Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN, MOTIVASI, DAN PROFESIONALISME TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PADA BAPPERIDA KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Sheni Sudiani, Usamah
Kata Kunci   :Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Motivasi, dan Profesionalisme

Kualitas Pelayanan Pegawai di Bapperida Kabupaten Pekalongan masih ditemukan beberapa permasalahan, bagi instansi pemerintah yang memiliki dampak langsung terhadap kepuasan masyarakat dan pencapaian tujuan pembangunan daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Motivasi, Dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Bapperida Kabupaten Pekalongan. penelitian dengan metode kuantitatif, sampel dalam penelitian berjumlah 36 responden yang diambil menggunakan teknik quota sampling dengan rumus Slovin. Data yang diperoleh ialah data primer yang menggunakan hasil jawaban kuesioner yang telah dibagikan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Motivasi, dan Profesionalisme secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Bapperida Kabupaten Pekalongan. Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Motivasi, dan Profesionalisme secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Bapperida Kabupaten Pekalongan. Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan merupakan variabel profesionalisme. Maka ini dapat disimpulkan bahwa variabel profesionalisme merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pegawai karena memiliki koefisien regresi 10.805 > daripada koefisien regresi -10.536 variabel tingkat pendidikan, 3.942 variabel pelatihan, 3.295 variabel motivasi .

The quality of employee services at Bapperida Pekalongan Regency still has several problems, for government agencies that have a direct impact on community satisfaction and the achievement of regional development goals. The purpose of this study is to analyze the influence of education, training, motivation, and professionalism on the quality of employee services at the Pekalongan Regency Bapperida. The study employed quantitative methods, and the sample consisted of 36 respondents, selected using the quota sampling technique with the Slovin formula. The data obtained is primary data based on the results of the distributed questionnaire. The data analysis technique used multiple linear regression analysis using SPSS version 24. The results of this study showed that the Level of Education, Training, Motivation, and Professionalism partially have a significant effect on the Quality of Employee Services at Bapperida Pekalongan Regency. The level of education, training, motivation, and professionalism simultaneously has a significant effect on the quality of employee service at the Pekalongan Regency Bapperida. The variable that has the most dominant influence is professionalism. Therefore, it can be concluded that the professionalism variable is the dominant variable in influencing the quality of employee service, with a regression coefficient of 10,805, compared to the regression coefficients of -10,536 for education level, - 3,942 for training, and -3,295 for motivation.


Keywords: Education Level, Training, Motivation, and Professionalism
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Azizah, N., Salim, A., & Khalid, I. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pegawai Di RSUD Padjonga DG.Ngalle Kabupaten Takalar. Pujia Unismuh Makassar, 9 No.1, 13.

Arifianto, N. (2021). Kualitas Pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Kantor Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo. Jurnal Unisri, 10 No.1, 159-171.

Annisa, N., Kusuma, A. R., & Hasanah, N. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. e-Journal Pemerintahan Integratif, 7 No.3, 427-437.

Carmiasih, C., & Fitriaty. (2022). Pengaruh Pelatihan Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Mediasi Komitmen Organisasi Pada Juru Pelihara dan Satuan Pengamanan (SATPAM) Di Kawasan Cagar Budaya Muara Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 11 No.3(2685-9424), 641-651.

Gronroos, C. (1984). A Service Quality Model and Its Marketing Implications .  European : Journal of Marketing .

Lehtinen , U., & Lehtinen, J. (1982). Service Quality: A Study of Quality Dimensions . -: Service Management Institute.

Hanasi, R., Aneta, A., & Abdussamad, J. (2024). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor SAMSAT Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7 No.2, 795-805.

Hosnan, H., Mulyani, S., & Susanto, H. (2023). Analisis Pengaruh Kinerja Aparatur dan Tingkat Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep yang Di Mediasi Oleh Produktivitas Kerja. Journal of Management and Creative Businesses (JMCBUS), 1 No.3, 248 - 269.

Saputra, I., & Sopyan, I. (2024). Pengaruh Sarana dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa (Studi Eksplanatory Pada Pemerintah Desa Sekecamatan Sukaresik). Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1 No.1, 9.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Sutopo, Ed.) Bandung: Penerbit ALFABETA Bandung.

Nesa, P., Hidayat, A. I., & Saepudin, A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Kecamatan Cihampelas Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24 No.1, 109-114. DOI:10.33087/jiubj.v24i1.4159

Nugroho, A. A., Nurdin, N., & Simandjorang, V. (2021). Manajemen ASN Outlook. (A. Suryanto, Y. Suwarno, & A. Sudrajat, Eds.) Jakarta: Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia.

Prillia, D. H., & Sujianto. (2022). Pelatihan Teknis Aparatur Sipil Negara Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Pekan Baru. Jurnal SARAQ OPAT, 5 No.1(2809 - 8129), 11.

Nefianto, T. (2022). The Role Of One's Education and Training On The Quality Of Public Services. Journal Research Of Social Science, Economics and Management (JRSSEM), 1 No.8, 1151-1159.

Mulasari, H., & Suratman, B. (2021). Pengaruh Motivasi dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9 No.1, 198 - 210. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p198-210

Muliana, Baharuddin, & Budiman. (2019). Pengaruh Diklat, Insetif dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. YUME : Journal of Management, 2 No.3, 11.

Mursalin, Firman, A., & Badaruddin. (2022). Pengaruh Tata Kelola Arsip, Tingkat Pendidikan dan Fasilitas Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan. Jurnal Manajemen Cash Flow, 1 No.1, 15.

Sila, N., Mappamiring, & Abdi. (2021). Analisis Sistem Penempatan Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Enrekang. Pujia Unismuh Makassar, 2 No.6, 18.

Sayyidah, & Budhi, S. (2024). Pengaruh Kompetensi dan Penempatan Kerja Terhadap Pelayanan Dengan Profesionalisme Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Ilmiah Muqoddimah, 8 No.2, 888 - 896.

Wahyudi, S., & Chamariyah, I. P. (2020). Pengaruh Komunikasi, Tingkat Pendidikan dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Pamekasan. Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik, 3 No.2, 262-275.

Tampubolon, Y. J., & Ginting, S. (2024). Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Dr.Pirngadi Kota Medan. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4 No.3, 2867-2879.

Tias, R. C., Meitiana , & Kristiani, T. (2021). Pengaruh Profesionalisme Kerja dan Kinerja Pegawai Melalui Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Unit Layanan Terpadu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah. Journal of Environment and Management, 273-281.

Utomo, J. W., & Ali, H. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5. No.5, 1548 - 1557.

Uyum, L. L., Sholichah, N., Pramudiana, I. D., Kamariyah, S., & Fatah, Z. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan SEPEKAN (Sistem Informasi Rekomendasi Perizinan Layanan Kelitbangan dengan Digital Signature) Di BAPPEDA Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Administrasi Negara, 8 No.2, 244-265.

Ilyas, A., & Bahagia. (2021). Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 No.6, 5231-5239. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1173

Panjaitan, R. S., Siregar, H. N., & Dalimunte, N. (2024). Pengaruh Profesionalisme Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Dengan Variabel Pemoderasi Insentif Di Kantor Camat Medan Amplas Kota Medan. Journal Genta, 15 No.1, 401-408.

Rosanti, R. B., Santoso, A., & Ghozien, A. (2024). Kabupaten Pekalongan Dalam Angka Pekalongan Regency in Figures. (A. Faroh, Ed.) Kabupaten Pekalongan: BPS Kabupaten Pekalongan.

Rizki , Z. M., & Tresnawati, A. (2024). Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Cipageran Kota Cimahi. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 10 No.4, 2221-2227.

Rachmadi, A., Hairudin, & Jayasinga, H. I. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor BPJS Ketenaga Kerjaan Lampung 1. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Smooting, 18 No.3(2085-2215), 239-253.

Ramadhani, S., & Sihotang, M. K. (2023). Pengaruh Komunikasi, Tingkat Pendidikan dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Pelayanan Di Perbankan Syariah. Jurnal Tabarru: Islamic Banking and Finance, 6 No.2, 795-807.

Ramlawati. (2020). Total Quality Management. (I. Safar, Ed.) Makassar: Penerbit Nas Media Pustaka.

Regita, S. B., & Izzatusholekha. (2025). Pengaruh Profesionalisme Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Gunungsindur. Jurnal Studi Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi, 2 No.1, 107-121. https://doi.org/10.62383/studi.v2i1.109

Rosmajudi, A. (2023). Meta-analisis Pengaruh Motivasi dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Pemerintahan. INNOVATIVE : Journal Of Social Science Research, 3 No.4, 592-602.

Roy, Hakim, L., & Tahir, N. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Journal of Public Policy and Management, 2 No.2, 75-84.

Zikir, E. F., Gunawan, & Manaf, S. (2022). Pengaruh Motivasi dan Fasilitas Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Bagian Umum dan Protokol Setda Kota Baubau. ADMINISTRATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 11 No.1, 22-32.

Bupati Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 8 Tahun 2024 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah. https://bapperida.pekalongankab.go.id/informasi-publik.

BAPPERIDA Kabupaten Pekalongan. Laporan Tahun SKM 2021. https://bapperida.pekalongankab.go.id/informasi-publik.

BAPPERIDA Kabupaten Pekalongan. Laporan Tahun SKM 2022. https://bapperida.pekalongankab.go.id/informasi-publik.

BAPPERIDA Kabupaten Pekalongan. Laporan Tahun SKM 2023. https://bapperida.pekalongankab.go.id/informasi-publik.

BAPPERIDA Kabupaten Pekalongan. Laporan Tahun SKM 2024. https://bapperida.pekalongankab.go.id/informasi-publik.

Ombudsman  RI   Laporan   Pelayanan  Publik  Kita   Masih  Buruk  (2023)

https://ombudsman.go.id/artikel/r/pwkinternal--pelayanan-publik-kita-masih-buruk

BAPPEDA Kabupaten Bantul. Laporan Tahun SKM 2023. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKGjZv8NxnagIA6FnLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1743742319/RO=10/RU=https%3a%2f%2fbappeda.bantulkab.go.id%2findex.php%3foption%3dcom_dropfiles%26task%3dfrontfile.download%26catid%3d100%26id%3d396%26Itemid%3d1000000000000/RK=2/RS=4oPOKQnzLA3.VBs9BCaB15Ki6Pk-

 

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia