Literature review: Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di Usia Prasekolah
Kata Kunci   :Anak Prasekolah, Pola Asuh, Perkembangan
Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Agustus,2022 ABSTRAK Riska Andriyani1, Neti Mustikawati2 Literature Review : Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Di Usia Prasekolah Latar belakang: Perkembangan anak memiliki keterkaitan dengan pola asuh orang tua /pola asuh yang diberikan orang tua. Begitu pentingnya dan berartinya pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak, pola asuh yang baik akan mempengaruhi perkembangan emosi, prilaku, sosial, konigtif dan kesehatan fungsi piskologi anak. Tujuan: untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia prasekolah Metode: metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, pencarian artikel pada rentang waktu 4 tahun yaitu 2019-2021 melalui penelusuran garuda 1 artikel dan google scholar 4 artikel. Hasil pencarian didapatkan sesuai kata kunci dan kriteria inklusi, dianalisa menggunakan instrument lalu disimpulkan. Hasil : Hasil literature review pada kategori karastistik orang tua pada 5 artikel, Karakteristik terdapat 2 artikel yaitu berusia 18 sampai 60 tahun sebanyak 310 responden, karakteristik pendidikan terdapat dari 2 artikel yaitu sebagian besar berpendidikan SMP, 2 artikel dengan katagori pekerjaan sebanyak 311 responden. Simpulan dan Saran: Berdasarkan hasil literature review menunjukkan adanya hubungan pola asuh orang tua dengan perkembngan anak usia prasekolah Kata Kunci : Anak Prasekolah, Pola Asuh, Perkembangan.
Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Agustus,2022 ABSTRAK Riska Andriyani1, Neti Mustikawati2 Literature Review : Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Di Usia Prasekolah Latar belakang: Perkembangan anak memiliki keterkaitan dengan pola asuh orang tua /pola asuh yang diberikan orang tua. Begitu pentingnya dan berartinya pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak, pola asuh yang baik akan mempengaruhi perkembangan emosi, prilaku, sosial, konigtif dan kesehatan fungsi piskologi anak. Tujuan: untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia prasekolah Metode: metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, pencarian artikel pada rentang waktu 4 tahun yaitu 2019-2021 melalui penelusuran garuda 1 artikel dan google scholar 4 artikel. Hasil pencarian didapatkan sesuai kata kunci dan kriteria inklusi, dianalisa menggunakan instrument lalu disimpulkan. Hasil : Hasil literature review pada kategori karastistik orang tua pada 5 artikel, Karakteristik terdapat 2 artikel yaitu berusia 18 sampai 60 tahun sebanyak 310 responden, karakteristik pendidikan terdapat dari 2 artikel yaitu sebagian besar berpendidikan SMP, 2 artikel dengan katagori pekerjaan sebanyak 311 responden. Simpulan dan Saran: Berdasarkan hasil literature review menunjukkan adanya hubungan pola asuh orang tua dengan perkembngan anak usia prasekolah Kata Kunci : Anak Prasekolah, Pola Asuh, Perkembangan.
Referensi
-
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2022 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |