ANALISIS KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA PASIEN KLINIK PRATAMA SE-KABUPATEN BATANG
Pengarang : Dina Risqiana, Yulian Wahyu Permadi
Kata Kunci   :Kepuasan Pelayanan Informasi Obat
ABSTRAK
Dina Risqiana
ANALISIS KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA PASIEN KLINIK PRATAMA SE-KABUPATEN BATANG
Selain rumah sakit, klinik pratama juga memiliki peran dalam memberikan pelayanan ini di tuntut untuk terus melakukan peningkatan pada kualitas mereka. Peningkatan pada kualitas ini bukan hanya pada penyembuhan penyakit pada pasien namun juga pada tindakan pencegahan terhadap penyakit. Tujuan Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui kriteria pasien, Untuk mengetahui dimensi yang berpengaruh terhadap pelayanan informasi obat di Klinik Pratama Kabupaten Batang terhadap pelayanan informasi obat di Klinik Pratama Kabupaten Batang, Untuk mengetahui hubungan lima dimensi yang berkaitan dengan gambaran kinerja penglihatan kemampuan pasien di Klinik Pratama Kabupaten Batang. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan cross sectional. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu teknik simple random sampling. Lokasi dari penelitian ini ialah Klinik Pratama Kabupaten Batang, yang terletak di Kabupaten Batang. Penelitian dilakukan pada agustus 2024. Dalam penelitian ini, instrument yang digunakan ialah kuisioner. Data penelitian yang dihasilkan adalah terdapat 3 kategori umur yang mengisi kuisioner penelitian usia 19-28 tahun sebanyak 30 orang 44,8%. Sedangkan untuk umur 29-30 tahun sebanyak 19 orang 28,4%. Ketika, untuk umur >40 tahun didapatkan sebanyak 18 orang 26,9%. Kategori jenis kelamin didapatkan hasil laki-laki sebesar 34 orang 50,7% sedangkan perempuan sebanyak 33 orang 49,3%. Dimensi yang berpengaruh dalam penelitian ini adalah Tangiable karena didapatkan hasil sebesar 0,701. Adanya pengaruh pelayanan informasi obat dengan indikator Tangible, Responsif, Realibility, Asurance, Empathy terhadap kepuasan pasien pada Klinik Pratama Se- Kabupaten Batang
Kata Kunci: kesehatan, obat, klinik, kuantitatif
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Ade Heryana. (2020). Bahan ajar mata kuliah?: metodologi penelitian kuantitatif. Eureka Pendidikan, June, 16.
Alotaibi, N. H., Alzarea, A. I., Alotaibi, A. M., Khan, Y. H., Mallhi, T. H., Alharbi, K. S., Alruwaili, N. K., Alanazi, A. S., Hassan, A., & Alotaib, B. S. (2021). Exploring satisfaction level among outpatients regarding pharmacy facilities and services in the Kingdom of Saudi Arabia; a large regional analysis. PLoS ONE, 16(4 April), 1–10. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0247912
Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172).
Arimbawa, P. E., & Hita, I. P. G. A. P. (2019). Patient perceptions on the role of a pharmacist and the understanding of the rational use of medicines (RUM). Journal of Sustainability Science and Management, 14(6), 137–144.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Buron, A. I. (2020). Peran Tenaga Farmasi Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. 6–7.
Djamaluddin, F., Imbaruddin, A., & Muttaqin, D. (2019). KEPATUHAN PELAYANAN FARMASI KLINIK DI RUMAH SAKIT DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO CLINICAL PHARMACY SERVICE STANDARD COMPLIANCE IN CENTRAL HOSPITAL DR WAHIDIN SUDIROHUSODO. In Jurnal Administrasi Negara (Vol. 25, Issue 3).
Dona, E. (2019). Hubungan Pelayanan Informasi Obat Dengan Tingkat Kepatuhan Pasien Hipertensi Di Puskesmas Sikumana Kota Kupang Tahun 2019. Skripsi, 1–53.
Effendi, K. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.127
Erpurini, W. (2021). “Analisa Kualitas Pelayanan Pasien Pada Klinik Umum Pratama Kasih Bunda Yanti Rajamandala”. Sains Manajemen, 7(1), 75–88. https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.3330
Febiyanti, N. (2020). TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PEMBERIAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI RAWAT JALAN KLINIK RAWAT INAP SITI KHODIJAH KOTA BLITAR. Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.
HENDRY SEPTRIKA. (2018). ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN FARMASI DI RSI SITI AISYAH MADIUN. STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.
Kemenkes RI No. 34. (2021). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 34 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Klinik. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 101, Jakarta.
Kepmenkes. (2004). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomer 1027/Menkes/Sk/IX/2004. CWL Publishing Enterprises, Inc., Madison, 2004, 352.
KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIKINDONESIA NOMOR 1197/MENKES/SK/X/2004. (2004). TENTANG STANDAR PELAYANAN FARMASI DI RUMAH SAKIT.
Kesehatan, M. (2014). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 2014 TENTANG KLINIK. 14(02), 144–150.
Kusumaningtyas, T. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN FARMASI TERHADAP LOYALITAS PASIEN UMUM RAWAT JALAN RSUD KOTA MADIUN OLEH. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5).
Lestari, A. E., Nofita, N., & Ardiyansyah, A. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI KLINIK UMMI HC KEDATON. Jurnal Medika Malahayati, 7(1), 492–498. https://doi.org/10.33024/jmm.v7i1.9469
Meila, O., Pontoan, J., Zizwanto, E., Satkes, P., Mabes, P., & Selatan, P. J. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Pada Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Klinik SATKES PUSDOKKES MABES POLRI Analysis Of BPJS Patient Satisfication Level In Pharmaceutical Services In Pharmacy SATKES PUSDOKKES MABES POLRI. Clinical and Pharmaceutical Sciences), 01(02).
Mustika, D., & Sari, K. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Rawat Inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3), 147–152. https://doi.org/10.7454/arsi.v5i3.2950
Muthoharoh, A. (2023). Pengaruh Pelayanan Informasi Obat Leaflet Terhadap Tingkat Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus Kelas Prolanis Puskesmas Wonokerto 1. Prosiding Seminar Unimus (volume6, 18 Oktober 2023).
Nangaro, J., Citraningtyas, G., & Sudewi, S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Di Instalasi Farmasi Rsud Liun Kendage Tahuna. Pharmacon, 8(2), 406. https://doi.org/10.35799/pha.8.2019.29307
Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., & Aliyah, S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Journal of Pharmacy, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.33084/bjop.v1i1.239
Nurbaety, B., Rahmawati, C., Lenysia, B., Anjani, P., & Ikraman, S. I. (2022). Pengaruh Pelayanan Informasi Obat Pengetahuan Beyond Use Date Obat Terhadap Tingkat. Jurnal Ilmu Kefarmasian, 3(2), 312–317.
Nurhaini, R., Munasari, F., & Agustiningrum, R. (2020). Kesesuaian Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Apotek Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. CERATA Jurnal Ilmu Farmasi, 11(1), 15–20.
Nurpratama, M. (2019). KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN?: STUDI DESKRIPTIF PADA KLINIK JANTUNG HASNA MEDIKA INDRAMAYU Patient Satisfaction on The Health Services?: A Descriptive Study at Hasna Medika Indramayu Heart Clinic Kunci?: Indramayu adalah wujud komitmen Has. Jurnal Investasi, 5(2), 1–12.
Oktaviane, M. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.
PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2016. (2016). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28.
Permadi, Y. W. (2023). pengaruh pelayanan Informasi Obat leaflet terhadap Tingkat Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus Kelas Prolanis Puskesmas Wonokerto 1. Prosiding Seminar Unimus (Volume 6, 18 Oktober 2023).
PERMENKES. (2021). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA. https://www.jogloabang.com
St. Rahmatullah, Y. W. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Dan Komunikasi Informasi & Edukasi (KIE) Obat Di Puskesmas Doro II Kabupaten Pekalongan. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS (Volume 6, 18 Oktober 2023).
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfa Beta.
sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK. ALFABETA.
Wulan Agustin Ningrum, N. A. (2022). Hubungan Pelayanan Informasi Obat Terhadap Tingkat Kepuasan Dan Pengetahuan Pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol.15 No.2, September 2022, 175-182.
Wulandari, R., . S., Hasibuan, Z. S., Daulay, E. B., & Kuncoro, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Komitmen Pegawai Dan Lingkungan KerjaPerindustrian Kota Tanjungbalai. JMB (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 3(1), 108–117. https://doi.org/10.30743/jmb.v3i1.3635
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |