EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI RUANG FARMASI PUSKESMAS KUSUMA BANGSA KOTA PEKALONGAN TAHUN 2019
Pengarang : Julia Setianingsih, Yulian Wahyu Permadi, Siti Rofiq
Kata Kunci   :Kepuasan, Pelayanan informasi obat, puskesmas
ABSTRAK
Pelayanan Informasi Obat merupakan kegiatan penyediaan dan pemberian informasi obat, rekomendasi obat yang independen, akurat komprehensif, oleh apoteker dengan pasien, masyarakat profesional lain dan pihak-pihak yang memerlukan. Pelayanan ini meliputi penyediaan, pengolaan, penyajian dan pengawasan mutu data/informasi obat dan keputusan profesional.Tujuan dilakukan analisis mengenai kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan informasi obat. Metode penelitian deskriptif kuantitatif pengambilan sampel dilakukan non probability sampling dengan cara aksidental sampling dengan mengambil data pada pasien rawat jalan di puskesmas kusuma bangsa kota pekalongan. Penelitian ini dilakukan pada pasien rawat jalan Puskesmas Kusuma Bangsa Kota Pekalongan yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil menunjukan tingkat kepuasan pasien rawat jalan secara keseluruhan dalam kategori puas dengan persentase 46,9% sedangkan pada 5 dimensi dalam kategori cukup puas dengan masing-masing dimensi yaitu kehandalan 54,2%, ketanggapan 59,4%, jaminan 50,0%, empati 43,8% dan berwujud 51,1%. Tindakan yang dapat dilakuakn dengan meningkatkan mutu dari pelayanan informasi obat kepada pasien.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2020 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |