Kemajuan teknologi digital memberikan pengaruh yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk pada keputusan pembelian, terutama melalui media sosial TikTok. TikTok tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi menjadi alat pemasaran digital yang efektif, yang memungkinkan sebuah merek berinteraksi langsung dengan konsumen, dan meningkatkan penjualan melalui konten yang viral serta kerja sama dengan berbagai influencer. Produk skincare Skintific menjadi salah satu contoh merek yang popularitas dan penjualannya meningkat melalui media sosial TikTok. Namun, popularitas tersebut juga memicu fenomena yang dikenal dengan fear of missing out (FOMO), yaitu perasaan cemas karena takut tertinggal dari tren yang sedang viral yang dapat mendorong perilaku konsumtif dan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fear of missing out, kepercayaan merek, dan perilaku konsumtif terhadap keputusan pembelian konsumen produk skincare Skintific pada Platform TikTok di Pekalongan. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen yang pernah membeli produk skincare Skintific melalui platform TikTok. Metode pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data primer yang tersebar melalui kuesioner dalam bentuk google form. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 139 responden. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fear of missing out, kepercayaan merek, dan perilaku konsumtif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Ahmad Fahrezi, & Uuh Sukaesih. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Aldo (Studi Kasus Di Pondok Indah Mall Jakarta). Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 189–199. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.117
Aisyah, S. (2025). Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc ( Studi Kasus Mahasiswi Feb Unidha Prodi S1 Manajemen ). 01(03), 463–469.
Andini, R. I., Ginting, P. T. K., Nabila, A., Mardalena, P., & Natasya, E. S. (2025). Pengaruh Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Daviena Skincare Di Kota Palembang. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 3(1), 40-53.
Andriana, N. A., Lu, C., & Kuswoyo, C. (2024). Efektivitas Pemasaran Media Sosial Tiktok Terhadap Peningkatan Volume Penjualan di Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan X). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 989-1002.
Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Skintific: Studi pada Masyarakat Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(3), 247-258.
Aqilah, Z. M., & Cahyono, K. E. (2024). Pengaruh Harga, Word of Mouth, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora Cosmetics (Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 13(1).
Azizy, A. R., Arifin, R., & Sholehuddin, S. (2024). Pengaruh Brand Trust, Brand Image, dan Klaim Logo Tasya Farasya Approved Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Generasi Z Di Kecamatan Sidoarjo. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 4176-4185.
Azhary, C. A., Brabo, N. A., & Iswati, H. (2024). Pengaruh Fear Of Missing Out (FoMO), Brand Image , dan Promosi Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Cahaya Mandalika, 5(2), 1155–1161.
Bila, S. M., & Marlena, N. (2024). PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SHOPEE PAYLATER. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 215-222.
Burke, R. R. 2002. Technology and The Customer Interface: What Consumers
Want in The Physical and Virtual Store. Journal of The Academy of
Marketing Science, 30(4), 411-432.
Damayanti, A., Arifin, R., & Rahmawati. (2023). Vol. 12. No. 01 ISSN?: 2302-7061. Riset, Jurnal Prodi, Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 12(01), 510–518.
Damopolii, A. A., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2025). Pengaruh Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif, Pengalaman Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Unsrat. Jurnal EMBA, 13(1), 195–205.
Darsono, J. T., Susana, E., & Prihantono, E. Y. (2020). Implementasi Theory of Planned Behavior terhadap Pemasaran Usaha Kecil Menengah melalui E-Commerce. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 206–215. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i2.5098
Deshinta Maia, Aini Pungki Sri Rahayu, & Syamsul Hidayat. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Produk Skintific Di Kalangan Milenial. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(2), 48–60. https://doi.org/10.54066/jikma.v2i2.1559
Devi, A. C., & Fadli, U. M. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 113–123.
Diniah, Z., Rosmanidar, E., & Fitrianova Andriani, B. (2023). Pengaruh Digital Payment ShopeePay dan Locus Of Control terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 8(2), 409–426. https://doi.org/10.30631/ijoieb.v8i2.2003
Engel, J., Blackwel, R.., Miniard, P. 2006. Consumer Behavior. 10th ed., pp. 4.
Canada: Thomson South-Western.
Febriyanti, Y., Suryasuciramadhan, A., Zulfikar, M., Nurhasanah, S., & Amalia, D. U. (2024). Penggunaan Media Sosial TikTok Produk The Originote Sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 11(1), 341–350. https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.6133
Fitriani, N., & Khasanah, N. (2025). Pengaruh Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Kebumen. 3, 24–30.
Hafsyah, A. H. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Transaksi Online (E-Commerce). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01, 94–103. http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/695%0Ahttp://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/download/695/266
Hikmah, J. (2017). PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN Nikmatur Ridha. 14(1), 62–70.
Indrawan, R., & Marbu Linko, B. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Pasar Tanah Abang. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(4), 1766–1776. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i4.3532
Jin, Y., Chen, F., Lingling, M. 2009. A Two-Stage Decision-Making Model of Online Consumer Behavior: Perspective of Image Theory. International Symposium on IEEC'09, 428-432.
Khongtong, J., Ab, Karim, M. S., Othman, M., Bolong, J. B. 2014. Reliability and Validity of Consumers’ Decision Making Investigation of Safe Street Food Purchasing, Pilot Study in Nakhon Si Thammarat, Thailand. Age, 20(30), 31-40.
Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.33019/hjmr.v3i1.1804
Linny, E. H., Hs, R., & Rispawati, D. (2025). Pengaruh Influencer Marketing , FoMO ( Fear of Missing Out ) , dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare The Originote di E-Commerce Shopee Pada Gen Z Kota Mataram. 6(1), 138–144.
Lova, T. K., & Raharjo, S. T. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP PURCHASE DECISION KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK DAN BRAND TRUST SEBAGAI MEDIATOR (Studi pada Konsumen Somethinc). Diponegoro Journal of Management, 12(3), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Maciel-Saldierna, M., Méndez-Garavito, I. R., Elizondo-Hernandez, E., Fuentes-Orozco, C., González-Ojeda, A., Ramírez-Ochoa, S., Cervantes-Pérez, E., Vicente-Hernández, B., Vázquez-Sánchez, S. J., Chejfec-Ciociano, J. M., & Cervantes-Guevara, G. (2024). Social Media Use and Fear of Missing out: An Exploratory Cross-Sectional Study in Junior High Students from Western Mexico. Pediatric Reports, 16(4), 1022–1033. https://doi.org/10.3390/pediatric16040087
Mardani, A. R., Nugroho, J. A., & Jurnal, U. N. S. A. (2024). KONSUMTIF UNTUK PRODUK FASHION MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNS SURAKARTA ANGKATAN 2021-2023. 12(3).
Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370–1385. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3543
Marwiyah, S. L., Ainulyaqin, M., & Edy, S. (2023). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Online Shopping Pada E-Commerce Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4279. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10783
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara?: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Ni, Y. (2024). Consumer Psychology in the Digital Age?: How Online Environments Shape Purchasing Habits. 7(5), 20–29.
Nurmalia, G., Mutiasari Nur Wulan, & Zathu Restie Utamie. (2024). Gaya Hidup Berbasis Digital Dan Perilaku Konsumtif Pada Gen Z Di Bandar Lampung: Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee. Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, 3(01), 22–32. https://doi.org/10.34001/jrei.v3i01.846
Nuryani, S., Pattiwael, W. P., & Iqbal, M. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif pada Pengguna Aplikasi Tiktokshop. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 444. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.567
Putra, K. F. A., Atmaja, N. P. C. D., & Manek, D. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen H&M di Kota Denpasar). Jurnal EMAS , 4, 1128–1142.
Rahmi, K. H. (2022). Fear of Missing Out dengan Nomophobia pada Mahasiswa. Social Philanthropic, 1(2), 23–30. https://doi.org/10.31599/sp.v1i2.1808
Roliyanah, T., Widjanarko, W., Sumantyo, F. D. S., & Siahaan, M. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja, Fear Of Missing Out, Dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Produk Miniso Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(8), 223–234. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i8.2242
Rukhmana, T. (2021). Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25. Jurnal Edu Research?: Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
Safitri, B. D., Syahrizal, A., & Saputra, O. (2023). Pengaruh literasi halal dan tingkat harga terhadap keputusan pembelian produk skincare. Journal of Islamic Economics and Finance, 1(4), 1–17.
Salsabilah, N., Musnaini, M., & Yuniarti, Y. (2024). The Influence of Content Marketing in the Tiktok Application and Online Customer Reviews on Purchasing Decisions for Skincare Skintific (Case Study of Generation Z in Jambi City). East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 3(7), 3065–3078. https://doi.org/10.55927/eajmr.v3i7.10127
Sani, P., Lestari, S. P., & Asyiah, A. K. (2024). The Effect Of Fear Of Missing Out ( FOMO ) And Viral Marketing On Consumer Shopee Purchasing Decisions In Generation Z In Tasikmalaya City Pengaruh Fear Of Missing Out ( FOMO ) Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Pada Generasi. 1(2), 139–154.
Sari, N. D., Prayitno, S. R., Azzam, A., Afghani, A., Kesehatan, P., & Semarang, U. I. N. W. (2025). Pengaruh FoMO Pada Promo Iklan Di TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Mahasiswa?: Ditinjau dari E-Commerce The Effect of FoMO on Advertising Promos on TikTok on Purchasing Decisions By Student?: Viewed from E-Commerce. X, 10148–10159.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Sasmitha, H., Cahyati, A. S., Ikhsanul, R., & Saragi, M. P. D. (2022). Pentingnya Psikologi Pendidikan Bagi Generasi Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 147–156. journal.Unipdu.ac.id/index.php/jpi/index
Satria, E. (2023). Brand Image , Persepsi Harga , DAN Kualitas Produk ( Studi Kasus Pada Toko Bangunan Berkah Desa Lempur Danau ). Journal of Economic, Management, Business, and Accounting, 4(2), 1–11.
Sekar Dinny, D. A., & Purwanto, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Perilaku Konsumtif Fans NCT Dream terhadap keputusan Pembelian Mie Lemonilo. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 762. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.622
Siregar, R. M., Susanti, N., & Aslami, N. (2022). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Berbelanja di E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Gender: As-Syirkah: Islamic Economic & Financial Journal, 2(2), 115–128. https://doi.org/10.56672/syirkah.v2i2.48
Soemarsono, A. A. W., Vernanda, H., Roselawati, L., & Safitri, A. C. (2024). Budaya Konsumerisme Pekerja Kafe di Wilayah Jember Kota. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 347–361. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.773
Solomon, M., Bamossy, G., Askegaard, S., Hogg, M. K. 2006. Consumer Behavior–A European Perspective, 3rd Edition, England: Pearson Education Limited
Solomon, M., R. 2011. Consumer Behavior (Buying, Having, and Being). Ninth Edition. Pearson Education.Inc, New Jersey
Suhartini, & Maharani, D. (2023). Peran Fear Of Missing Out (FoMO) Dalam Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Economics and Digital Business Review, 4(2), 349–356.
Syafaah, N., & Santoso, I. H. (2022). Fear of Missing Out dan Korean Wave?: Implikasinya pada Keputusan Pembelian Kosmetik asal Korea. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 405–414. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.239
TiffaErsantika Alhamdina, T., & Hartono, A. (2023). The Impact Of Brand Awareness, Brand Reputation, And Perceived Economic Benefits On Brand Trust And Online Purchase Intentions For Skintific Products On The Tiktok Shop Platform. International Journal of Science, Technology & Management, 4(3), 653–665. https://doi.org/10.46729/ijstm.v4i3.832
Tripambudi, B., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 7(2), 597–603. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21683
Wachyuni, S. S., Namira, S., Respati, R. D., & Teviningrum, S. (2024). Fenomena Fear Out Missing Out (Fomo) Terhadap Keputusan Pembelian Restoran Viral Karen’S Diner Jakarta. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 13(1), 89–101. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1382
Wahida, N., Burhanuddin, Haeruddin, M. I. W., Musa, M. I., & Aslam, A. P. (2024). Pengaruh Fear Of Missing Out Dan Brand Trust Terhadap KeputusanPembelian Produk The Originote(Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan BisnisUniversitas Negeri Makassar). EBISMAN?: EBisnis Manajemen, 2(1), 30–43.
Watulingas, D. P., Jan, A. B. H., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Maybelline di Gerai Mantos 2 Manado. Jurnal EMBA, 10(4), 659–670.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |