Analisis Pengaruh Pelayanan Prima dan Penerapan Digital Farmasi Terhadap Minat Kunjungan Pasien di Apotek Se Kota Pekalongan
Pengarang : Nurhalimah , Yulian Wahyu Permadi
Kata Kunci   :Digital Farmasi; Minat Kunjungan Pasien; Pelayanan Prima
Pelayanan prima adalah suatu pelayanan yang terbaik yang diberikan kepada pelanggan atau pasien. Dengan penerapan pelayanan prima yang sesuai standar maka dapat membuat pelanggan atau pasien merasa puas dengan pelayanan di tempat tersebut. Dengan pasien merasa puas pada pelayanan tersebut maka dapat membuat pelanggan atau pasien tertarik untuk mengunjungi apotek pelayanan terbaik itu. Menurut data DINKES tahun 2024 data apotek di Kota Pekalongan sebanyak 69 apotek. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima dan digital farmasi terhadap minat kunjungan pasien di apotek se kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif observasional dengan pengambilan sampel secara purposive sampling serta dengan membagikan kuesioner. Pasien yang berkunjung ke apotek untuk membeli obat sebagian berumur 20-35 tahun (37,6%) dan sebagian kecil pada umur 66-80 tahun (5,9%). Hasil uji pada pengaruh pelayanan prima terhadap minat kunjungan pasien di apotek diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian pada pengaruh penerapan digital farmasi terhadap minat kunjungan pasien di apotek diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. dan pada pengaruh pelayanan prima dan penerapan digital farmasi terhadap minat kunjungan pasien di apotek diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara ketiga variabel yaitu pelayanan prima, digital farmasi dan minat kunjungan pasien.
Referensi
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Akbar, H., Amir, H., Ningsih, S. R., & Astuti, W. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Petugas Kesehatan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas X. Pena Medika Jurnal Kesehatan, 10(2), 8. https://doi.org/10.31941/pmjk.v10i2.1247
Alvianna Stella, & Rizky, A. (2020). Pengaruh Destinasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Kampung Wisata Topeng Malang. SENORITA: Seminar Nasional Kepariwisataan, 1(1), 248–257.
Ayu Ratih, P., Ayu, G., & Putu Bayu, I. (2022). Pengaruh Service Excellence Terhadap Jumlah Kunjungan Di Apotek Kimia Farma Echo Beach. 1(5), 20–26.
Deti, L., Muhammad, A. Y., & Eka, K. U. (2018). Penerapan Pelayanan Farmasi Klinis di RSUD ADE MUHAMMAD DJOEN KAbupaten Sintang Tahun 2018 Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016. 14, 63–65. https://doi.org/10.15900/j.cnki.zylf1995.2018.02.001
Elfrida, K. Z. zam, Permadi, Y. W., Muthoharoh, A., & Pambudi, D. B. (2021). Evaluasi Spo Pelayanan Farmasi Klinik Di Apotek Berdasarkan Petunjuk Teknis Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Tahun 2019. Jurnal Ilmiah JOPHUS?: Journal Of Pharmacy UMUS, 3(01), 64–74. https://doi.org/10.46772/jophus.v3i01.523
Farid, A., Firdausy, A., Sulaiman, A., Simangunsong, D., Sulistyani, F., Varianti, F., Ong, K., Kristiany, L., Mustika, N., Febiani, N., Komalasari, S., Salsabila, S., Azzahra, S., Zulfah, Y., & Aryani, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Layanan Telefarmasi di Era Pandemi COVID-19 dari Perspektif Masyarakat. Jurnal Farmasi Komunitas, 9(2), 152–157. https://doi.org/10.20473/jfk.v9i2.32924
H, H. (2020). Edukasi Pola Makan Sehat dan Air Minum Berkualitas Pada Siswa SMKF Ikasari Pekanbaru. Humanism?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5590
Hasriani., 2019. (2019). Peneraapan Standar Pelayanan Prima di Kantor Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.
Irawati, A. D. (2017). Hubungan Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Magetan Tahun 2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kemenkes. (2016). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2016, 1–16.
Khotimah, N. K. (2018). Model Peningkatan Kepatuhan Gaya Hidup Sehat Pada Pasien Hipertensi Berbasis Social Cognitive Theory Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Bima. Tesis, ilmu Perilaku Kesehatan, 1–210.
Leung, L. (2015). Validity, reliability, and generalizability in qualitative research. Journal of Family Medicine and Primary Care, 4(3), 324. https://doi.org/10.4103/2249-4863.161306
Mokoginta, F. S., Budiarso, F., & Manampiring, A. E. (2016). Gambaran pola asupan makanan pada remaja di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal E-Biomedik, 4(2). https://doi.org/10.35790/ebm.4.2.2016.14618
Munawaroh, N., Fadilah, E., Baihaki, A., Arrizki, F. A., & Zahra, S. I. (2022). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Tetap Menjaga Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemi Covid-19. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(2), 86–97.
Nasution, I. F. S., Kurniansyah, D., & Priyanti, E. (2022). Analisis pelayanan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Kinerja, 18(4), 527–532. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.9871
Permadi, Y. W., Wirasti, Rahmatullah, S., Wirotomo, T. S., Aviani, H., & Saputri, R. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Swamedikasi Obat Pembina Asrama dengan Metode Booklet di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Kel. Ambokembang Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Junal Batik Mu, 3(2), 68–73.
Permenkes. (2017). Sterkwerkende Geneesmiddelen Ordonanntie , Staatsblad 1949:419); Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Apotek, 1–36.
Pratama, C. I., Muhardi, & Amaliah, I. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Apotek di Era Digital Dengan Pendekatan Soar (Studi Pada Apotek Sehat Mandiri Kota Cimahi). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(11), 17579–17594. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i11.12255
Putri, I. U., & Kautsar, A. P. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Apotek “X” Bandung. Farmaka, 16(2), 195–204. http://jurnal.unpad.ac.id/farmaka/article/view/18151
Rahmawati, M. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap di RSIM Sumberrejo Bojonegoro. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 8(2), 149–156.
Rahmiati, & Temesvari, N. A. (2020). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 13(1), 13–21. https://doi.org/10.23917/jk.v13i1.11097
Rasyid, H. Al, & Kusumawati, A. T. I. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Klinik Bidan Marlina. Perspektif, 17(1), 7–16. https://doi.org/10.31294/jp.v17i1.5218
Royyana, A. (2018). Strategi Transformasi Digital Pada PT. Kimia Farma (PERSERO) TBK. Journal of information system public health 3(3). Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat Journal of Information Systems for Public Health, 3(3), 15–32.
Sabilah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Prima dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Apotek Kimia Farma Di Wilayah Jakarta Timur. 1–65.
Sarkawi, D., Oktaviani, A., Priadi, A., & Khansa, T. (2018). Analisis Pelayanan Prima Atas Kepuasan Konsumen Pada Apotek K24 Bambu Apus Jakarta Timur. Petir, 11(2), 125–147. https://doi.org/10.33322/petir.v11i2.345
Siswosudarmo, R. (2015). Pendekatan Praktis Penelitian Epidemiologi Klinis Dan Aplikasi SPSS untuk Analisis Statistika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sonawane, S., Mahajan, V., Saxena, S., Mohan, A. S., Jayalekshmi, K. R., Kharade, J., & Patil, P. S. (2024). An Evaluation of the Adoption of Digital App-Based Pharmacy Delivery Services. International Journal of Intelligent Systems and Applications in Engineering, 12(10s), 1–6.
Sulistiarini, S.-. (2018). Hubungan Perilaku Hidup Sehat Dengan Status Kesehatan Pada Masyarakat Kelurahan Ujung. Jurnal PROMKES, 6(1), 12. https://doi.org/10.20473/jpk.v6.i1.2018.12-22
Suprapto, S., & Karsa, P. S. (2023). Manajemen Kesehatan di Era Transformasi Digital (Issue August).
Supredi, C., & Kertati, I. (2022). Pelayanan Prima (Excellent Service) Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Research and Development on Public Policy (Jarvic), 1(1), 26–41.
Taherdoost, H. (2018). Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. SSRN Electronic Journal, 5(3), 28–36. https://doi.org/10.2139/ssrn.3205040
Tasib, A. K., Halimah, E., & Puspitasari, I. M. (2023). Pelayanan Kefarmasian Berbasis Teknologi Dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Pasien Hipertensi. Majalah Farmasi Dan Farmakologi, 27(3), 96–102. https://doi.org/10.20956/mff.v27i3.27926
Yuniar, Y., & Handayani, R. S. (2016). Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek The Satisfaction of National Health Insurance P rogram ’ s Patients On Pharmaceutical Services in Pharmacy ( JKN ) adalah program jaminan berupa bentuk pel. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(1), 39–48.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |