Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Postur Dan Durasi Bermain Dengan Tingkat Nyeri Pada Gamer Yang Mengalami Neck Pain Di UIN Pekalongan


Pengarang : Imamul Hakim, Nurul Aktifah


Kata Kunci   :durasi bermian, neck pain, postur

ABSTRAK

Imamul Hakim1, Nurul Aktifah2
Hubungan Postur dan Durasi Bermain Dengan Tingkat Nyeri Pada Gamer yang Menggalami Neck Pain di UIN Pekalongan

Pendahuluan: Bermain game dengan posisi yang tidak ergonomis, dalam durasi bermain yang lama dapat menyebabkan gangguan muskuloskeletal, dan meningkatkan resiko terjadinya neck pain, sebagai sebab akibat dari ketegangan otot yang berlebihan. Prevalensi neck pain di dunia beragam mulai dari 16,6% sampai 75,1%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara postur dan durasi bermain dengan tingkat nyeri pada gamer yang menggalami neck pain di UIN Pekalongan.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional, teknik yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel yaitu total sampling. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas gamer di UIN Pekalongan yang menggalami neck pain berjumlah 59 responden. yang dilaksanakan pada bulan Juli. Instrument penelitian ini menggunakan tes spurling mendapatkan hasil sensitivas 92% dan spesifitas 95%, dan rapid upper limb assesment (RULA) mendapatkan hasil validitas 0.643 dan reliabilitasnya 0.783. Penelitian ini menggunakan uji normalitas kolmogorov-semirnov, dengan uji korelasi menggunakan rank spearman.
Hasil: Hasil uji korelasi rank spearman pada postur dengan tingkat nyeri menunjukkan nilai signifikasi 0,001 yang berarti ada hubungan antara postur dengan tingkat nyeri. Nilai kekuatan korelasi r = 696. Pada uji hubungan durasi bermain dengan tingkat nyeri menunjukkan nilai signifikasi 0,001 yang berarti ada hubungan antara durasi bermain dengan tingkat nyeri. Nilai kekuatan korelasi r = 753.
Pembahasan: Postur dan durasi bermain menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat nyeri pada neck pain. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai pengembangan penelitian selanjutnya, dengan pendekatan yang lebih beragam, terkait penyebab dan dampak neck pain akibat bermain game.

Referensi

A. Childress, M. J. (2020). Neck Pain: Initial Evaluation and Management. American Family Physician Vol. 102, No. 3, 151-156.

Adiputra, I. M. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.

Agustina Lebho, M. D. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science Vol.2, No.2, 202-212.

Al Amin, M. J. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Ilmiah Matematika Vol.2 No.6, 33-42.

Amayu Ida Vitani, R. (2019). TINJAUAN LITERATUR: ALAT UKUR NYERI UNTUK PASIEN DEWASA LITERATURE REVIEW: PAIN ASSESSMENT TOOL TO ADULTS PATIENTS. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan Vol. 3 No. 1, 1-7.

Ampuan Niram Nazariah, D. S. (2024). Perbedaan Pengaruh Pemberian Mc Kenzie Neck Exercise Dan Neck Cailliet Exercise Terhadap Penurunan Nyeri Akibat Myofascial Pain Syndrome Di DRDA Beauty Clinic. JURNAL PAHLAWAN KESEHATAN Vol. 1 No. 1, 236 - 242.

Anggraini, S. a. (2022). Edukasi pencegahan bahaya kecanduan game online pada remaja di SMPN alok Maumere. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol.1 No.8, 1645-1652.

Anggreni, D. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Mojokerto: STIKes Majapahit Mojokerto.

Ansaa, D. M. (2022). Analisa Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Rula Dan Reba Pada CV. LAS MANDIRI. IESM Journal Vol.3 No.1, 46-55.

APJII. (2023). Survei Penetrasi dan Perilaku Internet 2023. Jakarta Selatan: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indoneisa.

Ariyani, A. P. (2019). eningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Pencegahan Nyeri Otot Selama Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 Melalui Penyuluhan Dan Pelatihan Dengan Kombinasi Daring Dan Luring. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) vol.5 no.6, 1751-61.

Asali, A. W. (2017). Hubungan tingkat pencahayaan dan postur kerja dengan keluhan nyeri leher operator jahit PO. Jurnal Kesehatan Masyarakat vol.5 no.5, 10-19.

Aulia Gita Safitri, B. W. (2017). ANALISIS PENYEBAB KELUHAN NECK PAIN PADA PEKERJA DIPABRIK SEPATU DAN SANDAL KULIT KURNIA DI KOTA SEMARANG. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal)Volume 5, Nomor 3, 236-23

Deluga, A. d. (2018, April 6). Lifestyle of the elderly living in rural and urban areas measured by the FANTASTIC Life Inventory. Annals of Agricultural and Environmental Medicine, pp. 1-7.

Dwi Aryani, N. P. (2021). HUBUNGAN POSTUR KERJA SCHOOL FROM HOME (SFH) TERHADAPKELUHAN MECHANICAL NECK PAIN PADA MAHASISWADI ERA COVID-19. Jurnal kesehatan Al-Irsyad Volume 14, Nomor 2, 2-3.

Dwianto, R. d. (2023). HUBUNGAN ANTARA POSISI DAN DURASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN DISABILITAS AKIBAT NYERI LEHER PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN. Jurnal Verdure Vol.5 No.2, 85-91.

Faldano, F. M. (2020). HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN KELUHAN NECK PAIN PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SAM RATULANGI. Jurnal KESMAS, Vol. 9, No. 6, 122-123.

Fellows, B. D. (2022). A REVIEW OF THE SPURLING TEST FROM HEALTH SCIENCE TEXTBOOKS. Jurnal Of Contemporary Chiropractic Vol.5, 130-135.

Fres Seftiana, A. e. (2023). ANALISIS GAYA HIDUP HEDONISME DI ERA GLOBALISASI MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBNG. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA Vol 2. No 3, 226-234.

Genebra, C. V. (2017). Prevalence and factors associated with neck pain: a population-based study. Brazilian Journal of Physical Therapy Vol.21 No.4, 274-280.

Ginting, D. S. (2022). Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia. Padang: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Gunadi, E. I. (2024). Effective Pain Management in Patients. Medula Vol. 14, No. 1, 157-166.

Haeril, A. A. (2020). engaruh Anak Yang Aktif Bermain Game Online Terhadap Pola Makan, Status Gizi, Dan Postur Tubuh. Jurnal Sport Science, 4681, 96-100.

Hana Nafisah, C. F. (2023). Penatalaksanaan Holistik pada Geriatri Laki-Laki Usia 63 Tahun dengan Axial Neck Pain melalui Pendekatan Kedokteran Keluarga. Medical Profession Journal Volume 13 Nomor 1, 92.

Isidorus Jehaman, S. R. (2022). PENGARUH MC KENZIE EXERCISE DAN NECK STABILIZATIONEXERCISE TERHADAP NECK PAIN PADA PENJAHIT PAKAIAN. Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi (JKF), 301.

Jahre, H. d. (2020). Risk factors for non-specific neck pain in young adults. A systematic review. BMC Musculoskeletal Disorders vol.21 no.233, 1-12.

Juhandika, M., Kasumawati, F., & F, A. (2022). HUBUNGAN POSISI DAN DURASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KELUHAN KETEGANGAN OTOT CERVICAL PADA SISWA SMK SASMITA JAYA 1. Frame of Health Journal vol.1, no.1, 12-19.

Kadek Riyandi Pranadiva Mardana, I. A. (2017). Penilaian Nyeri. Denpasar: SMF/BAGIAN ANESTESIOLOGI DAN TERAPI INTENSIF FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA.

Kenwa, K. W. (2018). Hubungan antara Penggunaan Telepon Pintar dengan Kejadian Nyeri Leher Pada Dewasa Muda Usia 18-24 Tahun. Callosum Neurology vol.1 no.3, 78-82.

Kinski Situmorang, C. W. (2020). HUBUNGAN ANTARA DURASI DAN POSTUR TUBUH PENGGUNAAN KOMPUTER TERHADAP KELUHAN NECK PAIN PADA TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT vol.8 no.5, 672-678.

Kyung Lee, M. O. (2022). The relationship between sleep quality, neck pain, shoulder pain and disability, physical activity, and health perception among middle-aged women: a cross-sectional study. BMC Women’s Health vol. 22 no.216, 1-10.

Lindawati Simorangkir, L. F. (2023). HUBUNGAN PENGGUNAAN LAPTOP DENGAN NECK PAIN PADA MAHASISWAPRODI NERS. Jurnal KeperawatanVolume 15 Nomor 3, 1426.

Luis Ondang, G. J. (2020). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI FISPOL UNSRAT. Jurnal Holistik, 1-15.

Made Hendra Satria Nugraha, N. K. (2019). Efektivitas Penerapan Edukasi Sikap Kerja Elektroterapi dan Terapi Latihan untuk Penderita Mechanical Neck Pain. Jurnal Ergonomi Indonesia ( The Indonesian Journal of Ergonomic ) Vol. 05 No. 02, 84.

Maheswara Rakasiwi, A. A. (2021). Physiotherapy Intervention On Cervical Root Syndrome With Traction Modalities Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS) And Exercise Therapy To Improve Functional Activity. Jurnal Kesehatan Vol 9 No. 2 , 93-100.

Mahmoud, N. F. (2019). The relationship between forward head posture and neck pain: a systematic review and meta-analysis. Current reviews in musculoskeletal medicine vol.12 no.4, 562-577.

Masturoh, I. T. (2018). Bahan Ajar Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Metodologi Penelitian Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Maurie Arthamevia, S. d. (2022). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Smartphone Dan Keluhan Nyeri Leher Pada Tim E-Sport Mobile LegendNyeri Leher Pada Tim E-Sport Mobile Legend. Jurnal Fisioterapi Terapan Indonesia Vol.1, No,2, 1-6.

Muhammad Lukman, A. e. (2020). Aplikasi Panduan Pola Hidup Sehat. Indonesian Journal on Software Engineering, Vol.6, No. 1, 64-70.

Nadhifah, N. U. (2020). Gambaran kejadian nyeri leher pada pengguna smartphone (studi di Pulau Jawa 2020). Jurnal Kesehatan Masyarakat vol.9 no.4, 548-554.

Nasutiona, A. R. (2021). Penilaian Postur Kerja Dengan Rapid Upper Limb Assesment Dan Kuisioner Nordic Body Map Terhadap Pekerja Ukm Sepatu UD. DEF. TALENTA Conference Series: Energy and Engineering Vol.4 No.1, 470-475.

Nataliah Dasnasari, Z. (2023). GAMBARAN PERILAKU GAYA HIDUP SEHAT PADA MAHASISWA HKBP NOMMENSEN MEDAN. 12-23.

Nazhira, F. I. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Mengenai Risiko Nyeri Leher Akibat Bermain Game Online. Jurnal Abdimasku, 586-590.

Noventi, I., & Ainiyah, N. (2021). EFFEKTIFITAS YOGA STICK TERHADAP PENGURANGAN NYERI PUNGGUNG. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 159-162.

Nurhikmah. Puspitasari, N. (2021). DURASI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP NYERI LEHER PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi Vol. 4 No.1, 22-26.

Obiyanto, A. M. (2022). MOTIF BERMAIN GAME ONLINE STUDI KASUS PADA REMAJA DESA SUMBERSARI BANYUWANGI. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam vol.2, no.1, 1-17.

P. Marpaung, A. I. (2023). HUBUNGAN LINGKAR PINGGANG DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN DERAJAT NYERI PENDERITA LOW BACK PAIN BERDASARKAN VISUAL ANALOG SCALE PADA LANSIA DI PUSKESMAS HELVETIA. MAJALAH ILMIAH METHODA Vol.13 No.3, 323-331.

Pangestu, R. G. (2021). Faktor Risiko Terjadinya Forward Head Posture Risk Factors of Forward Head Posture. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi Vol.5 No.2, 141-151.

Peng B, D. M. (2018). Cervical disc degeneration and neck pain. Journal of Pain Research, 2853-2857.

Permata Sari, I. N. (2022). DAMPAK GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI SISWA KELAS V SD. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 8 No. 4, 1038-1046.

Popescu, A. L. (2019). Neck Pain and Lower Back Pain. Elsevier Inc Vol.104, No.2, 1-13.

Putri Sakinah, D. (2023). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN TINGKAT NECK PAIN PADA SANTRIWATI PENGHAFAL AL-QUR’AN PONDOK DARUL AMAN GOMBARA MAKASSAR. Universitas Hassanudin Makasar, 7-19.

Putri, N. P. (2019). Hubungan postur dan durasi posisi kerja duduk terhadap risiko terjadinya disabilitas leher pada pekerja di kota denpasar. Majalah ilmiah fisioterapi Indonesia vol.7 no.1, 20-24.

Rahmawati, F. &. (2020). Hubungan Durasi Dan Posisi Penggunaan Smartphone Dengan Nyeri Leher Pada Mahasiswa Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rais, N. S., Dien, M. M., & Dien, A. Y. (2018). KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI BERDAMPAK PADA GENERALISASI. Jurnal Mozaik Vol.10 No.2, 61-71.

Ramadhan, I., Purwanto, A., & Nurahman. (2020). PENGEMBANGAN TEKNOLOGI GAME INDONESIA UNTUK PERMAINAN FIRST PERSON SHOOTER (FPS) 3D MULTIPLAYER “CODE TO SHOOT” MENGGUNAKAN UNITY NETWORK (UNET) BERBASIS MOBILE. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat Vol.5, No.2, 39-48.

Ratna Mella As-Syifa, R. M. (2020). HUBUNGAN ANTARA SIKAP KERJA TERHADAP KEJADIAN NECKPAIN PADA PENJAHIT DI DAERAH KUANINO KOTA KUPANG. Cendana Medical Journal, Edisi 20, Nomor 2, 164-168.

Rini, M. K. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 185-194.

Septerina Permatasari, S. (2022). HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN TELEPON PINTAR DENGAN TINGKAT INDEKS DISABILITAS LEHER PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UIN MALANG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM, 6-22.

Setya Rini, E. d. (2020). KESEPIAN DAN PENGGUNAAN INTERNET BERMASALAH PADA MAHASISWA. Jurnal Riset Aktual Psikologi Vol. 11 No. 2,, 228-238.

Simamora, R. S., & Ningsih, S. (2020). Hubungan Lama Penggunaan Smartphone Dengan Kejadian Neck. Jurnal Ayurveda Medistra, 33-41.

Social, W. a. (2022). Digital 2022 Global Overview Report The essential Guide to The Worlds Connected Behaviours. New York City: Hootsuite.

Sucipto Dani, C. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KESEHATAN. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Surbakti, K. (2017). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP REMAJA. Jurnal Curere Vol.1 No.1, 28-38.

Susanti, E. e. (2018). KONSTRUKSI MAKNA KUALITAS HIDUP SEHAT (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). Jurnal Lugas Vol. 2, No. 1,, 1-12.

Syahril, F. S. (2015). Validity, Sensitivity, and Reliability Testing by Ergonomic Evaluation Methods for Geothermal Task. Proceedings World Geothermal Congress., 19-25.

Talitha, S. e. (2022). TINJAUAN SISTEMATIK: META-SINTESIS FAKTOR SOSIAL BUDAYA YANG MEMPENGARUHI GAYA HIDUP REMAJA. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 6, No. 1, 799-811.

Umi Hanik Mardiyana, A. H. (2022). Pengaruh Pemberian Stretching Exercise Terhadap Tingkat Nyeri Pada Penderita Neck Pain Di RSUD Jombang. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 7 (1), 62.

Waluyo, A. &. (2024). Tanamkan kesadaran pada pemain game online untuk mengurangi waktu interaksi dengan game untuk mengurangi dampak negatif pada fisiknya.: The Impact Of Online Game Addiction On Physical Health Aspects. Jurnal Keperawatan Bunda Delima vol.6 no.1, 47-58.

Wati, L. S. (2023). Hubungan Durasi Bermain Game Online Dengan Resiko Terjadinya Neck Pain Pada. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Vol.8 No.1, 20-25.

Widiarti. (2016). Buku Ajar Pengukuran dan Pemeriksaan Fisioterapi. Yogyakarta: deepublish.

Yuni Tri Yustianti, P. (2019). Hubungan intensitas pemakaian gawai dengan neck painpada usia 15-20 tahun. Jurnal Biomedika dan Kesehatan Vol. 2 No. 2 , 72.

Yunita Rahma Pratiwi, E. D. (2019). Positif Negatif Game Online Pengaruh Fenomena Game Online Terhadap Prestasi Belajar. Jombang: LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG.

Zirek E, M. R. (2020). A systematic review of musculoskeletal complaints, symptoms, and pathologies related to mobile phone usage. Musculoskeletal Science and Practice, 1-11

Zuwanda Then, K. T. (2020). Pendekatan Diagnostik Nyeri Leher. CDK-288/ vol. 47 no.7, 487-488


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia