PERBRDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN KEPERAWATAN ANTARA PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI BANGSAL KELAS III RSUD KRATON KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2016
Pengarang : Edi Anggoro, Irnawati
Kata Kunci   :Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan, BPJS
Rumah sakit merupakan suatu jasa pemberi layanan kesehatan yang harus mampu memberikan kepuasan pada para pengguna, sehingga pelayanan terbaik mendapatkan kepuasan. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Hal itu didapatkan dengan cara pelayanan yang baik. Banyak masyarakat yang mengeluh tentang pelayanan kesehatan mengenai masyarakat yang menggunakan BPJS kelas III tentang pelayanan yang diberikan oleh petugas penyedia layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan antara pasien BPJS dan Non BPJS di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Desain penelitan ini menggunakan deskriptif analitik yang bersifat komparatif dengan pendekatan cross sectional, sampel sebanyak 82 pasien dengan 42 pasien BPJS dan 40 pasien Non BPJS dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan pasien pengguna BPJS 29 (69,0%) pasien menyatakan puas dan 13 (31,0%) pasien menyatakan cukup puas sedangkan pasien pengguna Non BPJS 33 (82,5%) pasien menyatakan puas dan 7 (17,5%) pasien menyatakan cukup puas. Kesimpulan penelitian ini dengan uji Spearman rank tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS dalam pelayanan keperawatan denganp value = 0,160.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2016 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |