Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan
Pengarang : M Faris Firmansyah, Nur Izzah
Kata Kunci   :

Program Studi Sarjana Keperawatan dan pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Februari 2025
ABSTRAK

M. Faris Firmansyah, Dr. Nur Izzah , S.Kep.,M.Kes.
Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien pengguna BPJS Kesehatan Di RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan
Latar Belakang : Prosedur pelayanan pada pasien BPJS Kesehatan sering diperbincangkan di masyarakat luas. Banyak pasien pengguna BPJS Kesehatan yang menilai negatif. Maka dari itu, fasilitas kesehatan harus meningkatkan kualitas pelayanan secara menyeluruh agar masyarakat percaya dan akan kembali datang untuk berobat karena pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan.
Tujuan penelitian : Mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di ruang rawat inap RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan.
Metode : Metode deskripsi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Analisa data dengan uji Pearson correlation dengan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling 72 responden pengguna BPJS Kesehatan.
Hasil : Kualitas pelayanan kesehatan mendapatkan nilai rata-rata 101,57 dengan nilai tertinggi 120 pada rentang 25-125. Kepuasan pasien memiliki nilai rata- rata 36,58 dengan nilai tertinggi 44 pada rentang 9-45.
Simpulan : Ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan nilai P-value < 0,001. Nilai r: 0,761.
Saran : Semakin tinggi kualitas pelayanan kesehatan maka semakin meningkat kepuasan.
Kata kunci : Kualitas pelayanan kesehatan, pasien pengguna BPJS Kesehatan, kepuasan pasien.


DAFTAR PUSTAKA


Amalia, A. Purba, I, Sipahutar, G, E, S. (2022).Tanggung Jawab Pemerintah Terkait Penonaktifan Peserta PBI Terhadap Kebijakan Surat Keputusan Kementerian Sosial No. 70 Tahun 2019 Tahap Ke Enam.

Amin, N, F. Garancang, S. Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dalam Sampel Penelitian. Jurnal Pilar : Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14, Nomor 1. p- ISSN : 1978-5119; e-ISSN : 2776-3005.

Donsu, J, D, T.(2016). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta:Pustaka BaruPress.

Fanny M, S. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elizabeth Medan. Stikes Santa Elizabeth Medan.

Gasong, D, N. Agustina, V. Valentina, C. (2023). Hubungan Antara Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap Terhadap Mutu Layanan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Salatiga. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 8 (1). http://journal.um- surabaya.ac.id/index.php/JKM.

Hadi, I. (2016). Manajemen Keselamatan Pasien (1). Yogyakarta : Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit (1).
Yogyakarta:Gosyeng Publishing.

Ismainar, H. (2015). Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit (1).
Yogyakarta:Penerbit Deepublish.

KEMENKO PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan kebudayaan Republik Indinesia (2022). https://www.kemenkopmk.go.id/menko-pmk-bpjs-harus-bisa-dijangkau- seluruh-masyarakat.

Lasa, I. Salesman, F. Tage, P, S, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Baru Di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD KEFAMENANU. CHMK Nursing Scientific Journal, Volume 5 Nomor 1.

Masturoh, I., & Temesvari, N. A. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (N. Suwarno(ed.); I). Kementrian Kesehatan.

Muchlis, N. Nasrudin. Amelia, R. dkk. (2021). Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak (1). Yogyakarta:Penerbit Deepublish.

Munawwaroh, A, I. Indrawati, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Lerep. IJPHN 2 (3) (2022) 268-277. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/IJPHN

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat.
Pertiwi, M. Nurcahyanto, H. (2017). Efektivitas Program BPJS Kesehatan Di Kota Semarang. e Journal 3 Undip. Voume 6 Page 1-14. http://www.fisip.undip.ac.id

Rosyidi, I. Sudarta, W. Susilo, E. (2020). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan (1). Yogyakarta:Gosyeng Publishing.

Ryandini, T, P. Hakim, L. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Asoka RSUD Dr. R. Koesma Tuban. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol.1, No. 1, Nopember 2019, hlm. 85-93

Sary S1, W, I. Bur, N. Septiyanti. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS. Window of Public Health
Journal,Vol.01No.05:446453.URLartikel:http://jurnal.fkm.umi.ac.id/index. php/woph/ article/view/woph1504.

Santoso, A, P, A. Musta’in. Utomo, E, K. (2021). Hukum Keperawatan (1).
Jakarta Timur:CV. Trans Info Media.

Vanchapo, A, R. Magfiroh. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien. Tangerang: Tata Mutiara Hidup Indonesia.

Widiastuti, P. Prihandhani, IGAA, S. Pradnyasari N, P, R. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD MANGUSADA. Medikes (Media Informasi Kesehatan),Volume 7, Nomor 2.
Weni Anggriani, S. (2022). Kualitas Pelayanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan Dan Non BPJS Kesehatan. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ISSN. 2442-6962 Vol. 5, No. 2.
Yanuarti, R. Oktavidiati, E. Febriawati, H. Oktarianita. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum. Jurnal Kesmas Asclepius Volume 3, Nomor 1. e-ISSN: 2684- 8287 p-ISSN: 2656-8926 DOI:
https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2311

Zulkifli. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Rumah Sakit Andi Makkasau Kota Parepare. Central Library Of State Of Islamic Institute Parepare.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Daftar Pustaka

Amalia, A., Purba, I., & Sipahutar, G. E. S. (2022). Tanggung jawab pemerintah terkait penonaktifan peserta PBI terhadap kebijakan Surat Keputusan Kementerian Sosial No. 70 Tahun 2019 tahap ke enam.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dalam sampel penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1). p-ISSN: 1978-5119; e-ISSN: 2776-3005.

Donsu, J. D. T. (2016). Metodologi penelitian keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Fanny, M. S. (2022). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Santa Elizabeth Medan. STIKES Santa Elizabeth Medan.

Gasong, D. N., Agustina, V., & Valentina, C. (2023). Hubungan antara kepuasan pasien BPJS rawat inap terhadap mutu layanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Salatiga. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 8(1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM

Hadi, I. (2016). Manajemen keselamatan pasien (1). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Herlambang, S. (2016). Manajemen pelayanan kesehatan rumah sakit (1). Yogyakarta: Gosyeng Publishing.

Ismainar, H. (2015). Keselamatan pasien di rumah sakit (1). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

KEMENKO PMK. (2022). Menko PMK: BPJS harus bisa dijangkau seluruh masyarakat. https://www.kemenkopmk.go.id/menko-pmk-bpjs-harus-bisa-dijangkauseluruh-masyarakat

Lasa, I., Salesman, F., & Tage, P. S. K. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien baru di ruang instalasi gawat darurat RSUD Kefamenanu. CHMK Nursing Scientific Journal, 5(1).

Masturoh, I., & Temesvari, N. A. (2018). Metodologi penelitian kesehatan (N. Suwarno, Ed.). Kementerian Kesehatan.

Muchlis, N., Nasrudin, & Amelia, R. dkk. (2021). Kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak (1). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Munawwaroh, A. I., & Indrawati, F. (2022). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan dalam pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas Lerep. IJPHN, 2(3), 268–277. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/IJPHN

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat.

Pertiwi, M., & Nurcahyanto, H. (2017). Efektivitas program BPJS Kesehatan di Kota Semarang. e-Journal 3 Undip, 6, 1–14. http://www.fisip.undip.ac.id

Rosyidi, I., Sudarta, W., & Susilo, E. (2020). Manajemen mutu pelayanan kesehatan (1). Yogyakarta: Gosyeng Publishing.

Ryandini, T. P., & Hakim, L. (2019). Hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang Asoka RSUD Dr. R. Koesma Tuban. Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 85–93.

Sary, S. W. I., Bur, N., & Septiyanti. (2021). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS. Window of Public Health Journal, 1(5), 446–453. http://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/woph1504

Santoso, A. P. A., Musta’in, & Utomo, E. K. (2021). Hukum keperawatan (1). Jakarta Timur: CV Trans Info Media.

Vanchapo, A. R., & Magfiroh. (2022). Mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien. Tangerang: Tata Mutiara Hidup Indonesia.

Widiastuti, P., Prihandhani, I. G. A. A. S., & Pradnyasari, N. P. R. (2020). Hubungan mutu pelayanan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di ruang rawat inap kelas III RSUD Mangusada. Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2).

Weni Anggriani, S. (2022). Kualitas pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan dan non BPJS Kesehatan. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2). ISSN: 2442-6962.

Yanuarti, R., Oktavidiati, E., Febriawati, H., & Oktarianita. (2021). Tingkat kepuasan pasien BPJS dan pasien umum. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1). https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2311

 

Zulkifli. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Rumah Sakit Andi Makkasau Kota Parepare. Central Library of State of Islamic Institute Parepare.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia