HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI UPTD PUSKESMAS SUKOREJO I
Pengarang : Budi Purnomo, Nur Izzah Priyogo
Kata Kunci   :BPJS, KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN, KEPUASAN PASIEN
Peningkatan kualitas pelayanan mutlak perlu dilakukan oleh unit pelayanan kesehatan termasuk Puskesmas dalam menghadapi era globalisasi. Salah satu upaya mendapatkan kepuasan pasien adalah dengan meningkatkan kualitas pelayananpada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS di UPTD Puskesmas Sukorejo I Kabupaten Kendal. Penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional adalah kepuasan pasien BPJS. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan tehnik nonprobability sampling dengan metode insidental sampling sebanyak 56 responden. Hasil uji statistik dengan Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien. Implikasi dari penelitian ini diharapkan pihak Puskesmas dalam era BPJS sekarang ini untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanannya berdasarkan dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, bukti fisik dan empati.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2018 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |