Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap kepuasan konsumen pada produk fashion lokal di Kota Pekalongan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena menurunnya daya beli masyarakat serta meningkatnya persaingan produk fashion, baik dari merek nasional maupun internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Sampel penelitian sebanyak 125 responden ditentukan melalui metode purposive sampling, yaitu konsumen yang pernah membeli produk fashion lokal minimal dua kali dalam enam bulan terakhir. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas produk (X₁), harga (X₂), dan citra merek (X₃) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 58,4%. Di antara ketiga variabel tersebut, citra merek memiliki pengaruh paling dominan. Temuan ini memberikan implikasi bahwa pelaku usaha fashion lokal di Kota Pekalongan perlu fokus pada peningkatan kualitas, strategi penetapan harga yang kompetitif, serta penguatan brand image untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.
Badan Pusat Statistik. (2024, Agustus 5). Ekonomi Indonesia Triwulan II-2024 Tumbuh 3,79 Persen (Q-to-Q), Ekonomi Indonesia Triwulan II-2024 Tumbuh 5,05 Persen (Y-on-Y), dan Ekonomi Indonesia Semester I-2024 Tumbuh 5,08 Persen (C-to-C). Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Pressrelease/2024/08/05/2381/Ekonomi-Indonesia-Triwulan-Ii-2024-Tumbuh-3-79-Persen--Q-To-Q---Ekonomi-Indonesia-Triwulan-Ii-2024-Tumbuh-5-05-Persen--Y-on-Y---Dan-Ekonomi-Indonesia-Semester-I-2024-Tumbuh-5-08-Persen--C-To-C-.Html
Meilina, K. (2025). Pasar Lokal Lesu, UMKM ShopSasar Peluang dari Pasar Ekspor. Katadata. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/68259ca0c5e34/pasar-lokal-lesu-umkm-shopee-sasar-peluang-dari-pasar-ekspor
Fasha, H. F., & Madiawati, P. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Produk ZARA di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 57(17). https://doi.org/10.1088/1751-8121/ad3ab1
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. . (2019). Analisis Pengaruh Brand Image,Harga,Kualitas Produk,Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan. Journal of Economic,Business and Engineering, 1(1).
Hidayati, A. P., Destina, P., & Mutiasari, A. I. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Kepuasan Konsumen Batik Iskandartex Surakarta. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2). https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2124
Laksono, D. W., Fardiana, E., & Rinaldo, R. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Pakaian Merek Erigo Di Kota Tangerang. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(2). https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i2.1337
Suliana, S. D. K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif dan Brand Image terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Fashion di Kota Pontianak. Mabis, 15(01).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). Pearson education.
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Andi.
Monroe, K. B. (1990). Pricing: Making profitable decisions (2nd ed.). New York, NY: McGraw-Hill.
Aaker, D. A. (1997). Building strong brands. New York, NY: FrPress.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |