam memberikan rekomendasi pengembangan aplikasi berbasis hiburan digital yang lebih responsif terhadap kebutuhan dan preferensi pengguna.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Amadalia, V. (2025). Bagaimana Industri Game Mobile Akan Berubah di 2025?  Retrieved from https://yopay.co.id/blog/bagaimana-industri-game-mobile-akan-berubah-di-2025 on February 22, 2025.

Damaika, L. Z. (2022). Cara Main BTS Island: In The Seom, Army Sudah Coba? Retrieved from https://www.idntimes.com/tech/trend/cara-main-bts-island-in-the-seom-1-00-2k3g7-4vb7jg on February 22, 2025.

Faradilla, N., & Indah, R. (2023). Pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna aplikasi mobile: Studi kasus pada aplikasi hiburan digital. Jurnal Sistem Informasi, 15(1), 23–34.

Hanifah, S. F. (2020). Pengukuran kepuasan pengguna sistem informasi menggunakan metode EUCS. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 8(2), 56– 67.

Indah, D. R., & Nurfadillah, N. (2022). Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website    PalTV Dengan Metode EUCS. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 8(2), 89–97.

Hidayat, T., & Mahardika, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Banking dengan Pendekatan PLS-SEM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 26(1), 45–60.

Pratama, A. A. D. B., et al. (2021). Analisis Game Online Terhadap Interaksi Sosial Siswa di SDN Langse. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(6). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1753

Rahmah, A., & Aprilianto, R. (2023). Pengaruh elemen visual dan emosional terhadap keterlibatan pengguna dalam game mobile. Jurnal Teknologi Digital, 11(2), 45–56.

Sari, M. K. (2020). Pengukuran kepuasan pengguna aplikasi mobile berdasarkan pengalaman pengguna. Jurnal Sistem Informasi, 7(1), 23–34.

Yurdika, A. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Platform Aplikasi Weverse Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) 12(2), 149–161. Retrieved from https://lembaga.gunadarma.ac.id

Bianto, V. L., & Sihotang, J. I. (2022). Analisa tingkat kepuasan pengguna aplikasi Microsoft Teams di SMA Advent Purwodadi dengan PIECES Framework. CogITo Smart Journal, 8(2), 514–523. https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.421.514-523

Rahayu, E. F. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi UG In Your Hand Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). ICIT Journal, 6(2), 213–226. https://doi.org/10.33050/icit.v6i2.1118

Dari, W., & Hanayah, E. T. (2023). Analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi ojek online dengan metode Naive Bayes. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 221–232. https://doi.org/10.55123/insologi.v2i1.1693

Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162–175. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1375

Fabriyan, F. (2022). Pengertian Sistem. Retrieved from https://itkampus.com/pengertian-sistem on March 2, 2025.

Puspitasari, O. (2023). Mengenal Game Mobile. Retrieved from https://www.kompasiana.com/oktavianipuspitasari2770/6513d7d54addee576168cab2/megame-mobile on March 2, 2025.

Nur Saffanah, K., & Andrian, R. (2024). Perancangan Design UI/UX pada Aplikasi Learning Management System Guna Meningkatkan Efektivitas dan Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Mnemonic, 7(1), 23–30. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v7i1.8474

Geograf. (2023). Pengertian Aplikasi Mobile: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli. Retrieved from https://geograf.id/jelaskan/pengertian-aplikasi-mobile on March 2, 2025.

Hanifah, S. F. (2020). Pengukuran kepuasan pengguna sistem informasi menggunakan metode EUCS. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 8(2), 56– 67.

Ghozali, I., & Latan, H. (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Utami, S. S., & Pamungkas, I. D. (2020). Aplikasi PLS-SEM dalam penelitian ilmu sosial di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 89–102.

Ramadhanti, N. A., & Sulistiono, S. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Mediator Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Kasus Pengguna Jasa Transportasi Online GOJEK Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), 129–140. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1275

Putra, A. D., et al. (2023). Evaluasi kemudahan penggunaan aplikasi mobile berbasis hiburan menggunakan pendekatan EUCS. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(2), 67–78.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Cheah, J. H., Sarstedt, M., Ringle, C. M., Ramayah, T., & Ting, H. (2020). Convergent validity assessment of formatively measured constructs in PLS-SEM: On using single-item versus multi-item measures in redundancy analyses. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 32(3), 1097–1119. https://doi.org/10.1108/IJCHM-10-2018-0871

Rigdon, E. E., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2022). On the predictive power of PLS-SEM: A new perspective. Journal of Business Research, 88, 345–354. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.11.016

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2022). Partial least squares structural equation modeling. In Handbook of Market Research (pp. 587–632). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8

Benitez, J., Henseler, J., Castillo, A., & Schuberth, F. (2020). How to perform and report an impactful analysis using partial least squares: Guidelines for confirmatory and explanatory IS research. Information & Management, 57(2), 103168. https://doi.org/10.1016/j.im.2019.05.003

Cepeda-Carrion, G., Cegarra-Navarro, J. G., & Cillo, V. (2019). Tips to use partial least squares structural equation modelling (PLS-SEM) in knowledge management. Journal of Knowledge Management, 23(1), 67–89. https://doi.org/10.1108/JKM-05-2018-0322

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Nitzl, C., Roldán, J. L., & Cepeda-Carrion, G. (2020). Mediation analysis in partial least squares path modeling: Helping researchers discuss more sophisticated models. Industrial Management & Data Systems, 116(9), 1849–1864. https://doi.org/10.1108/IMDS-07-2015-0302


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia