Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

ANALISIS PANGGILAN KEGAWATDARURATAN SEBELUM, SELAMA DAN SESUDAH PANDEMI COVID-19 DI PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 PANTURA


Pengarang : Harun Al Rosit, Benny Arief Sulistyanto


Kata Kunci   :Kegawatdaruratan, Public Safety Center (PSC) 119, Covid-19

Public Safety Center (PSC) merupakan pusat layanan kegawatdaruratan berbasis telekomunikasi 119, selama perkembangan COVID-19 di indonesia, laporan panggilan kegawatdaruratan dari berbagai lokasi di seluruh dunia menunjukkan peningkatan besar dalam volume panggilan layanan kegawatdaruratan, di indonesia informasi mengenai dampak panggilan masih sangat terbatas, secara khusus tidak diketahui mengenai kasus pada pelayanan gawat darurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data kegawatdaruratan di PSC 119.
Metode : Dalam penelitian ini adalah menganalisis data sekunder, di 5 wilayah pantura Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes. Analisa data pada penelitian ini adalah analisa univariat dalam bentuk frekuensi dan presentase.
Hasil : secara total terdapat kenaikan 230% kasus emergency selama pandemi covid-19 dan terjadi penurunan drastis setelah pandemi hingga 18%, sedangkan kasus non-emergency terdapat kenaikan 3,5 kali lipat yaitu 785% selama pandemi covid-19 dan terjadi penurunan drastis setelah pandemi hingga 17%.
Simpulan : selama perkembangan covid-19 panggilan mengenai kasus non-emergency telah mengalami kenaikan signifikan hampir 3,5 kali lipat selama pandemi secara total dari 5 wilayah, dalam hal ini juga memberi dampak pada layanan kesehatan mengenai kesadaran pentingnya layanan kesehatan.

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2023
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia