Penerapan Expressive Writting Theraphy Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Remaja kelas XII
Pengarang : Sani Lutfiatunisa, Nurul Aktifah, Yuni Sandra Prati
Kata Kunci   :Kecemasan, Remaja kelas XII, Expressive Writting Theraphy
ABSTRAK
Penerapan Expressive Writing Theraphy Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Remaja Kelas XII
Sani Lutfiatunisa, Nurul Aktifah
Program Sudi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Kelas duabelas merupakan puncak pendidikan formal dimana remaja akan dihadapkan dengan ujian dari sekolah maupun ujian untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Banyaknya tekanan dalam mengahadaoi ujian membuat remaja mengalami kecemasan hal ini dapat mempengaruhi kinerja akademis remaja dalam mengahadapi ujian. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menurunkan kecemasan adalah expressive writing theraphy. penuliasan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui penerapan expressive writing theraphy terhadap penurunan kecemasan pada remaja kelas dua belas. Desain pada penulisan karya tulis ilmiah ini berupa studi kasus dengan subyek studi dua responden yang mengalami kecemasan dalam menghadaoi ujian. Hasil analisa tingkat kecemasan setelah diberikan expressive writing theraphy selama lima klai pertemuan dalam satu minggu menunjukan penurunan rentang tingkat kecemasan diukur menggunakan skala kecemasan Depretion Anxiety Stress Scale (DASS 42). Diharapkan hasil studi kasus ini dapat digunakan sebagai salah satu terapi untuk mengurangi kecemasan
.
Kata kunci : kecemasan, remaja kelas XII, expressive writing theraphy
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2022 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |