Perbandingan Variasi Busi Terhadap Peforma Pada Motor Vario 125 CC
Pengarang : Muhammad Firdi Ikhsan, Imam Prasetyo, Yoga Prayo
Kata Kunci   :busi, torsi, daya
Perkembangan pengetahuan teknologi masa kini pada bidang otomotif sangatlah cepat terutama dikalangan generasi muda. Salah satunya pada sistem pengapiannya sendiri sudah banyak mengalami penyempurnaan untuk meningkatkan performa mesin dan torsi, salah satu contohnya adalah dengan mengganti varian busi. Banyak orang yang belum mengetahui dan memahami pentingnya peran busi.
Metode pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan penelitian. Metode observasi, yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan dengan segala sesuatu yang berhubungan dan terlibat langsung dengan objek. Metode wawancara, yaitu dengan melakukan tanya jawab untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Metode kajian literatur dokumentasi, yaitu mencari data buku referensi, jurnal, artikel, pada beberapa situs internet. Metode mengidentifikasi, yaitu kegiatan yang melakukan proses prakteknya, seperti pemeriksaan, pengukuran dan pengujian agar memperoleh hasil yang sesuai.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perbandingan busi terhadap peforma daya tertinggi dihasilkan oleh busi iridium dan untuk torsi tertinggi dihasilkan oleh busi racing. Dari semua hasil pengujian busi tersebut didapatkan daya tertinggi yaitu pada busi iridium sebesar 10.07 HP pada putaran 6000 RPM. Sedangkan untuk torsi tertinggi yaitu pada busi racing sebesar 15.90 NM pada putaran 4000 RPM. Dilihat dari hasil dynotest tersebut maka untuk daya tertingi pada busi iridium dan untuk torsi tertinggi pada busi racing.
Referensi
[1] Kahfi, M. S., MT, N., & Kosjoko, S. T. (2021). Pengaruh Variasi Busi Terhadap Performa Mesin Pada Motor 4 Langkah 200Cc. Repository. Unmuhjember. Ac. Id, 0-10..
[2] Anggoro, M. B., Armila, A., & ARIEF, R. K. (2021). Analisis Variasi Busi Terhadap Performa dan Bahan Bakar Motor Bensin 2 Langkah Yamaha F1ZR 110CC. JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin, 2(2).
[3] Jalius, Jama dan Wagiono, (2008), Teknik Sepeda Motor Jilid-1, Direktorat Jendral ManajemenPendidikan dasar dan Menengah, DepartemenPendidikan Nasional, Jakarta.
[4] Budiyono, B., & Mahfudin, A. E. (2018). Perbandingan Busi Standar Dengan Busi Platinum Pada Sepeda Motor Honda Cb 150 Terhadap Power Dan Konsumsi Baha Bakar Dengan Variasi CelahBusi. Surya Teknika, 1-5
[5] Prakoso, A., & Gunawan, E. (2021). PengaruhPenggunaan Variasi Busi Terhadap Performa Motor Injection Vixion 150 Cc Berbahan Bakar Pertalite. Mechonversio: Mechanical Engineering Journal, 4(1), 11-14.
[6] Yoga, N. G., & Aziz, M. L. (2023). Analisis pengaruhvariasi CDI dan busi terhadap performa dan konsumsibahan bakar pada motor Vespa Strada. Jurnal KonversiEnergi dan Manufaktur, 10-17.
[7] Sugiyanto, D. (2014). Pengaruh Variasi Jenis Busi Dan Campuran Bensin Methanol Terhadap Kinerja Motor 4 Tak. Jurnal Sainstech Politeknik IndonusaSurakarta, 1(2), 8.
[8] Putra, R. C., Mahendra, S., Wibowo, B. A., & Yulanto, D. M. (2021). Pengaruh Variasi Busi Dan Bahan Bakar Terhadap Performa Sepeda Motor 4 Tak 110Cc. Journal of Automotive Technology Vocational Education, 2(2), 10-20.
[9] Wijaya, H. P., Dantes, K. R., & Wiratmaja, I. G. (2021). Analisis Perbandingan Unjuk Kerja Motor Bensin Dengan Penambahan Groundstrap denganMaterial Tembaga Dan Perak Pada Kabel Koil Busi. Quantum Teknika, 2(2), 59-65.
[10] Sebayang, A. H., Ibrahim, H., Sutrisno, J., & Nurulita, B. (2020). Perbandingan busi standar dan busimulti elektroda terhadap kinerja dan emisi gas buangpada mesin bensin. Dinamika Teknik Mesin, 10(2), 144-151.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |