Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat generasi Z di Pekalongan dalam pengambilan keputusan investasi logam mulia, dengan memfokuskan pada peran media sosial sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara pengetahuan investasi, literasi keuangan, dan persepsi risiko terhadap keputusan investasi logam mulia pada generasi Z di Pekalongan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis survei dengan penyebaran kuesioner secara daring kepada minimal 170 responden yang dipilih berdasarkan karakteristik demografis, meliputi jenis kelamin, tahun kelahiran, pekerjaan, dan tingkat pendapatan. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan program SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan investasi, literasi keuangan, dan persepsi risiko memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap keputusan investasi logam mulia pada generasi Z di Pekalongan. Selain itu, media sosial terbukti memoderasi hubungan antara ketiga variabel independen tersebut dengan keputusan investasi logam mulia secara negatif, yang mengindikasikan bahwa keberadaan media sosial dapat memperlemah pengaruh pengetahuan investasi, literasi keuangan, maupun persepsi risiko terhadap keputusan investasi logam mulia. Temuan ini memberikan implikasi bahwa meskipun media sosial menjadi salah satu sumber informasi populer di kalangan generasi Z, kehadirannya justru berpotensi mengurangi efektivitas faktor-faktor internal dalam proses pengambilan keputusan investasi. Generasi Z disarankan untuk memverifikasi sumber informasi agar keputusan investasi logam mulia didasarkan pada data yang valid, bukan sekadar opini di media sosial.
Adhima, R. F., Lukita, C., & Nadeak, T. (2024). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi dan LiterasiKeuangan terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 4722 – 4738.
Afifah, & Farid, A. (2023). Analisis Minat Masyarakat Berinvestasi Emas Melalui Produk Pembiayaan Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2879-2900.
Alfiyah, H., Ambardi, & Novida, I. (2024). Analisis Pengaruh Sosial Media, Risk Perception dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi di Pasar Modal Pada Kalangan Milineal. JURNAL MANEKSI, 13(1), 216-225.
Amanda, Widagdo, B., & Fitriasari, F. (2023). The Effect of Financial Literacy, Personal Income, and Locus of Control in Long-Term Gold Investment Decision. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 3(2), 120-129.
Arianti, B. F. (2020). Pengaruh Pendapatan dan Perilaku Keuangan Terhadap Literasi Keuangan melalui Keputusan Berinvestasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi.
Aris, W. M., & Ari, S. (2024). PENGARUH PENDAPATAN, PENGETAHUAN INVESTASI, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT INVESTASI TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN PADA GEN Z DI WILAYAH SOLO RAYA. Jurnal Studi Inovasi, 4(1), 36-44.
Artini, N. L., & Darma, G. S. (2024). Determinants of gold investment decisions on generation Z in Bali. International Journal of Economic Perspectives, 18(1), 1-18.
Gustika, G. S., & Yaspita, H. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa STIE Indragiri Rengat. Jurnal Manajemen dan Sains, 6(1), 261-269.
Handayani, C. O., & Marbun, J. (2023). Pengaruh Digitalisasi, Gaya Hidup, dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Emas Melalui PT Pegadaian (Studi Kasus pada Generasi Z di Jabodetabek). PROSIDING SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN, 3.
Huston, & J., S. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs.
Indah, A., Nazori, M., & Rohana. (2023). Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan Dan Kualitas PelayananTerhadap Minat Nasabah Menabungan Emas Di Unit Pegadaian Terhadap Minat Nasabah Menabung Emas Di Unit Pegadaian Syariah UIN STS Jambi. Journal of Economics and Business Management, 2(1), 227-243.
Isu, P. D., Muga, M. P., Pau, S. P., & Ballo, F. W. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Tingkat Financial Literacy dan Faktor Umur Terhadap Keputusan Investasi Emas Pada Pegadaian SoE. Behavioral Accounting Journal, 5(2), 143-157.
Karman, P., & Fathihani. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan, dan Sistem Pembayaran terhadap Minat Investasi Emas Digital pada Generasi Milenial (Studi pada Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara Jakarta). Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 1(3), 133-142.
Khurotul, F., & Amma, F. (2023). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas, Promosi, Dan Resiko Investasi Terhadap Minat Masyarakat Pada Produk Tabungan Emas. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN), 2(3), 164-175.
Khurram, A. K., Mohammed, A. A., & Pankaj, K. T. (2020). Perceived usefulness of social media in financial decision-making: differences and similarities. Innovative Marketing, 16(4), 145-154.
Kurniati, P. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Reputasi, Norma Timbal Balik Dan Hubungan Yang Diharapkan Terhadap Perilaku Berbagi Pengetahuan Di Media Sosial. Jurnal Neraca, 18(1), 43-61.
Landang, R. D., Widnyana, I. W., & Sukadana, I. W. (2021). PENGARUH LITERASI KEUANGAN,PERILAKU KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR. Jurnal EMAS, 2(2), 51-70.
Loprang, W. R., Saerang, I. S., & A Lintong, D. C. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN EFIKASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MASYARAKAT MALALAYANG DUA LINGKUNGAN DUA. Jurnal EMBA, 10(1), 1295-1304.
Manik, N. N., Fadillah, P. I., & Jannah, N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT GENERASI Z DALAM BERINVESTASI TABUNG EMAS PADA PEGADAIAN DIGITAL SYARIAH. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(4), 637-646.
Mohta, A., & Shunmugasundaram, V. (2023). Moderating role of millennials’ financial literacy on the relationship between risk tolerance and risk investment behavior: evidence from India. International Journal of Social Economics.
Mualim, A. S., Basuki, F. H., & Latuamury, J. (2023). PENGARUH LOCUS OF CONTROL, FINANCIAL LITERACY, DAN INCOME TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI EMAS(STUDI EMPIRIS PADA NASABAH PRODUK MULIA DI PT. PEGADAIAN(PERSERO) CABANG AMBON). Jurnal Akuntansi, 9(2), 91-108.
Nadya, S. N., & Lutfi, L. (2020). The influence of risk perception, risk tolerance, overconfidence, and loss aversion towards investment decision making. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 21(3), 401-413.
Nawastha, C. H., & Alversia, Y. (2020). Pengaruh Customer Engagement di Media Sosial terhadap Intimacy pada Produk Fashion Lokal Indonesia. Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia, 43(2), 1-14.
Nisa, C., & Widyasari, S. (2023). The Influence Of Product Knowledge, Risk Perception, And Company Image On Purchasing Decisions (Study On Gold Saving Product At PT Pegadaian CP Jepara). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7135-7143.
Nurul, U., Nur, F., & Indria, P. L. (2024). PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN, FLUKTUASI HARGA EMAS, KUALITAS PELAYANAN DAN LITERASI KEUANGANTERHADAP MINAT NASABAH BERINVESTASI MELALUI CICIL EMAS DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG MASBAGIK. Jurnal Risma, 4(2), 328-341.
Pratiwi, P., & Atmoko, A. D. (2023). EFEK MEDIASI PERILAKU KEUANGAN PADA PENGARUH LITERASIKEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI BAGI PELAKU UMKM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Keunis, 11(1), 13-26.
Putra, C. I., Widjanarko, W., Carlos, G. J., Meutia, K. I., Hasanuddin, Siagian, R., & Sobari, M. (2024). Personal Finance Millenial Generation : Determination of Mediation of Investment Intention on the Influence of Investment Knowledge and Returns on Investment Decisions on Gold Instruments in Bekasi City. DINASTI INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, FINANCE, AND ACCOUNTING (DIJEFA), 5(2), 552-560.
Putri, I. D., & Sudiyatno, B. (2023). The Influence Of Financial Literacy, Herding And Regret Aversion Bias On The Investment Decisions Of The Millenial Generation. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 4198-4209.
PUTRI, I. H., & SASONTO, A. (2024). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ekono Insentif, 18(1), 34-46.
Rinwantin, & Taufiq, A. S. (2021). MINAT GENERASI Z DALAM BERINVESTASI TABUNG EMAS PADA PEGADAIAN DIGITAL SYARIAH. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 5(3), 203-211.
Riztami, R. S., Supaino, & Rizal, A. (2022). PENGARUH DIGITALISASI, MOTIVASI DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN. Konferensi Nasional Sosial dan Engineering, 653-662.
Sartika, F., & Humairo, N. (2021). Literasi Keuangan dan Faktor Sosiodemografi terhadap Keputusan Investasi melalui Bias Perilaku. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 164–177.
Setiawati, A. A., & Venusita, L. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL, EDUKASI PASAR MODAL DAN PENGGUNAAN ANALISIS FUNDAMENTAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL (STUDI PADA MASASISWA INVESTOR SAHAM DI SURABAYA). JURNAL REVENUE Jurnal Akuntansi, 5(1), 1015-1025.
Siska, A., & Muniaty, A. (2024). FACTORS INFLUENCING GENERATION Z'S PURCHASING INTENTION IN BSI MOBILE GOLD INSTALLMENTS. Jurnal Perbankan Syariah, 5(2), 354-369.
Suhendar, D., & Fahamsyah, M. H. (2024). The Effect of Financial Literacy, Income, and Financial Behaviour on Gen-Z Investment Decisions in Bekasi Regency. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 655-664.
Sulistyowati, A., Rianto, M. R., Handayani, & Bukhari, E. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Return dan Resiko terhadap Keputusan Investasi Generasi Milenial Islam di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2).
Susanti, A., Farida, A., & Ardyan, E. (2023). Does Financial Literacy Affect Decisions Regarding Gold Investments? Risk Perception, Income, and Financial Behavior of the Surakarta Community. International Journal of Economics, Business and Management Research, 7(12), 142-162.
Widjanarko, W., Hadita, H., Saputra, F., & Cahyanto, Y. D. (2023). Determinasi Kemudahan Akses Informasi Bagi Keputusan Investasi Gen Z. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(4), 248-264.
Yulianis, N., & Sulistyowati, E. (2021). The Effect Of Financial Literacy, Overconfidence, And Risk Tolerance On Investment Decision. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 4(1), 61-71.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |