Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Yang Menjalani Rawat Inap Di Ruang Mina RS Siti Khodijah Pekalongan
Pengarang : Nur Halimah, Aida Rusmariana
Kata Kunci   :Kecemasan, Hospitalisasi, Anak Prasekolah, Terapi Bermain Puzzle

ABSTRAK
Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Yang Menjalani Rawat Inap di Ruang Mina RS Siti Khodijah Pekalongan

Nur Halimah1, Aida Rusmariana2

Latar Belakang: Hospitalisasi pada anak prasekolah sering memunculkan kecemasan akibat lingkungan asing, prosedur medis, serta keterpisahan dari orang tua. Kondisi ini dapat menghambat proses penyembuhan sehingga memerlukan intervensi nonfarmakologis. Terapi bermain puzzle menjadi salah satu metode distraksi positif yang efektif, karena mampu mengalihkan perhatian, menstimulasi kognitif, serta menimbulkan rasa percaya diri. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan anak prasekolah yang menjalani rawat inap di RS Siti Khodijah Pekalongan.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 20 anak prasekolah yang dirawat di Ruang Mina, dipilih menggunakan purposive sampling. Tingkat kecemasan diukur dengan instrumen Face Image Scale (FIS) sebelum dan sesudah intervensi. Terapi bermain puzzle diberikan satu kali selama 20–30 menit, dengan media puzzle yang disesuaikan usia responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat signifikansi p < 0,05 untuk mengetahui perbedaan kecemasan sebelum dan sesudah intervensi.
Hasil: Sebelum intervensi, mayoritas anak berada pada kategori cemas ringan (65%), sedang (25%), dan berat (10%). Setelah terapi bermain puzzle, sebagian besar anak menunjukkan penurunan signifikan: 40% menjadi tidak cemas, 30% sangat tidak cemas, 20% cemas ringan, dan 10% cemas sedang. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p = 0,000 (<0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan terapi bermain puzzle terhadap penurunan kecemasan anak prasekolah yang menjalani rawat inap.
Simpulan: Terapi bermain puzzle efektif menurunkan kecemasan anak prasekolah selama hospitalisasi dan dapat dijadikan intervensi nonfarmakologis dalam praktik keperawatan.

Kata kunci: Kecemasan, Hospitalisasi, Anak Prasekolah, Terapi Bermain Puzzle
Daftar Pustaka: 39 (2017-2024)
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Afrida, R. N., Hardini, D. S., & Purnomo, A. (2020). Pengaruh bermain terapeutik puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah di ruang anak RS Bhayangkara Anton Soedjarwo Pontianak. Jurnal ProNers, 5(1), 15–22.

Alsop-Shields, L., & Mohay, H. (2001). John Bowlby and James Robertson: Theorists, scientists and crusaders for improvements in the care of children in hospital. Journal of Advanced Nursing, 35(1), 50–58.

Arifin, R. F., Udiyani, R., & Rini. (2018). Efektifitas Terapi Menggambar Dan Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Hospitalisasi Usia Pra Sekolah. Jurnal Darul Azhar, 6(1), 53–58.

Astuti, D. T. (2022). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Untuk Menurunkan Tingkat Ansietas Pada Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi di Rumah Sakit. TK. IV dr.Noesmir Baturaja. Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4. http://journal.umsurabaya.ac.id/

Berk, L. E. (2018). Development Through the Lifespan, seventh edition. USA: Pearson.

Buchanan, H., & Niven, N. (2002). Validation of a Facial Image Scale to assess child dental anxiety. International Journal of Paediatric Dentistry, 12(1), 47–52. https://doi.org/10.1046/j.1365-263X.2002.00338.x

Cahyani, AT. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Respon Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah di Rs Brawijaya Lawang. Karya Tulis Ilmiah, Diploma (D3) Keperawatan. Malang: Poltekkes RS dr. Soepraoen

Clarisa Setyo Putri, et. Al . (2024). Analisa Penerapan Terapi Bermain Puzzel untuk mengatasi kecemasan akibat hospitalisasi pada anak di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan. Jakarta.

Dana P. Turner MSPH, P. (2020). Sampling Methods in Research Design. Headache: The Journal of Head and Face Pain, 8-12.

Dewi, N. K., Widyaningsih, I. A., & Syahrul, R. (2020). Terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah selama rawat inap. Proceedings of the 3rd International Conference on Health, Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icosheet-19/125942136

Fibriyanti, M. S. A., Rahayu, D. A., & Hidayati, E. (2024). Efektifitas terapi bermain puzzle dalam menurunkan kecemasan anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(2), 2–5

Garina.dkk. 2017. Serba – Serbi Tumbuh Kembang Anak Panduan Perawatan Dan Pengasuhan Buah Hati Usia 0 – 5 Tahun. Jakarta: PT. Lontar Digital Asia.

Haryono, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Puzzle Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(01), 5-11.

Ismail Nurdin, dan Hartati, Sri. (2019). Metodologi Penelitian sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendikia.

Izzaty, R.E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo diakses dari https://www.google.co.id pada 15 September 2021.

Kaban, R., Sembiring, A., & Marpaung, L. (2022). Efektivitas terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia 1–3 tahun selama hospitalisasi. Coping Journal, 10(2), 84–90.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak di Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes RI.

Khoerunnisa, S. R., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–58. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.279

Lestari, R et al. (2022). Penerapan terapi bermain puzzle untuk mengatasi tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah (3-6 Tahun) saat hospitalisasi. Coping; Community of Publishing in Nursing, 10(6), 624–629

Malviya, S., Voepel-Lewis, T., Burke, C., Merkel, S., & Tait, A. R. (2006). The Revised Face, Legs, Activity, Cry and Consolability (FLACC) Behavioral Scale for Pain Assessment in Children With Cognitive Impairment. Pediatric Anesthesia, 16(3), 258–265.

Mansur, A. R. 2019. Tumbuh kembang anak usia prasekolah. Padang : Andalas University Press.

Manurung, N. (2016) Terapi Reminiscence Solusi Pendekatan Sebagai Upaya Tindakan Keperawatan Dalam Menurunkan Kecemasan, Stress dan Depresi. Jakarta: CV.Trans Info Media.

Nurjannah, Suci., & Suci Dwi Handayani. (2023). Terapi Bermain Anak. Indramayu: Politeknik Indramayu Negeri.

Oktaviyani, R. D., & Suri, O. I. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan, 10(2), 112. https://doi.org/10.35730/jk.v10i2.406

Padila et al. (2020). Perkembangan Motorik Prasekolah Antara Intervensi Brain Gym Dengan Puzzle. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 510–515. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1120

Potter & Perry.2016. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4. Jakarta: ECG.

Putri, I., & Jurwidyawiyana, A. (2024). Terapi bermain puzzle dalam menurunkan kecemasan anak usia prasekolah saat dirawat inap. Jurnal Keperawatan, 11(1), 53–60.

Rudolph, A., Hoffman, J. I., & Rudolph, C. D. 2017. Buku Ajar Pediatri Rudolph (Volume1). Jakarta: EGC

Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Penurunan tingkat kecemasan anak akibat hospitalisasi dengan penerapan terapi bermain. JKI (Jurnal KonselingIndonesia), 3(1) : 9-12.

Sari, N. & Pratiwi, R. (2021). Terapi Bermain untuk Anak yang Mengalami Hospitalisasi. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak.

Satriana, D., & Mulfiyanti, R. (2023). Puzzle play therapy to reduce anxiety levels of preschool children during hospitalization. Indonesian Journal of Public Health and Epidemiology, 3(2), 45–52.

Setiawati E., dan Sundari. (2019). Pengaruh Terapi Bermain dalam Menurunkan Kecemasan Pada Anak Sebagai Dampak Hospitalisasi di RSUD Ambarawa. Indonesian Jurnal of Midwifery. Semarang. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ngudi Waluyo.

Sigit Purnama, Yuli Salis Hijriani, H. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Rosdakarya.

Sofiatun, U., Nisa, N., & Lestari, S. (2025). The effectiveness of puzzle play therapy in reducing anxiety in preschool children with acute respiratory infections: A pre-experimental study. Journal of Vocational Nursing, 6(1), 35–40

Spence, S. H., Rapee, R., McDonald, C., & Ingram, M. (2023). The structure of anxiety symptoms among children: A confirmatory factor-analytic study. Journal of Abnormal Psychology, 110(2), 258–270.

Sri Rahayu, F. (2018). Penerapan Terapi Bermain Puzzle Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah Di Bangsal Dahlia Rsud Wonosari. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id

Stuart, G.W. (2013). Buku Saku Keperawatan Jiwa, ed 5. EGC, Jakarta

Suraya, C., Wisuda, A. C., Sansuwito, T. b., & Dioso, R. III. (2024). Determinants of anxiety in hospitalized preschool children. Journal of Nursing Science Research, 2(1). https://doi.org/10.33862/jnsr.v2i1.590

Sutarmi, S., Ernawati, E., & Rohmah, L. N. (2021). Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan anak prasekolah selama rawat inap di rumah sakit. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 16(2), 123–130

Sutejo. (2017). Konsep dan Praktik Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa: Gangguan Jiwa dan Psikososial. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Wahyuni, E., Neherta, M., & Sari, I. M. (2023). Intervensi keperawatan saat bencana (Ibu dan anak prasekolah) (M. Neherta (ed.); cetakan pe). CV Adanu Abimata

WHO. (2018). Standards for Child-Friendly Hospitals. Geneva: World Health Organization.

Wong, Donna L. (2019). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, EGC, Jakarta

Wong, et al. (2019). Wong buku ajar keperawatan pediatrik. (alih bahasa: Andry Hartono, dkk). Jakarta. EGC

Yusuf, A. M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Kencana.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia