GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR KB SUNTIK 3 BULAN TERHADAP PELAYANAN KB DI PUSKESMAS KEDUNGWUNI I KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Elok Labibah, Emi Nurlaela
Kata Kunci   :Kepuasan Akseptor KB Suntik 3 Bulan, Pelayanan KB
ABSTRAK
Elok Labibah1, Emi Nurlaela2
Gambaran Tingkat Kepuasan Akseptor KB Suntik 3 Bulan Terhadap Pelayanan KB Di Puskesmas Kedungwuni I Kabupaten Pekalongan
xiv + 59 halaman + 6 tabel + 1 skema + 11 lampiran
Keluarga Berencana merupakan upaya pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Peningkatan kualitas pelayanan KB perlu dilakukan oleh puskesmas untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan akseptor KB suntik 3 bulan terhadap pelayanan di Puskesmas Kedungwuni I Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bersifat deskriptif. Tehnik pengambilan sampel dengan accidental sampling sebanyak 32 responden. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil validitas kuesioner terhadap 20 responden yaitu 0,451-0,919 dan hasil reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha yaitu 0,961. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 13 (40,6%) responden menyatakan sangat puas dan 9 (28,1%) responden menyatakan sangat tidak puas. Pernyataan reponden pada kategori puas sebanyak 22 (68,8%) yaitu kontrasepsi yang diberikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Pernyataan pada kategori tidak puas sebanyak 15 (46,9%) yaitu petugas kurang tanggap dengan keluhan. Saran untuk Puskesmas sebaiknya petugas senantiasa meningkatkan komunikasi selama tindakan untuk tercapainya kualitas pelayanan yang memuaskan pada dimensi kehandalan.
Kata kunci : Kepuasan akseptor KB suntik 3 bulan, Pelayanan KB
Daftar pustaka : 44 (2003 – 2018)
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2019 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |