Analisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap swamedikasi obat di apotek se-kabupaten pemalang
Pengarang : Nur Mufidah, Dwi Bagus Prambudi, Wiras
Kata Kunci   :Obat, swamedikasi, tingkat kepuasan,consecutive sampling
Swamedikasi yaitu upaya untuk menggunakan atau memperoleh obat tanpa resep, saran dokter, resep, pengawasan terapi ataupun penggunaan obat untuk pengobatan diri sendiri tanpa konsultasi dengan petugas kesehatan. Menurut data BPS tahun 2019 masyarakat Indonesia yang melakukan pengobatan sendiri (swamedikasi) untuk pengobatan modern sebesar 88,29% dan pengobatan tradisional 27,71%. Tingkat kepuasan konsumen merupakan indikator yang digunakan untuk mengevaluasi suatu mutu pelayanan.Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui kepuasan pelanggan yang melakukan swamedikasi dengan tingkat kepentingan pelayanan obat di beberapa apotek yang ada di wilayah Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik consecutive sampling dengan menggunakan analisis univariat. Jumlah responden yang di peroleh adalah sebanyak 110 responden dari 55 apotek. Seluruh responden tersebut mengisi kuisioner yang dibagikan sipeneliti pada saat responden berkunjung ke apotek yang di jadikan tempat penelitian. Dari hasil penelitian ini didapatkan disimpulkan bahwa nilai tingkat capaian responden yaitu 73,6 % yang termasuk kategori puas
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2021 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |