Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah Di Kelompok KB Al-Huda Wonoyoso Kecamatan Buaran


Pengarang : Nurlaela Syiami Agni, Aida Rusmariana


Kata Kunci   :pola asuh orang tua, perkembangan, Motorik kasar, Pra sekolah

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
November 2022

ABSTRAK

Nurlaela Syiami Agni¹, Aida Rusmariana²
Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah Di Kelompok KB Al-Huda Wonoyoso Kecamatan Buaran

Latar Belakang : Masa pra sekolah merupakan masa yang cepat dan mudah diukur dikenal sebagai masa keemasan, perkembangan anak sekitar 80% dari perkembangan otak terjadisalah satu faktor perkembangan anak yaitu pola asuh yang diterima dan cinta kasih dari orang tua.
Tujuan: untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah.
Sample :Sample yang digunakan sebanyak 100 anak di KB Al- Huda Wonoyoso Kecamatan Buaran dan menggunakan teknik total sampling
Metode: penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional.Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner pola asuh orang tua dan DDST ( Denver Development Screening Test). Hasil pengukuran menggunakan uji spearman rank.
Hasil:Hasil penelitian menunjukan ada hubunganantara pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik kasar anak pra sekolah. Nilai p value = 0,003(< 0,05).
Simpulan: Bagi orang tua agar lebih memperhatikan perkembangan motorik kasar anak sesuai tahapan usia kemudian segera memeriksakan anak yang dicurigai mengalami keterlambatan perekembangan

Kata Kunci: pola asuh orang tua, perkembangan, Motorik kasar, Pra Sekolah
Daftar pustaka : 32 (2016-2022)

Undergraduate Program in Nursing
Faculty of Health Sciences
University of Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
November, 2022

ABSTRCT
Nurlaela Syiami Agni¹, Aida Rusmariana²
The Correlation between Parenting Style and Gross Motor Development of Pre-School Children in KB Al-Huda Wonoyoso Subdistrict, Buaran District
Backgrounds: the preschool period is a period that is quick and easy to measure. This period is also well known as the golden period where their brain development reaches 80% and mostly affected by parenting received and love from parents.
Objective: to determine the correlation between parenting style and gross motor development of pre-school children.
Sample: the samples chosen was 100 children in KB Al-Huda Wonoyoso Subdistrict, Buaran district with the sampling total as the technique.
Method: this study applied an analytic research design with a cross sectional approach meanwhile the instrument was parenting questionnaire and DDST (Denver Development Screening Test) and Spearman Rank Test used as the measuring test.
Result: the result stated there is a correlation between parenting style and gross motor development of pre-school children with p value = 0,003(< 0,05).
Conclusion: for the parents, they have to pay more attention to their children’s gross motor development according to the age stage then immediately check the child who is suspected of experiencing developmental delays.


Keywords: parenting style, development, gross motor, pre-school
References: 32 (2016-2022)

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2023
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia