Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kematangan Sosial Anak Usia Toddler di Desa Dadirejo Kecamatan Tirto
Pengarang : Sri Pujiati, Nur Izzah
Kata Kunci   :Anak Usia Toddler, Kematangan Sosial, Pola Asuh
Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2024
ABSTRAK
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kematangan Sosial Anak Usia Toddler Di Desa Dadirejo Kecamatan Tirto
Sri Pujiati , Nur Izzah2
Latar Belakang : Beberapa anak ada anak yang mengalami hambatan dalam kematangan sosial, terutama mereka yang tidak bisa menuntaskan tugas sesuai usia perkembangannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kematangan sosial anak adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dengan kematangan sosial anak usia toddler di Desa Dadirejo Kecamatan Tirto.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel Cluster random sampling dengan jumlah sampel 45 responden. Alat ukur yang digunakan PSDQ (Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version) dan VSMS (vineland Social Maturity Scale). Analisis data yang digunakan Uji Kolmogorov smirnov two independent sample.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan hampir semua 37 (82,2%) memiliki pola pengasuhan demokratis dan sebagian besar 34 (75,6%) yang memiliki kematangan sosial sesuai umur. Hasil dari penelitian didapatkan nilai sig (2-tailed) = 0,215 dan α = 0,05 sehingga sig (2-tailed) > α dan Ha ditolak yang menunjukkan tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan kematangan sosial anak usia toddler
Simpulan : Tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kematangan sosial anak usia toddler. Pola asuh yang baik sangat diperlukan dalam perkembangan anak dan orang tua memiliki peran penting bagi anak-anaknya. Kondisi ini penting untuk menginformasikan model pengasuhan yang sebaiknya dipraktikkan orang tua dan menjelaskan bagaimana perkembangan anak sesuai dengan usianya sehingga anak mengalami kematangan sosial.
Kata Kunci : Anak usia toddler, Kematangan sosial, Pola asuh
Daftar Pustaka : 20 Artikel, 6 Buku (2016-2023)
Undergraduate Program in Nursing
Faculty of Health Sciences
University of Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
August, 2024
ABSTRACK
The Correlation between Parenting Styles and Social Maturity in Toddlers in Dadirejo Village, Tirto District
Sri Pujiati , Nur Izzah2
Background: Some children experience delays in social maturity, particularly those who cannot complete developmental tasks for their age. One factor influencing a child's social maturity is parenting style. This study aims to investigate the correlation between parenting styles and social maturity in toddlers in Dadirejo Village, Tirto, Pekalongan Regency.
Methods: This quantitative study employed a cross-sectional design. The sample was selected using cluster random sampling, totaling 45 respondents. The measurement tools being used were the Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version (PSDQ) and the Vineland Social Maturity Scale (VSMS). The collected data were analyzed with the Kolmogorov-Smirnov two-independent samples test.
Results: The results showed that almost all of the participants, 37 (82.2%), had a democratic parenting style, and the majority, 34 (75.6%), had social maturity appropriate for their age. The study found a significance value (2-tailed) of 0.215 with an alpha level of 0.05, indicating that the significance value (2-tailed) > alpha. Therefore, the hypothesis (Ha) was rejected, showing no correlation between parenting styles and toddlers’ social maturity.
Conclusion: There is no correlation between parenting styles and toddlers' social maturity. Good parenting is crucial for a child's development, and parents play a significant role in their children's growth. These findings highlight the importance of promoting effective parenting models and understanding how children's development aligns with their age to achieve social maturity.
Keywords: toddlers, social maturity, parenting styles
References: 20 articles, 6 books (2016-2023)
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Afdal, Amaliyah, S., Humairah, U. W., Noviyas, Z., Farah, S., & Syapitri, D. (2022). Perbedaan Kemandirian Anak Berdasarkan Pengasuhan Orang Tua dan Grandparents. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 12(1), 11.
Ani, A. (2017). Perbedaan Stimulasi dan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Sekolah Antara Anak Yang Diasuh Grandparent dan Orang Tua.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Donsu, D. J. D. T. (n.d.). Metodologi Penelitian Keperawatan. Pustaka Baru Press.
Fardhoni, Sedjati, R. S., & Permana, I. S. (2021). Pengaruh Pelayanan Keperawatan, dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 10–17.
Kaffa, Z., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Analisa Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2612–2616.
Karunia, M. F., Rahayu, M. S., & Khasanah, A. N. (2021). Komunikasi Interpersonal Ibu-Anak dengan Kematangan Sosial pada Anak Prasekolah. 648–652. http://103.78.195.33/handle/123456789/28493
Khadijah, Z. N. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Sini Teori dan Strateginya (Cetakan ke). Merdeka Kreasi.
Lisardika, A. V. (2017). Perbedaan Kematangan Sosial Anak Usia Dini Ditinjau Dari Keikutsertaan Anak (TPA). 22(1), 89–100.
Malik, A. I., Ratnawati, M., & Prihantanti, N. G. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia Toddler Di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Jurnal Bidan “Midwife Journal,” 3(02), pISSN 2477-3441.
Marcelyna, C. (2020). Studi kasus karakteristik kematangan sosial pada anak cerebral palsy ditinjau dari VSMS (vineland social maturity scale). Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 5(2), 146–154. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/1686
Marwa, L. S. (2020). Kematangan Sosial Pada Mahasiswa Merantau Di Iain Surakarta. Academica?: Journal of Multidisciplinary Studies, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.22515/academica.v4i1.2134
Masriadi, Baharrudin, S. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan Kdokteran & Keperawatan. CV. Trans Info Medika.
Mustikarani, I. K., Ekacahyaningtyas, M., & Rakhmawati, N. (2020). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kematangan Sosial Anak Usia Prasekolah (Pendekatan Teori Bannard). Intan Husada: Jurnal Ilmu Keperawatan, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.52236/ih.v8i2.185
Nababan, A. P., Utami, T. A., & Susilo, W. H. (2021). Daampak Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Kematangan Sosial Anak Prasekolah. Jurnal Kesehatan, 11(1), 30–35.
Nurhidayah, I., Gunani, R. G., Ramdhanie, G. G., & Hidayati, N. (2020). Deteksi Dan Stimulasi Perkembangan Sosial Pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 3(2), 42–58. https://doi.org/10.32584/jika.v3i2.786
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Edisi 4).
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Edisi 5). Salemba Medika.
Prasma, natasha eva, Ringo, L., Widiastuti, S. H., & Butarbutar, S. (2021). Tingkat Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Toddler di Paud Santa Maria Monica Bekasi Timur. Jurnal Keperawatan Cikini, 2(2), 26–32.
Puspandari, Wilda, R. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah. Jurnal Sabhanga, 1(1), 74–82.
Ratnaningsih, tri. (2019). Buku Ajar (teori dan konsep) Tumbuh Kembang dan Stimulasi. Indomedia Pustaka.
Sinadia, M. M., & Prasetya, A. W. (2017). Perbedaan perkembangan sosial anak toddler yang mengikuti paud dan tidak mengikuti paud. Jurnal Penelitian Kesehatan, 7(1), 32–36.
Sucipto, C. D. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan (Cetakan Pe). Gosyen Publishing.
Sujianti. (2019). Pertumbuhan dan perkembangan anak prasekolah yang menggunakan gadget di TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(1), 52–58. https://doi.org/10.33023/jikeb.v5i1.231
Syahailatua, J., & Kartini, K. (2020). Pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang berhubungan dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2020.v3.77-83
Utami, D. T. (2018). Perilaku Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39–50.
Wina, L., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Nursing News, 1, 162–173.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |