HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP DI RSUD KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Dwi Trisnaheni, Nur Izzah Priyogo
Kata Kunci   :Kualitas Pelayanan Keperawatan, Tingkat Kecemasan
Pasien mengalami kecemasan selama menjalani perawatan di rumah sakit. Rumah sakit sebagai institusi pemberi layanan kesehatan dituntut memberikan pelayanan berkualitas untuk menurunkan kecemasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kecemasan pasien. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien di ruang rawat inap RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan sebanyak 93 orang dengan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian diketahui 55 orang (59,1%) menyatakan bahwa kualitas pelayanan keperawatan baik dan 84 orang (90,3%) tidak mengalami kecemasan selama menjalani rawat inap. Hasil uji chi square menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kecemasan pasien di ruang rawat inap dengan ρ value: 0,029 dan OR: 5,984 artinya responden yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan keperawatan baik, berpeluang sebesar 5,984 kali lebih besar untuk tidak mengalami kecemasan daripada responden yang menyatakan kualitas pelayanan keperawatan kurang. Rekomendasi untuk rumah sakit agar lebih meningkatkan kinerja pelayanan keperawatan dan keterampilan perawat memberikan pelayanan kepada pasien. Perlu memperhatikan aspek psikologis agar pasien tidak cemas selama menjalani rawat inap.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2020 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |