Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK SYARIAH DAN NISBAH BAGI HASIL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN TABUNGAN MUDHARABAH PADA NASABAH KOSPINMU SURYA MENTARI KARANGANYAR


Pengarang : Retno Dwi Ningsih, Sobrotul Imtikhanah, Saeba


Kata Kunci   :Pengetahuan Produk Syariah, Nisbah Bagi Hasil, Keputusan Nasabah

Tabungan Mudharabah merupakan salah satu produk lembaga keuangan syariah yang menawarkan keuntungan berdasarkan prinsip bagi hasil antara nasabah dan lembaga keuangan syariah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan tabungan mudharabah yaitu pengetahuan produk syariah dan nisbah bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk syariah dan nisbah bagi hasil terhadap keputusan penggunaan tabungan mudharabah pada nasabah KospinMu Surya Mentari Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik purposive sampling sebanyak 99 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan produk syariah dan nisbah bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan tabungan mudharabah.

Referensi

Ajzen, I. (1985). From Intention to Action: A Theory of Planned Behavior. Springer.

Ansori, A. G. (2007). Perbankan Syariah di Indonesia. UGM Press.

antaranews.com. (2023, October 13). OJK: Pangsa pasar perbankan syariah Indonesia tumbuh jadi 7,3 persen. Antara News. https://www.antaranews.com/

Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek. Gema Insania.

Azryan, F. H., Nuryanti, & Riva’i, A. A. (2023). Dampak Ekonomi Konversi Koperasi Konvensional Menjadi Koperasi Syariah. Journal of Sharia and Law2(2), Article 2.

Daniel, Z. (2019). Pengaruh Bagi Hasil Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah.

Darma, B. (2023). Statistika Penelitian Menggunakan Spss(Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA.

Dwi, F. (2023). Koperasi Syariah: Pengertian, Manfaat, Prinsip & Bentuk Usaha. KAN Jabung Syariah Jawa Timur. https://www.kanjabung.com/koperasi-syariah-penjelasan-lengkap/

Elvera, Dr., & Astarina, Y. (2021). Metodologi PenelitianPenerbit Andi.

Fatwa – DSN-MUI. (n.d.). Retrieved February 1, 2024, from https://dsnmui.or.id/kategori/fatwa/

Ghofur, A. (2017). Pengantar Ekonomi Syariah: Konsep Dasar, Paradigma,  Pengembangan Ekonomi Syariah. Rajawali Press.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F. et al. (2011). Multivariate Data Analysis (Fifth Edition). Prentice Hall, Inc.

Haryono, S. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Manajemen: Teori Dan Aplikasi. PT. Intermedia Personalia Utama.

Huda, N., & Heykal, M. (2010). Lembaga Keuangan Islam. Kencana.

Hutagalung, M. W. R., & Batubara, S. (2021). Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam7(3), Article 3.

Ismail. (2016). Perbankan Syariah. Pranademedia Group.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Maski, G. (2010). Analisis Keputusan Menabung: Pendekatan  Komponen Dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah Di  Malang. Journal Of Indonesian Applied Economics4, No. 1.

Maya, R. (2023). Analisis Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Tentang Produk Tabungan Mudharabah Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Kantor Pusat Bprs Bumi Artha Sampang Kabupaten Cilacap Dengan Minat Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Intervening

Muhamad. (2004). Etika Bisnis Islami. UPP AMP YKPN.

Muhamad Nurul, K. (2022). Pengaruh Bagi Hasil, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Tabungan Mudharabah (Studi Kasus Di Bprs Khasanah Ummat Tambaksari, Kembaran, Banyumas).

Ningsih, L. A. (2020). Peran Koperasi Syariah Dalam Pengembangan Ukm Sebagai Layanan Pemberi Modal Kegiatan UsahaAl-Iqtishad: Jurnal Ekonomi Syariah1(2), 145–166.

OJK. (2023). https://www.ojk.go.id/id/Default.aspx

Peter, J. P., & Donnelly, J. H. (2007). Marketing Management: Knowledge and Skills. McGraw-Hill/Irwin.

Rachbini, W., Rachbini, D., & dkk. (2021). Metode Riset Ekonomi & Bisnis: Analisis Regresi-SPSS & SEM-Lisrel. INDEF.

Rahmawati, A., Rahma, E., & Syuhada, D. (2022). Sistem Operasional Syariah (Bagi Hasil / Profit Sharing).

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika3(2), Article 2.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Savitri, F. (2020). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Tabungan Negara Syariah Semarang.

Shalahudin, B. Y. (2021). Understanding Syirkah Jilid 1 BBR Institute. Bebas Riba Institute.

Siregar, M.M, I. S. (2023). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.

Store, D. (2023, July 4). Hipotesis Penelitian: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Cara Membuat [Panduan]. Deepublish Store. https://deepublishstore.com/blog/pengertian-hipotesis/

Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Vol. 8). Alfabeta. Bandung.

Suwarman, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Umami, R. (2020). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Gaya Kepemimpinan  Dan Motivasi Terhadap Kinerja ManajeriaL7 No 1, januari 2020, 1–12.

Yuliawan, E. (2011). Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil1(1), Article 1.

Yupitri, E., & Sari, R. L. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan (Vol. 1). University of North Sumatra.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia