KOPENA sebagai lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) yang berpusat di Pekalongan, menawarkan produk tabungan haji yang mengalami pertumbuhan lebih lambat dibandingkan dengan produk tabungan lainnya. Penelitian ini menganalisis implementasi strategi pemasaran syariah KOPENA untuk meningkatkan minat nasabah pada produk tabungan haji, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil studi menunjukkan bahwa KOPENA menerapkan strategi pemasaran syariah yang komprehensif melalui bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process), menekankan keadilan dan transparansi, serta didukung oleh manajemen pemasaran syariah yang terstruktur dan diawasi ketat. Minat nasabah dipengaruhi oleh faktor kebutuhan internal (nilai keagamaan), motif sosial (rekomendasi dan komunitas), dan faktor emosional (harapan ibadah haji), yang secara kolektif berkontribusi pada optimalisasi strategi dan peningkatan jumlah nasabah Tabungan Haji di KOPENA.
Abdillah, Wahyu, dan Andry Herawaty. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur.” JIABI : Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi 313. http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1463
Afifuddin, M. 2023. “Strategi Pemasaran Syariah Dalam Mempertahankan Eksistensi Lembaga Keuangan Syariah Ditengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah 112. https://doi.org/10.58561/margin.v2i2.89
Al Musawwa, M Aliyuddin, dan Luluk Hanifah. 2023. “Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Haji dan Umroh IB Pada BTN Syariah KCPS Gresik.” Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance 675. https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15201
Aldo, Muhammad, Ria Sulistiani, dan Lilis Renfiana. 2023. “Strategi Pemasaran Syariah dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sate Madura (Studi Pada warung sate Madura Cak Budi dijalan Imam Bonjol Kota Metro).” Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah 410. https://doi.org/10.59059/jupiekes.v1i4.695
Alhamid, Thalha, dan Budur Anufia. 2019. “Resume : Instrumen Pengumpulan Data.” Ekonomi Islam 4. Andi. 2023. Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam Dengan Pendekatan Metode Keyperformance Indicator (Kpi) Guna Meningkatan Penjualan. Makassar. https://doi.org/10.82561/margin.v2i2.27
Anhar Nst, M. Ziqhri Anhar, dan Andri Soemitra. 2022. “Strategi Pemasaran Pada Pembiayaan Haji Di Indonesia :Studi Literatur Persepsi Mahasiswa PascaSarjana Bidang Perbankan Syariah.” Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisniss 195. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9905
Annastasya, Virza Ika, Yulimah Fitasari, dan Lilis Renfiana. 2024. “Analisis Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kue Tradisional WarungIbu Emi untuk Meningkatkan Pendapatan.” Najaha Iqtishod 2. https://doi.org/10.24952/masharif.v6i2.1121 Ardiansyah, Risnita, dan M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 4. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arif, Moh. Erfan, dan Rila Anggraeni. 2023. STRATEGI BISNIS. Malang: UB Press.
Assauri, Sofja. 2013. Manajemen Pemasaran Dasar. Jakarta: Bumi Insani.
Assauri, Sofyan. 2005. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azzahra, Nabila, Hanna Hotmian Br.Silalahi, Hotmaria Silva Naibaho, Harrington B.Silaban, Fridayani M.Sitio, dan Putri Helena Lahagu. 2024. “Analisis Koperasi Syariah di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 487-488. https://doi.org/10.5281/zenodo.12754894
Dwiyanti, Ulpa, Havis Aravik, dan Choiriyah. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara Ib Dengan Akad Wadi’ah Yad DhamanahPada Bank Tabungan Negara Syariah Kapten A Rivai Palembang.” Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i1.62 (JEBMAK) 95.
Estefany, Nabila Veren, Masruchin, dan Fitri Nur Latifah. 2022. “Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat.” SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 184. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9358
Hamduh, M Hanafi. 2003. Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit. Hardani S.Pd.,M.Si. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup Yogyakarta. Haryanto, MM., Dr. H. Rudy. 2020. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Pamekasan: Duta Media Publishing. Hendra, Testru. 2016. “Pembangunan Ekonomi Islam dengan Pengembangan Koperasi Syari'ah.” Maqdis Jurnal http://dx.doi.org/10.15548/maqdis.v1i1.20 Ekonomi Islam 118.
Hsb, Sarmania, dan Reni Ria Aryamani Hasibuan. 2019. “Strategi Pemasaran Produk Gadai Dalam Menarik Minat Nasabah di PT. Pegadaian UPS Sinuhuan.” Jurnal Masharif al-Syariah : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 59. https://doi.org/10.30651/jms.v8i3.20466
Ismail. 2016. Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika. Jam'ah, Maulida, dan Ahmad Amin Dalimunthe. 2022. “Analisis Produk Tabungan Wadiah dan Mudharabah di BSI KCP Medan Pulo Brayan.” Jurnal Publikasi Ilmu Ekonomi dan Akuntansi 258-259. https://doi.org/10.51903/jupea.v2i3.354
Karim, dan Zulkifli. 2017. Strategi Pemasaran Bank Syariah. STADIUM 1.1.
Kasmir. 2015. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Khotijah, Siti. 2004. Smart Strategy of Marketing. Bandung: ALFABETA. Kotler, Philip., dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: indeks. Kuncoro, Ph.D., Mudrajad. 2006. STRATEGI : Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Ciracas, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lesatri, Arini, dan Nuri Aslami. 2022. “Strategi Pemasaran Produk AsuransI Syariah.” Jurnal Pendidikan dan https://doi.org/10.47467/mk.v21i2.882 Agama Mardani. 2014. Fiqh Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana. Islam 81-88.
Marzelin, Aja Aulia. 2022. Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Meulaboh Imam Bonjol. Banda Aceh. http://repository.ar-raniry.ac.id/
Musawwa, M Aliyuddin Al, dan Luluk Hanifah. 2023. “STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN HAJI DAN UMROH IB PADA BTN SYARIAH KCPS GRESIK.” Islamic Banking and https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15201 Finance 670.
Nita, Veni Alfia. 2023. Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dalam Menarik Minat Nasabah di Bank Amanah Syariah Sekampung. Lampung. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7604 Pai, Febrina S., Silvya L. Mandey, dan Hendra N. Tawas. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas dalam Upaya Menarik Minat Nasabah (Studi Kasus Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Istiqlal Manado).” Jurnal EMBA 238. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.47866 Putra, S.Akt., M.Si., Purnama, dan Wiwik Hasbiyah AN, S.H.I., M.A. 2018. Teori dan Praktik Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Putri, Mahilda Anastasia, dan Renny Oktafia. 2021. “Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo.” Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance 432-443. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773
Rachmadani, Aulia. 2021. MANAJEMEN PEMASARAN SYARIAH. Banten: E-book. Rahayu, Niken Kanti, Mufti Alam Adha, dan Akhmad Arif Rifan. 2024. “Analisis Strategi Marketing Produk Pembiayaan BSI Griya, BSI Mitraguna dan BSI OTO di BSI Yogyakarta dengan Metode Matriks Boston Consulting Group (BCG).” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 1895. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1692
Rosdiana, Efia. 2021. Strategi Pemasaran Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabugan Haji Pada Bank Mega Syariah KC Mataram. Mataram. Saleh, S.E., M.Si., Dr. H. Muhammad Yusuf, dan Dr. Miah Said, S.E., M.Si. 2019. Konsep & Strategi Pemasaran. Makassar: SAH MEDIA.
Sari, Inda Nopita, Havis Aravik, dan Choiriyah. 2022. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Tasbih Pada PT Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu Km 12 Palembang Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) 489 490. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.88
Sayyid, Mokhtar. 2020. Strategi Pemasaran Bisnis Farmasi. Sidoarjo: Zifatama Jawara. Silvianica, Merry. 2021. Implementasi Strategi Promosi Dalam Peningkatan Nasabah Pada Produk Tabungan Haji Dan Umroh Dimasa Pandemi Covid-19. Lampung. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5671
Sitio, Arifin, dan Halomoan Tamba. 2001. Koperasi : Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga. Suhendi, Hendi. 2013. Fiqh Muamalah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sukmayadi. 2020. Koperasi Syariah Dari Teori Untuk Praktek. Bandung: Alfabeta.
Sulung, Undari, dan Mohamad Muspawi. 2024. “Memahami Sumber Data Penelitian : Primer, Sekunder, dan Tersier.” Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And https://doi.org/10.47827/jer.v5i3.238 Studies (IICLS) 114-115.
Susanti, Desi, dan Haniah Lubis. 2021. “Strategi Pemasaran Bank Syariah dalam Meningkatkan Minat Generasi Milenial di Era Digital.” Islamic Business and Finance (IBF) 135. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2562
Tanjung, Azrul. 2017. Koperasi dan UMKM sebagai Fondasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Tridayanthi, Khori Ayu, Aidhawani, Aditya Fadillah, Adinda Sefina Annisa, dan Suhairi. 2023. “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning dalam Pemasaran Global.” MAMEN (Jurnal https://doi.org/10.55123/mamen.v2i1.1614 Manajemen) 153-154.
Widjaja, Muhammad Yusuf Aria, Nurul Istifadhoh, dan Dewi Puspita Sari. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Simpanan Qurban Koperasi Syariah Mitra Usaha Ideal (KOPSYAH MUI) Cabang Dukun Gresik.” Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah 43. https://doi.org/10.59636/saujana.v5i01.124
Zahara, Lia Olivia, Ayu Andini, Tia Syifana, Intan Nadzifa, Laily Nurul Hidayah, dan Muhammad Taufiq Abadi. 2023. “Koperasi Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen 278. https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2417
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |