Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK FASHION LOKAL DI PEKALONGAN
Pengarang : Muhammad Khothib, Muhammad Arifiyanto, Muhammad Arifiyan
Kata Kunci   :kualitas produk, harga, citra merek, kepuasan konsumen, fashion lokal

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap kepuasan konsumen pada produk fashion lokal di Kota Pekalongan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena menurunnya daya beli masyarakat serta meningkatnya persaingan produk fashion, baik dari merek nasional maupun internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Sampel penelitian sebanyak 125 responden ditentukan melalui metode purposive sampling, yaitu konsumen yang pernah membeli produk fashion lokal minimal dua kali dalam enam bulan terakhir. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas produk (X₁), harga (X₂), dan citra merek (X₃) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 58,4%. Di antara ketiga variabel tersebut, citra merek memiliki pengaruh paling dominan. Temuan ini memberikan implikasi bahwa pelaku usaha fashion lokal di Kota Pekalongan perlu fokus pada peningkatan kualitas, strategi penetapan harga yang kompetitif, serta penguatan brand image untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Badan Pusat Statistik. (2024, Agustus 5). Ekonomi Indonesia Triwulan II-2024 Tumbuh 3,79 Persen (Q-to-Q), Ekonomi Indonesia Triwulan II-2024 Tumbuh 5,05 Persen (Y-on-Y), dan Ekonomi Indonesia Semester I-2024 Tumbuh 5,08 Persen (C-to-C). Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Pressrelease/2024/08/05/2381/Ekonomi-Indonesia-Triwulan-Ii-2024-Tumbuh-3-79-Persen--Q-To-Q---Ekonomi-Indonesia-Triwulan-Ii-2024-Tumbuh-5-05-Persen--Y-on-Y---Dan-Ekonomi-Indonesia-Semester-I-2024-Tumbuh-5-08-Persen--C-To-C-.Html

Meilina, K. (2025). Pasar Lokal Lesu, UMKM ShopSasar Peluang dari Pasar Ekspor. Katadata. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/68259ca0c5e34/pasar-lokal-lesu-umkm-shopee-sasar-peluang-dari-pasar-ekspor

Fasha, H. F., & Madiawati, P. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Produk ZARA di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 57(17). https://doi.org/10.1088/1751-8121/ad3ab1

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. . (2019). Analisis Pengaruh Brand Image,Harga,Kualitas Produk,Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan. Journal of Economic,Business and Engineering, 1(1).

Hidayati, A. P., Destina, P., & Mutiasari, A. I. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Kepuasan Konsumen Batik Iskandartex Surakarta. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2). https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2124

Laksono, D. W., Fardiana, E., & Rinaldo, R. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Pakaian Merek Erigo Di Kota Tangerang. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(2). https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i2.1337

Suliana, S. D. K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif dan Brand Image terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Fashion di Kota Pontianak. Mabis, 15(01).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). Pearson education.

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Andi.

Monroe, K. B. (1990). Pricing: Making profitable decisions (2nd ed.). New York, NY: McGraw-Hill.

Aaker, D. A. (1997). Building strong brands. New York, NY: FrPress.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia