PENGARUH PENGGUNAAN GURAH ENGINE CONDITIONER FOAM TANPA DI VAKUM TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR BEAT 110 CC
Kata Kunci   :Gurah Engine Conditioner Foam, Emisi Gas Buang
Dalam dunia otomotif sudah banyak metode yang dilakukan untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Salah satu dari metode tersebut adalah gurah mesin, yaitu pembersihan kerak dan kotoran sisa pembakaran yang tidak sempuran di dalam ruang bakar. Berbagai innovasi telah muncul untuk mempermudah proses gurah mesin, salah satunya produk engine conditioner foam. Produk ini di sinyalir dapat membersihkan ruang bakar dan menurunkan emisi gas buang. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan gurah engine conditioner foam tanpa di vakum terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat gas analyzer pada Kendaraan Beat 110cc dengan variasi putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm dan 3500 rpm. untuk mengetahui nilai kosentrasi CO dan HC. Berdasarkan dari hasil pengujian yang didapat bahwa penggunaan gurah engine conditioner foam menghasilkan penurunan kosentrasi paling rendah yaitu pada putaran mesin 2000 rpm dengan kadar CO 0,23% dan HC 62 ppm.
Dalam dunia otomotif sudah banyak metode yang dilakukan untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Salah satu dari metode tersebut adalah gurah mesin, yaitu pembersihan kerak dan kotoran sisa pembakaran yang tidak sempuran di dalam ruang bakar. Berbagai innovasi telah muncul untuk mempermudah proses gurah mesin, salah satunya produk engine conditioner foam. Produk ini di sinyalir dapat membersihkan ruang bakar dan menurunkan emisi gas buang. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan gurah engine conditioner foam tanpa di vakum terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat gas analyzer pada Kendaraan Beat 110cc dengan variasi putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm dan 3500 rpm. untuk mengetahui nilai kosentrasi CO dan HC. Berdasarkan dari hasil pengujian yang didapat bahwa penggunaan gurah engine conditioner foam menghasilkan penurunan kosentrasi paling rendah yaitu pada putaran mesin 2000 rpm dengan kadar CO 0,23% dan HC 62 ppm.
Referensi
-
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2022 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |