Pengaruh Edukasi Dampak Bullying terhadap Pengetahuan, Persepsi dan Sikap pada Remaja
Berkah Dwi Susilowati, Susri Utami
Latar Belakang: Bullying atau perundungan merupakan masalah sosial yang sangat kompleks dan sering terjadi pada remaja, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Dampak dari bullying tidak hanya memengaruhi kondisi psikologis korban, tetapi juga dapat berdampak buruk pada perkembangan sosial dan emosional. Selain itu, tindakan bullying sering kali dipicu oleh kurangnya pemahaman tentang efek negatif yang ditimbulkan, baik bagi korban maupun pelaku. Pengetahuan, persepsi, dan sikap remaja terhadap bullying sangat dipengaruhi oleh informasi yang mereka terima dan pemahaman yang mereka bangun melalui edukasi. Oleh karena itu, edukasi tentang dampak bullying menjadi hal yang sangat penting untuk diberikan kepada remaja sebagai upaya pencegahan. Edukasi yang baik dapat membantu meningkatkan kesadaran remaja tentang pentingnya mengurangi tindakan bullying, serta menciptakan lingkungan yang lebih aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi bullying terhadap pengetahuan, persepsi, dan sikap pada remaja.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre experimental dengan metode one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja kelas XE4 dan XE5 SMAN 1 Doro sebanyak 67 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Tingkat pengetahuan diukur menggunakan kuesioner pengetahuan, persepsi diukur menggunakan kuesioner persepsi dan sikap diukur menggunakan kuesioner sikap. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh edukasi bullying terhadap pengetahuan, persepsi dan sikap di SMAN 1 Doro dengan hasil nilai pada pengetahuan yaitu p value 0,005, hasil nilai pada persepsi yaitu p value 0,000 dan hasil nilai pada sikap yaitu p value 0,000.
Simpulan: Ada pengaruh edukasi dampak bullying terhadap pegetahuan, persepsi dan sikap pada remaja. Diharapkan kepada pihak sekolah dapat menjadikan pendidikan kesehatan mengenai bullying dalam salah satu kegiatan di sekolah.
Kata Kunci: Edukasi bullying, Pengetahuan, Persepsi, Sikap, Remaja
Dafatar Pustaka: 37 buku, 37 artikel (2015-2025)
Affandi, A., & Soliha, E. (2023). Manajemen Pengetahuan. Surabaya?: Cipta Media Nusantara (CMN).
Amawidyati, S. A., & Muhammad, A. H. (2017). Program Psikoedukasi Bullying untuk Meningkatkan Efikasi diri Guru dalam Menangani Bullying di Sekolah Dasar. Semarang.
Araya, W., Natalia, D., & Marida, C. (2018). Pengaruh Pendidikan kesehatan tentang Bullying dengan Metode Role Play terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja SMPN. Jurnal Dinamika Kesehatan, Vol. 9.
Ayunda, A., Ainnun, F., Adinda, P., Khoiriah, S., & Susanti, E. (2024). Persepsi Mahasiswa Terhadap Bullying. Journal Of Global Humanistic Studies, Vol.2(Vol. 2 No. 2 (2024): Philosophiamundi April 2024).
Bahnan, A., & Basir. (2023). Aku adalah Agen Perubahan (edisi 1). Jawa Timur?: CV. AE Media Grafika.
BPS Provinsi Jawa Tengah. (2024). Jumlah Anak (Usia 0-18 Tahun) Korban Kekerasan Per Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2022-2023. https://jateng.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTAyNiMy/jumlah
Dekawati, A. (2021). Edukasi mengenai Bullying pada Remaja dengan Media Video Animasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 3.
Demol, K., Verschueren, K., Jame, M., Lazard, C., & Colpin, H. (2021). Student attitudes and perceptions of teacher responses to bullying: An experimental vignette study. European Journal of Developmental Psychology. https://doi.org/10.1080/17405629.2021.1896492
Devita, Y., & Dyna, F. (2018). Analisis Hubungan Karakteristik Anak dan Lingkungan Keluarga dengan Perilaku Bullying. Jurnal Kesehatan.
Diana, R., Batubara, A., Afai, K., & Risma, D. F. (2024). Dampak Pelatihan Empati terhadap Persepsi Anti Bullying Siswa di SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Journal Seruni Bimbingan Dan Konseling, Vol. 13.
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, P. P. dan K. B. (2024). DATA KEKERASAN PEREMPUAN & ANAK PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2020-2024.
Donsu, J. D. T. (2017). Psikologi Keperawatan?: aspek-aspek psikologi, konsep dasar psikologi, teori perilaku manusia (edisi 1). Yogyakarta?: Pustaka Baru press.
Effendi, M., & Juita, F. (2024). Statistk Non Parametrik?: sebuah tinjauan aplikatif untuk penelitian sosial (edisi 1). Samarinda?: Penerbit NEM.
Fitriana, D. (2022). Perbedaan Tindakan Bullying Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Attending, Vol. 1.
Handalan, M. agung, & Herlina. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Mekanisme Koping terhadap Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ners Indonesia, Vol. 10.
Hertinjung, W. S. (2015). Profil Pelaku dan Korban Bullying di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Husni, A. (2021). ENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO SCRIBE DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENCEGAHAN BULLYING DI SMP NEGERI 1 MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2021.
Izza, N. Y., & Wahyuningsih, S. (2023). Web Series Dan Bullying Memahami Representasi Bullying Dalam Web Series Melalui Analisis Semiotik (edisi 1). Jawa Barat?: CV. Adanu abimata.
Jamaliah, N., & Hartati, I. (2023). Pendidikan Kesehatan (edisi 1). Pekalongan?: PT Nasya Expanding Management.
Jatmika, S. emma dwi, Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Buku Ajar?: Pengembangan media promosi kesehatan. Yogyakarta?: Penerbit K-media.
Jayani, D. H. (2019). PISA: Murid Korban “Bully” di Indonesia Tertinggi Kelima di Dunia. Databooks. https://databoks.katadata.co.id/pendidikan/statistik/1f55ece17447f2b/pisa-murid-korban-bully-di-indonesia-tertinggi-kelima-di-dunia
Karmila, Asriana, A., Hikmah, N., Rahman, H., & Muhsanah, F. (2023). Pengaruh Video Edukasi terhadap Pengetahuan Ibu Rumah Tangga tentang Konsumsi Buah dan Sayur pada Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Lindajang. Window of Public Health Journal, Vol. 14.
Kartika, I. I. (2017). Dasar-dasar keperawatan dan pengolahan statistik hipotesa, populasi.pdf (edisi 1). Jakarta Timur?:CV. Trans Info Media.
Kasanah, S. U., Rosyadi, Z., & Punggeti, R. N. (2023). Pendidikan anti bullying (edisi 1). Pasuruan?: CV Basya Media Utama.
Khair, F. (2021). CARING?: Knowledge , Attitudes and Actions of Bullying Students at SMP Negeri 6 Medan. Vol. 0.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2022). Catatan pelanggaran hak anak tahun 2021 dan proyeksi pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak tahun 2022. https://www.kpai.go.id/publikasi/catatan-pelanggaran-hak-anak-tahun-2021-dan-proyeksi-pengawasan-penyelenggaraan-perlindungan-anak-tahun-2022
Kristianti, Y. D., Masturoh, & Lestari, N. C. A. (2024). Buku Ajar?: Asuhan Kebidanan Pada Remaja dan Prakonsepsi (edisi 1). Jakarta?: Mahakarya Citra Utama.
Kurniawati, R. (2025). Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Humaniora, Sosial Dan Bisnis, Vol. 3.
Livana, Susanti, Y., & Silviani, M. A. (2018). Peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja melalui pendidikan kesehatan tentang dampak bullying. Ners Widya Husada - p-ISSN 2356-3060, 5(3), 113–122.
Maryati, L. I., & Rezania, V. (2021). Buku Psikologi Perkembangan?: Sepanjang Kehidupan Manusia (edisi 1). Sidoarjo?: UMSIDA Press.
Masriadi, Baharudidin, A., & Samsualam. (2021). Metodologi penelitian?: kesehatan kedokteran dan keperawatan (edisi 1). Jakarta Timur?: CV. Trans Info Media.
Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap. dan Motivasi Belajar terhadap Has?l Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Jambi?: Cerdas Sifa Pendidikan.
Nurdiana, S. N., & Pertiwi, F. D. (2019). Hubungan Sikap Dengan Pengalaman (Bullying) Pada Siswa Smkn 2 Kota Bogor. Hearty, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/hearty.v7i1.2298
Nurmala, I., Muthmainah, & Rachmayanti, R. D. (2020). Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental dan Sosial: Model Intervensi Health Educator For youth. Surabaya?: Airlangga University Press.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (edisi 5). Jakarta Selatan?: Salemba Medika.
Nurwulansari, F. (2023). Evaluasi Program Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) dengan Pendekatan logic model. Bandung?: Penerbit NEM.
Pakpahan, M., Siregar, D., & Susilawaty, A. (2021). Promosi kesehatan & Perilaku Kesehatan (Edisi 1). Makassar?: Yayasan kita menulis.
Pendidikan, D. pokok. (2025). Data peserta didik. https://dapo.dikdasmen.go.id/pd/3/032606
Prabowo, M. luthfi, Sunarya, E. A., Fauzi, M. A., & Salsabila, D. A. (2025). Persepsi dan Minat Menonton Animasi 2D Edukasi Dampak Bullying (Studi Kasus SDN 7 Cimone). MAVIB Journal, Vol. 6.
Purwana, E. R., & Sulaeman, R. (2023). Remaja dan Pernikahan Dini (edisi 1). Yoyakarta?: CV Bintang Semesta Media.
Puspitasari, R., & Sukmawati, A. suci. (2024). Pengaruh Edukasi dengan Video Animasi Bullying terhadap Pengetahuan Bullying pada Remaja di SMPN 11 Yogyakarta.
Qodar, N. (2015). Survei ICRW: 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah. Liputan 6. https://www.liputan6.com/news/read/2191106/survei-icrw-84-anak-indonesia-alami-kekerasan-di-sekolah
Rakhmawati, E. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perilaku Bullying pada siswa kelas VIII SMP H ISRIATI SEMARANG. Jurnal Penelitian Paudia.
Rani, H. A., & Arlianti, N. (2024). Dasar-dasar Statistika dan Probabilitas dalam Ilmu Sains. Yogyakarta?: Deepublish Digital.
Rasa, S. (2024). Menghentikan Bullying?: Memahami, Mencegah dan Mengatasi. Semarang?: Tiram Media.
Restu. (2023). Data KPAI Kasus Bullying Makin Meningkat 226 di 2022, Korban Terbanyak Siswa SD. Wartawanbanjar.Com. https://wartabanjar.com/2023/10/01/data-kpai-kasus-bullying-makin-meningkat-226-di-2022-korban-terbanyak-siswa-sd/
Riskinanti, K., & Lindawati, I. E. (2019). Studi Komparatif Persepsi Bullying antara siswa Laki-laki dan Siswa Perempuan di SMA Kota Bekasi. Jurnal Biopsikososial, Vol. 3.
Rismalinda. (2017). Psikologi Kesehatan (edisi 1). Jakarta Timur?: CV. Trans Info Media.
Riyanto, A. (2017). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan (edisi 2). Bantul?: Nuha Medika.
Rosdiana, H., Wulandari, L., & Yudono, M. (2024). Edukasi Anti Bullying pada Siswa PKBM Negeri 34 Cipayung. Compromise Journal?: Community Proffesional Service, Vol. 2.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, mohammad A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan?: penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas (edisi 1). Yogyakarta?: Erhaka Art.
Saleh, S. (2023). Pendidikan Kesehatan Sekolah. Purbalingga?: Eureka Media Aksara.
Sari, N., Ardyanti, D., & Rahayu, E. P. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakann Video Animasi terhadap Pengetahuan dan Sikap Bullying pada Anak SDN 004 Loa Janan Ilir Samarinda. Jurnal Kesehatan Tambusai, Vol. 5.
Sari, N. M. D. S., Suastini, K., & Anggawati, P. D. Y. (2024). Mencegah Bully di Sekolah Dasar (edisi 1). Bandung?: Nilacakra.
Saryono. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta?: Nuha Medika.
Sinaga, W. A., Gulo, I. S. M., & Situmorang, R. A. (2024). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Pengaruh Bullying di SDS ST. Antonius Medan. Journal Innovation in Education, Vol. 2.
Sitasari, N. W. (2017). Persepsi tentang Perilaku Bullying ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi?: Media Ilmiah Psikologi, Vol. 15.
Soelaiman, D. A. (2019). Filsafat Ilmu Pengetahuan?: Pespektif Barat dan Islam (edisi 1). Aceh?: Bandar Publishing.
Sugiyono, M. E. (2020). Metode Penelitian Kesehatan (edisi 1). Bandung?: Alfabeta.
Sulfiah, A., Putri, I. A., Amrulloh, F., & Hindayah, S. (2024). Maraknya Bullying di Sekolah dan Media Sosial di Kalangan Anak Remaja. Community Development Journal, Vol. 5.
Supriyatno, et. al. (2021). Stop Perundungan/Bullying Yuk (edisi 1, Issue Jakarta Kemendikbudristek). Jakarta?: Direktorat Sekolah Dasar.
Suryawan, N. W., Rusdianah, E., & Igayanti, I. B. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video tentang Bullying terhadap Pengetahuan Bullying pada Remaja. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun, Vol. 11.
Suwanda, S. A. (2022). Gambaran Persepsi Siswa terhadap Perilaku Bullying pada Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Rembang.
Swarjana, I. K. (2022). KONSP?: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi COVID-19, Akses layanan kesehatan lengkap dengan konsep Teori, Cara mengukur variabel, dan contoh Kuesioner (edisi 1). Yogyakarta?: Penerbit Andi.
Syafaat, B. J., Asrina, A., & Patimah, S. (2024). Pengaruh Media Edukasi terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Dampak Bullying pada Kesehatan Mental di MAN 1 Kota Makassar. Window of Public Health Journal, Vol. 5.
Tarmani, R. S. A. (2024). Pengaruh Edukasi Body Shaming terhadap Persepsi Kesehatan Mental Remaja pada Pencegahan Bullying di SMP YPPK Santo Don Bosco Kota Sorong Papua Barat Daya. Skripsi Kemenkes Poltekkes Sorong.
Trisnawati, M. I., Mustavid, A. V., & Malasari, H. D. (2024). Bunga Rampai Menjaga Kebersamaan di Tengah Keberagaman (edisi 1). Jakarta Barat?: Penerbit Langgam Pustaka.
Tumurang, M. N. (2018). Promosi Kesehatan (edisi?: 1). Sidoarjo?: Indomedia Pustaka.
Us’an. (2024). Intervensi Neuropsikologi dengan Pendekatan Islam dalam Mencegah Bullying di Kalangan Remaja (edisi 1). Yogyakarta?: CV Bintang Semesta Media.
Utami, T. (2022). Pengaruh edukasi oleh peer (teman sebaya) terhadap persepsi bullying di SMPN 2 trucuk Klaten tahun 2022.
Wela, S., & Fitrriana, R. nur. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Animasi terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Bullying Verbal di SMP Kristen 3 Surakarta. \Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA.
WHO. (2018). Guidance on ethical considerations in planning and reviewing research studies on sexual and reproductive health in adolescents.
Wiarto, G. (2022). Memahami Pribadi Remaja. Bogor?: Guepedia.
Widiyastuti, N. eko, Avilia, E., & Pragastiwi. (2022). Promosi dan pendidikan kesehatan. Banten?: PT sada kurnia pustaka.
Wirenviona, R., & Riri, I. D. C. (2020). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Surabaya?: Airlangga Universitas Press.
Wujarso, R. (2024). Perilaku Organisasi: Memahami Perilaku Individu, Kelompok, dan Organisasi. Jakarta?: Asadel Liamsindo Teknologi.
Yuniliza, Y. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Terhadap Bullying Di Sman 3 Kota Bukittinggi. Maternal Child Health Care, 2(3), 398. https://doi.org/10.32883/mchc.v2i3.1053
Zahrah, A. R. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Remaja di MTS Miftahul Amal Kota Bekasi. Jurnal Afiat Kesehatan Dan Anak, Vol.9.
Zulivah, Q. A., & P. (2024). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Terhadap Bahaya Bullying Pada Remaja Di SMAN 11 Kabupaten Tangerang. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 361–365.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |