Hubungan Peran Serta Apoteker Dalam Pelayanan Informasi Obat Terhadap Tingkat Kepuasan Dan Pengetahuan Pasien Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan
Pengarang : Abdul Aziz, St. Rahmatullah, Nur Izzah Priyo
Kata Kunci   :Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi Obat, Pengetahuan Pasien
Pelayanan Informasi Obat (PIO) merupakan salah satu bentuk pelayanan kefarmasian, selain menjadi tuntutan profesionalisme, pelayanan kefarmasian juga dapat dilihat sebagai faktor untuk mengevaluasi kepuasan pasien, selain itu pelayanan informasi obat juga dapat dijadikan media promosi kepada pasien tentang siapa apoteker. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional pengambilan sampel Non – Probability Sampling dengan cara Consecutive sampling yaitu dengan mencari sampel yang memenuhi kriteria inklusi, sampai didapat jumlah sampel sebanyak 99 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara peran serta apoteker dalam pelayanan informasi obat dengan tingkat kepuasan, dengan nilai P value 0,006 dan nilai OR sebesar 13,5, serta ada hubungan yang signifikan antara peran serta apoteker dalam pelayanan informasi obat dengan tingkat pengetahuan pasien dengan nilai P value 0,001 dan nilai OR sebesar 14,4 dari hasil tersebut diharapkan rumah sakit dapat menambah jumlah SDM Apoteker yang ada dalam satu instalasi farmasi.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2019 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |