PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI DI RUANG SEKARJAGAD RSUD BENDAN PEKALONGAN
Kata Kunci   :Kecemasan, hospitalisasi, terapi bermain puzzle
Abstrak Penerapan Terapi Bermain Puzzle Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Ruang Sekarjagad RSUD Bendan Pekalongan Uswatun Khasanah, Siti Rofiqoh Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Perasaan cemas merupakan salah satu dampak yang dialami anak saat menjalani hospitalisasi. Anak yang mengalami cemas akan mengalami perubahan perilaku seperti gelisah, rewel, mudah menangis, berontak ketika akan dilakukan tindakan, serta terjadi peningkatan tanda-tanda vital. Tujuan dari studi kasus ini adalah menggambarkan penerapan pemberian terapi bermain puzzle pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Metode penyusunan karya tulis ilmiah ini adalah studi kasus dengan penerapan terapi bermain puzzle untuk menurunkan kecemasan. Studi kasus pada pasien I dilakukan selama 3 hari, sedangkan pada pasien II dilakukan selama 4 hari. Fokus intervensi berupa pemberian terapi bermain puzzle. Hasil studi kasus pada kedua pasien menunjukan adanya penurunan skala kecemasan FAS, pada pasien I skala kecemasan FAS dari 4 turun menjadi 0 dan pasien II skala kecemasan FAS dari 3 turun menjadi 0. Kesimpulan dari studi kasus ini yaitu terapi bermain puzzle dapat menurunkan kecemasan pada anak prasekolah akibat hospitalisasi. Saran bagi petugas kesehatan dapat memberikan terapi bermain puzzle sebagai salah satu intervensi yang diberikan untuk menurunkan kecemasan pada anak prasekolah akibat hospitalisasi. Kata kunci: kecemasan, hospitalisasi, terapi bermain puzzle
Abstrak Penerapan Terapi Bermain Puzzle Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Ruang Sekarjagad RSUD Bendan Pekalongan Uswatun Khasanah, Siti Rofiqoh Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Perasaan cemas merupakan salah satu dampak yang dialami anak saat menjalani hospitalisasi. Anak yang mengalami cemas akan mengalami perubahan perilaku seperti gelisah, rewel, mudah menangis, berontak ketika akan dilakukan tindakan, serta terjadi peningkatan tanda-tanda vital. Tujuan dari studi kasus ini adalah menggambarkan penerapan pemberian terapi bermain puzzle pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Metode penyusunan karya tulis ilmiah ini adalah studi kasus dengan penerapan terapi bermain puzzle untuk menurunkan kecemasan. Studi kasus pada pasien I dilakukan selama 3 hari, sedangkan pada pasien II dilakukan selama 4 hari. Fokus intervensi berupa pemberian terapi bermain puzzle. Hasil studi kasus pada kedua pasien menunjukan adanya penurunan skala kecemasan FAS, pada pasien I skala kecemasan FAS dari 4 turun menjadi 0 dan pasien II skala kecemasan FAS dari 3 turun menjadi 0. Kesimpulan dari studi kasus ini yaitu terapi bermain puzzle dapat menurunkan kecemasan pada anak prasekolah akibat hospitalisasi. Saran bagi petugas kesehatan dapat memberikan terapi bermain puzzle sebagai salah satu intervensi yang diberikan untuk menurunkan kecemasan pada anak prasekolah akibat hospitalisasi. Kata kunci: kecemasan, hospitalisasi, terapi bermain puzzle
Referensi
-
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2020 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |