Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Penerapan Terapi Bermain Ular Tangga Pada Anak Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di RSUD Bendan
Pengarang : Akbar Ghofirin, Siti Rofiqoh
Kata Kunci   :terapi bermain

Hospitalisasi merupakan pengalaman yang menegangkan bagi anak usia prasekolah karena menghadapi lingkungan asing, prosedur medis, dan perpisahan dari orang tua. Kondisi ini sering kali memicu kecemasan yang dapat mengganggu proses penyembuhan. Terapi bermain, seperti permainan ular tangga, dipilih karena mudah dimainkan, menarik, bersifat edukatif, dan mampu mengalihkan perhatian anak dari rasa takut dan nyeri. Studi kasus ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan terapi bermain ular tangga terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi. Rancangan karya tulis ilimiah ini berupa studi kasus. Subjek studi kasus ini adalah 1 anak usia 5 tahun yang dirawat di RSUD Bendan dan mengalami kecemasan. Studi kasus ini dilakukan selama 3 hari dengan intervensi pemberian terapi bermain ular tangga 1x/hari selama 30 menit. Kecemasan diukur menggunakan skala Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Hasil studi kasus menunjukkan adanya penurunan skor kecemasan, dari hari pertama skor awal 26 dan hari ketiga menjadi 0. Kesimpulan: Terapi bermain ular tangga dapat menurunkan kecemasan anak prassekolah akibat hospitalisasi. Saran bagi perawat terapi bermain ular tangga dapat digunakan sebagai salah satu intervensi keperawatan untuk mengurangi kecemasan anak prasekolah selama hospitalisasi.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfiyanti, L., Hartiti, T., & Samiasih, E. (2012). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Andayani, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andri, M., et al. (2021). Dampak Kecemasan Berlebihan terhadap Sistem Kekebalan Tubuh. Jakarta: Gramedia.

Aprianiy, R. (2018). Pengaruh Hospitalisasi terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah. Bandung: Alfabeta.

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Kesehatan Anak di Indonesia Tahun 2023. Jakarta: BPS. https://www.bps.go.id

DDP PPNI. (2017). Standar Pengkajian Keperawatan pada Pasien dengan Gangguan Kecemasan. Jakarta: Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Della, N. (2023). Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah di RSUD Kabupaten Bekasi Akibat Hospitalisasi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 2188-2200. 

Dwi, L. (2019). Standar Operasional Prosedur Terapi Bermain Ular Tangga pada Anak Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Halimah, S. (2019). Efektivitas Terapi Bermain dalam Mengurangi Kecemasan Anak selama Hospitalisasi. Jakarta: Salemba Medika.

Ilhami, R., et al. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Keperawatan Anak. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Livia, T. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Jenga Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Akibat Hospitalisasi Di Murni Teguh Memorial Hospital. Indonesian Trust Nursing Journal (ITNJ), volume 1, No. 1 

Maisyarah, D., & Firman, H. (2019). Permainan sebagai Media Edukasi Anak. Jakarta: EGC.

Mendri, D., & Prayogi, F. (2015). Konsep Dasar Hospitalisasi pada Anak. Bandung: Alfabeta.

Nurlaila, R. (2018). Terapi Bermain sebagai Pendekatan Psikologis dalam Keperawatan Anak. Yogyakarta: Andi Publisher.

Nursalam. (2016). Etika dalam Penelitian Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Padila, et al. (2021). Kecemasan pada Anak: Faktor Penyebab dan Penanganannya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2016). Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC.

Pujiati, R. (2021). Jenis-jenis Terapi Bermain dalam Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Risdiana, Rani. (2023). Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Selama Hospitalisasi di RSUD Kabupaten Bekasi. Innovative: Journal Of Social Science Research 3 (3), 2188-2200. 

Saputro, H., & Fazrin, R. (2017). Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) sebagai Instrumen Pengukuran Kecemasan pada Anak dan Dewasa. Jakarta: Pustaka Medika.

SDKI, PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI). Jakarta: PPNI.

SIKI, PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI). Jakarta: PPNI.

SLKI, PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI). Jakarta: PPNI.

Spence, S. H., et al. (2011). Anxiety Disorders in Preschool Children: Diagnosis and Treatment Approaches. New York: Springer.

Stuart, G. W., & Sundeen, S. J. (2020). Prinsip dan Praktik Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Suliswati. (2015). Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Gangguan Psikososial. Jakarta: Salemba Medika.

Supartini, Y. (2017). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Suriadi, et al. (2010). Keperawatan Anak dan Remaja: Pendekatan Holistik. Yogyakarta: Andi.

Sutini, R. (2018). Dampak Hospitalisasi terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Tsai, H. (2009). Child Anxiety and Hospitalization: A Review of Psychological Effects and Interventions. Taipei: Taiwan Medical Journal.

Utari, R. (2014). Hospitalisasi Anak: Dampak Psikologis dan Strategi Penanganan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Vera, N. N. (2021). Strategi Manajemen Kecemasan pada Anak selama Hospitalisasi. Jakarta: Salemba Medika.

Wahjono, S. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Surabaya: Universitas Airlangga Press.

Yanti, R., & Alfathona, M. (2019). Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Dampaknya terhadap Kesehatan Mental. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Yusuf, M. (2018). Psikologi Bermain Anak: Konsep dan Aplikasi dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia