Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Peran Serta Apoteker Dalam Pelayanan Informasi Obat Terhadap Tingkat Kepuasan Dan Pengetahuan Pasien Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan


Pengarang : Abdul Aziz, St. Rahmatullah, Nur Izzah Priyo


Kata Kunci   :Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi Obat, Pengetahuan Pasien

Pelayanan Informasi Obat (PIO) merupakan salah satu bentuk pelayanan kefarmasian, selain menjadi tuntutan profesionalisme, pelayanan kefarmasian juga dapat dilihat sebagai faktor untuk mengevaluasi kepuasan pasien, selain itu pelayanan informasi obat juga dapat dijadikan media promosi kepada pasien tentang siapa apoteker. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional pengambilan sampel Non – Probability Sampling dengan cara Consecutive sampling yaitu dengan mencari sampel yang memenuhi kriteria inklusi, sampai didapat jumlah sampel sebanyak 99 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara peran serta apoteker dalam pelayanan informasi obat dengan tingkat kepuasan, dengan nilai P value 0,006 dan nilai OR sebesar 13,5, serta ada hubungan yang signifikan antara peran serta apoteker dalam pelayanan informasi obat dengan tingkat pengetahuan pasien dengan nilai P value 0,001 dan nilai OR sebesar 14,4 dari hasil tersebut diharapkan rumah sakit dapat menambah jumlah SDM Apoteker yang ada dalam satu instalasi farmasi.

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2019
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia