Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Ruang Ayyub 3 Rs Roemani Muhammadiyah Semarang


Pengarang : Rizqiani Dwitiana Rosa, Aida Rusmariana


Kata Kunci   :Anak usia prasekolah; Hospitalisasi; Kecemasan; Terapi Bermain Mewarnai Gambar

Program Studi Pendidikan Profesi Ners
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Juli, 2024

ABSTRAK

Rizqiani Dwitiana Rosa1, Aida Rusmariana2, Ifadah Tsani3
Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Ruang Ayyub 3 Rs Roemani Muhammadiyah Semarang

Latar Belakang: Anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan selama hospitalisasi seringkali menunjukkan perilaku tidak kooperatif, hal ini membuat kondisi menjadi lebih buruk. Salah satu upaya menurunkan kecemasan yaitu terapi bermain. Terapi bermain mewarnai gambar memberikan dampak positif seperti merasa rileks karena dapat mengalihkan perhatian suatu objek yang membuat kecemasan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan terapi bermain mewarnai gambar pada anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi di ruang Ayyub 3 RS Roemani Muhammadiyah Semarang.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode studi kasus Evidence Based Practice (EBP) PubMed, Portal Garuda, dan Google Scholar dengan artikel penerapan terapi bermain mewarnai gambar pada anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Menggunakan 1 responden yang diteliti dengan masalah keperawatan ansietas. Implementasi yang dilakukan yaitu tindakan terapi bermain mewarnai gambar dan dilakukan pre-post test tingkat kecemasan menggunakan skala Face Image Scale (FIS). Intervensi terapi bermain mewarnai gambar dilakukan selama 3 hari berturut-turut dalam waktu 30 menit. Peneliti mengamati adanya penurunan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan intervensi.
Hasil: Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan terapi bermain mewarnai gambar pada an.K yaitu terdapat penurunan skor kecemasan pada anak dengan menunjukkan skala kecemasan sebelum dilakukan terapi bermain mewarnai gambar didapatkan skor 3 dan setelah dilakukan terapi bermain mewarnai gambar didapatkan skor 1.
Simpulan: Penerapan terapi bermain mewarnai gambar pada anak usia prasekolah yang dilakukan peneliti efektif menurunkan kecemasan akibat hospitalisasi di ruang Ayyub 3 RS Roemani Muhammadiyah Semarang.

Kata Kunci: Anak usia prasekolah; Hospitalisasi; Kecemasan; Terapi Bermain Mewarnai Gambar

Referensi

Abdillah, M. E. I., Immawati, I., & Nurhayati, S. (2021). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun). Jurnal Cendikia Muda, 2(2), 220-226.

Aizah, S., & Wati, S. E. (2020). Upaya Menurunkan Tingkat Stress Hospitalisasi Dengan Aktivitas Mewarnai Gambar Pada Anak Usia Prasekolah Di Ruang Anggrek RSUD Gambiran Kediri. Efektor.

Amallia, A., & Oktaria, D. Oktafani. (2018). Pengaruh Terapi Bermain terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah selama Masa Hospitalisasi. Majority, 7(2), 219-225.

Apriany, D., Oyoh, O., & Maruf, A. F. (2018). Perbedaan Efektivitas Terapi Mewarnai Dan Bermain Puzzle Terhadap Kecemasan Anak Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Di RSUD Cibabat Kota Cimahi Tahun 2018. Prosiding Pin-Litamas 1, 1(1), 110-121.

Aryani, D., & Zaly, N. W. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Hospitaslisasi Pada Anak Prasekolah. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 101-108.

Boyoh D., Magdalena E. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di Ruang Anak Di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung. Jurnal Skolastik Keperawatan. Vol 4 No 2. 62-69.

Hendrita, N., & Bayuningsih, R. (2023). Pengaruh Pemberian Terapi Bermain: Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di RS Rawalumbu. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak6(2), 66-73.

Herayeni, D. F., Immawati., & Nurhayati, S. (2022). Penerapan Terapi Mewarnai Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Mengalami Hospitalisasi Di RSUD Jend. Ahmad Yani Metro. Jurnal Cendikia Muda, 2(1), 59-65.

Idris, M., & Reza, M. (2018). Efektifitas Terapi Bermain (Mewarnai) terhadap Penurunan Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah di Ruang Melati RSUD Kota Bekasi. Jurnal Afiat, 4(2), 583-592.

Kementerian Kesehatan RI, (2021). Buku Kesehatan Ibu Dan Anak. Jakarta: Kemenkes RI.

Manurung, Y. S. (2019). Kecemasan Dan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 240-257.

Mertajaya, I. M. (2019). Analisis Intervensi Terapi Bermain Puzzle Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Di Ruang Cempaka Anak Rumah Sakit Pelni Jakarta. Jurnal JKFT, 4(1), 67-76.

Mulyanti, S., & Kusmana, T. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal BIMTAS: Jurnal Kebidanan UMTAS, 2(1), 20-26.

Oktiawati, A., Khodijah, Setyaningrum, I., & Dewi, R. C. (2017). Teori dan Konsep Keperawatan Pediatrik. CV. Trans Info Media.

Purnamasari, I., Murniasih, E., & Chumaerotusyfa, V. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Hospitaliasi Di RSUD Embung Fatimah Batam. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 2(1), 32-38.

Rahman, Z., Fadhilah, U., & Afiqah. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan, 11(1).

Risdiana, R. (2023). Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Selama Hospitalisasi di RSUD Kabupaten Bekasi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 2188-2200.

Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi Dengan Penerapan Terapi Bermain. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(1), 9-12.

Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. UPI Sumedang Press.

Sujatha, P., Nara, A., Avanti, A., Shetty, P., Anandakrishna, L., & Patil, K. (2021). Child Dental Patient’s Anxiety And Preference For Dentist’s Attire: A Cross-Sectional Study. International Journal of Clinical Pediatric Dentistry, 14(2).

Tim Pokja SDKI DPP PPNI (2018). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI) Edisi 1. Jakarta: Persatuan Perawat Indonesia.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI) Edisi 1. Jakarta: Persatuan Perawat Indonesia.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI) Edisi 1. Jakarta: Persatuan Perawat Indonesia.

Vanny, T. N. P., Agustin, W. R., & Rizqiea, N. S. (2020). Gambaran Ketakutan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan 'Aisyiyah, 7(2), 13-17.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia