PERBANDINGAN KARBURATOR STANDAR, KEIHIN PE 24, DAN KEIHIN PWK 24 TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR SUPRA X 125 R
Pengarang : M. Irsyad, Budiyono, Imam Praset
Kata Kunci   :Daya, Torsi, Karburator , Supra X 125 cc.
Pada sepeda motor, bensin dicampurkan dengan udara terlebih dahulu sebelum
dimasukkan ke ruang bakar. Pada sistem bahan bakar konvensional, komponen
terpentingnya adalah karburator. Karburator berfungsi untuk mencampur bahan
bakar dan udara dalam perbandingan tertentu sehingga menjadi gas pembakar
yang dibutuhkan oleh mesin motor. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian
daya dan torsi pada saat modifikasi karburator. Karburator variasi yang digunakan
adalah Karburator Keihin PE 24 dan Karburator Keihin PWK 24. Berdasarkan
pengujian yang dilakukan daya maksimal tertinggi dihasilkan oleh Karburator PE
24 sebesar 8,87 Hp di rpm 6250 dan torsi maksimal tertinggi dihasilkan oleh
Karburator PWK 24 sebesar 10,35 Nm di rpm 5500. Disamping itu nilai rata –
rata daya dan torsi tertinggi dari rpm 4000 sampai 8000 yaitu Karburator PE 24
dengan nilai rata – rata daya sebesar 7,70 Hp dan nilai rata – rata torsi sebesar 9,2
Nm. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Karburator PE 24 lebih baik untuk
digunakan pada Sepeda Motor Supra X 125R karena memiliki kestabilan
performa dibandingkan Karburator Standar dan Karburator PWK
.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2022 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |