Hubungan Kecanduan game online dengan kejadian insomnia pada remaja di SMPN 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan
Pengarang : Belliana Febbyanti, Neti Mustikawati
Kata Kunci   :kecanduan game, insomnia
Latar Belakang : Kecanduan game online pada remaja menunjukkan bahwa semakin tinggi kecanduan game
online maka semakin parah tingkat kejadian insomnia. Remaja dianggap lebih sering dan rentan kecanduan
bermain game online daripada orang yang sudah dewasa, dikarenakan remaja lebih suka mencoba hal-hal
baru yang belum pernah sebelumnya untuk mendapatkan kesenangan. Tujuannya untuk mengetahui
hubungan kecanduan game online dengan kejadian insomnia pada remaja di SMP N 3 Kesesi Kabupaten
Pekalongan
Metode : Desain penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dengan
menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling dengan 105
responden. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner Game Addiction Scale (GAS) dan kuesioner Insomnia
Severity Indexs (ISI). Analisa data menggunakan uji Spearman Rank.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan variabel kecanduan game online didapatkan hasil penelitian
menunjukkan 30 responden (28,6%) mengalami kecanduan ringan, dan 20 responden (28,6%) mengalami
insomnia ringan. Hasil uji Spearman Rank menunjukkan bahwa p value 0,000 (p < 0,05) yang berarti Ho
ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan kecanduan game online dengan kejadian insomnia pada
remaja di SMP N 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan.
Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukkan variabel kecanduan game online didapatkan hasil penelitian
menunjukkan 30 responden (28,6%) mengalami kecanduan ringan, dan 20 responden (28,6%) mengalami
insomnia ringan. Hasil uji Spearman Rank menunjukkan bahwa p value 0,000 (p < 0,05) yang berarti Ho
ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan kecanduan game online dengan kejadian insomnia pada
remaja di SMP N 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan.
Kata kunci : Kecanduan Game Online, Insomnia
Daftar pustaka : 15 jurnal , 12 buku (2009-2023)
Referensi
Anggraini, V.N & Ratnawati, D (2022). Perilaku
Bermain Game Online Terhadap Insomnia
Pada Remaja Di Bogor, Jurnal Keperawatan
Muhammadiyah 7 (1) 2022. Di unduh pada
tanggal 26 april 2024 dari http://journal.um-
surabaya.ac.id/index.php.JKM
Astuti & Burhanto (2018). Hubungan Kecanduan
Game Online dengan Kualitas Tidur
Siswa/siswi di SMP N 24 Samarinda. Diakses
pada tanggal 11 juli 2024 dari
https://dspace.umkt.ac.id/bitstream/handle/463.
2017//935/SKR
Databoks (2022). Jumlah Gamers Indonesia
Terbanyak Ketiga di Dunia. Diakses pada
tanggal 25 januari 2024 dari
https://databoks.katadata.co.id/
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud).
(2023). Data Pokok Pendidikan SMP N 3
Kesesi Kabupaten Pekalongan. Diunduh
tanggal 22 Januari 2024 dari:
https://depo.kemendikbud.go.id
Donsu, T. D. J. (2016). Metodelogi Penelitian
Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Gofir, A., Astuti., Utami I.K.D dkk (2018). Panduan
Tatalaksana Gangguan Tidur. Jakarta:Cv
Agung Seto
Goodstats (2023). Perkembangan Industri Game
Dunia, 48% Pemainnya Berasal dari Asia-
Pasifik. Diakses pada tanggal 21 Januari 2024
dari https://goodstats.id/
Huda, Miftachul. (2020). Mengatasi Insomnia Secara
Alami. (N.P): New Media
Kartika, I. I. (2017). Dasar – dasar Riset
Keperawatan dan Pengolahan Data Statistik.
Jakarta: Trans Info Media
Kompas (2018). WHO Resmi Tetapkan Kecanduan
Game Sebagai Gangguan Mental. Diakses
pada tanggal 21 Januari 2024 dari
https://sains.kompas.com/
Lemmens, S.J., Valkenburg, M.P & Peter, J (2009).
Development and Validation of a Game
Addiction Scale for Adolescents. Media
Psychology, 12:77-95,2009. Routledge Taylor &
Francis Group, LLC. DOI:
10.1080/15213260802669458. Diunduh pada
tanggal 23 desember 2023 dari:
http//www.tandfonline.com/loi.hmep20
Luas, Marawis, & Wowor (2019). Internet Gaming
Addiction, Problematic Use of the Internet,
and Sleep Problems: A Systematic Review.
Current Psychiatry Report, 16(4).
Doi:10.1007/s11920-014-0444-1.
Mais, F. R., Rompas, S. S. J., & Gannika, L. (2020).
Kecanduan game online dengan insomnia pada
remaja. 8, 18–27. Diakses tanggal 16 desember
2023 dari https://scholar.google.com/
Masriadi, H., Baharuddin, A., Samsualam. (2021).
Metodelogi Penelitian Kesehatan Kedokteran
dan keperawatan. Jakarta Timur: CV. Trans
Info Media
Newzoo (2023). New free report: Explore the global
games market in 2023. Diakses pada tanggal 21
Januari 2024 wib dari https://newzoo.com/
Ns Development (2022). Insomnia Sebuah Gangguan
Tidur Yang Perlu Dipahami. Diakses pada
tanggal 23 Januari 2024 dari https://nsd.co.id/
Nurdilla, N (2018). Hubungan kecanduan game
online dengan kualitas tidur remaja. Diakses
tanggal 15 juli 2024 dari
https:jom.unri.ac.id/index.php
Permanasari, I,. Mianna, R,. & Wati, S.Y. (2021).
Remaja Bebas Anemia melalui Peran Teman
Sebaya. Sleman:Gosyen Publishing
Pratiwi, E. Y. R., Rochmania, D. D., Asmarani, R., &
Edi, M. B. (2019). Positif Negatif Game Online
Pengaruh Fenomena Game Online Terhadap
Prestasi Belajar. Jombang:Lppm Unhasy
Rosalina, L., Oktarina, R (2023). Buku Ajar Statistika.
CV. Muharika Rumah Ilmiah. Diakses pada
tanggal 1 Agustus 2024.
Shahid, A et.,al (2012). Stop, That and One Hundred
Other Sleep Scales. Insomnia Severity Indeks
(ISI). Springer Science dan Business Media,
LLC 2012. DOI: 10.1007/978-4419-9893-4
43
_
Syapitri, H., Amila., Aritonang, J. (2021). Buku Ajar
Metodelogi Penelitian Kesehatan. Malang:
Ahlimedia Press
Tim Promkes RSSI. (2022). Kementerian Kesehatan
Republik Indonesia: Yuks Mengenal Gangguan
Tidur. Diambil kembali dari Sehat Negriku.
Diakses tanggal 23 Januari 2024 dari:
https://yankes.kemkes.go.id/
Triastutik, W., Lumadi, A. S., Firdaus, D. A (2022).
Kualitas Tidur Berhubungan Dengan Insomnia
Pada Mahasiswa Keperawatan Semester Akhir.
PROFESIONAL HEALTH JOURNAL.
Volume 4, Nol, Bulan Desember Tahun 2022
(hal. 10-17) Diakses pada tanggal 22 April 2024
dari
https://www.ojsstikesbanyuwangi.com/index.p
hp/PHJ
Trisnani, P.R & Wardani Y.S. (2018). Stop
kecanduan game online mulai sekarang.
Madiun:Unipma Press
Ulkhaq, M. M., Rozaq, R., Ramadhani, R., Heldianti,
R., Fajri, A., & Akshinta, P.Y (2018). Validity
and Reliability Assesment of the Game
Addiction Scale: An Empirical Finding from
Indonesia. Association for Computing
Machinery, 120-123.
Widyawati. (2018). Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia: Kecanduan Game Adalah
Gangguan Perilaku. Diambil kembali dari
Sehat Negriku. Diakses tanggal 23 Januari 2024
dari: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |