Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI RUANG FARMASI PUSKESMAS KUSUMA BANGSA KOTA PEKALONGAN TAHUN 2019


Pengarang : Julia Setianingsih, Yulian Wahyu Permadi, Siti Rofiq


Kata Kunci   :Kepuasan, Pelayanan informasi obat, puskesmas

ABSTRAK Pelayanan Informasi Obat merupakan kegiatan penyediaan dan pemberian informasi obat, rekomendasi obat yang independen, akurat komprehensif, oleh apoteker dengan pasien, masyarakat profesional lain dan pihak-pihak yang memerlukan. Pelayanan ini meliputi penyediaan, pengolaan, penyajian dan pengawasan mutu data/informasi obat dan keputusan profesional.Tujuan dilakukan analisis mengenai kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan informasi obat. Metode penelitian deskriptif kuantitatif pengambilan sampel dilakukan non probability sampling dengan cara aksidental sampling dengan mengambil data pada pasien rawat jalan di puskesmas kusuma bangsa kota pekalongan. Penelitian ini dilakukan pada pasien rawat jalan Puskesmas Kusuma Bangsa Kota Pekalongan yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil menunjukan tingkat kepuasan pasien rawat jalan secara keseluruhan dalam kategori puas dengan persentase 46,9% sedangkan pada 5 dimensi dalam kategori cukup puas dengan masing-masing dimensi yaitu kehandalan 54,2%, ketanggapan 59,4%, jaminan 50,0%, empati 43,8% dan berwujud 51,1%. Tindakan yang dapat dilakuakn dengan meningkatkan mutu dari pelayanan informasi obat kepada pasien.

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2020
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia