PENERAPAN TERAPI BERMAIN MENGGAMBAR UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA ANAK PRA SEKOLAH AKIBAT HOSPITALISASI
Pengarang : Maulida Rifdatul Ummah, Siti Rofiqoh
Kata Kunci   :hospitalisasi, anak usia prasekolah, kecemasan, terapi bermain menggambar
Penerapan Terapi Bermain Menggambar Untuk
Mengurangi Kecemasan Pada Anak Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi Di Ruang Flamboyan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan
Maulida Rifdatul Ummah, Siti Rofiqoh, M.Kep.,Ns.Sp.An
Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
ABSTRAK
Perasaan cemas merupakan dampak dari hospitalisasi yang dialami oleh anak pra sekolah. Dampak ini beresiko dapat mengganggu tumbuh kembang anak dan proses penyembuhan pada anak. Untuk mengurangi kecemasan pada anak dapat dilakukan terapi bermain. Studi kasus ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan terapi bermain menggambar untuk mengurangi kecemasan pada anak pra sekolah akibat hospitalisasi masalah ansietas. Rancangan studi kasus yang digunakan adalah deskriptif dengan subjek studi kasus dua pasien anak usia prasekolah (3-6thn) yang mengalami ansietas. Studi kasus ini dilakukan asuhan keperawatan selama 3 hari dengan intervensi pemberian terapi bermain menggambar. Hasil studi kasus ini menunjukan masalah ansietas pada dua kasus teratasi. Kesimpulan: terapi bermain terbukti dapat menurunkan kecemasan pada anak hospitalisasi. Saran bagi perawat diharapkan menerapkan terapi bermain menggambar dengan melibatkan keluarga dalam menurunkan ansietas pada anak akibat hospitalisasi.
Kata kunci: hospitalisasi, anak usia prasekolah, kecemasan, terapi bermain menggambar
Application of Play Drawing Therapy to Reduce Anxiety in Pre-School Children Due to Hospitalization in the Flamboyant Room of PKI Muhammadiyah Hospital in Pekajangan
Maulida Rifdatul Ummah, Siti Rofiqoh, M.Kep.,Ns.Sp.An
Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
ABSTRAC
Anxious feelings are the impact of hospitalisation experienced by pre-school children. This impact is risky to interfere with child growth and the healing process in children. To reduce anxiety in children can be performed therapeutic play. The case study aims to illustrate the application of play-drawing therapy to reduce anxiety in pre-school children due to hospitalization problems. The draft case study used was descriptive with the case study subject of two preschool-aged children (3-6yrs) who had an ansietas. This case study was done nursing care for 3 days with the intervention of therapeutic play of drawing. The results of this case study indicate that the problem of an anation in two cases is resolved. Conclusion: Proven play therapy can lower anxiety in child hospitalization. Advice for nurses is expected to adopt a drawing playing therapy involving the family in lowering the anxiety of the child due to hospitalization.
Key words: hospitalization, preschoolers, anxiety, playing drawing therapy.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2019 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |