Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Perilaku Bullying dengan Kesehatan Mental pada Remaja di SMP Salafiyah Kota Pekalongan
Pengarang : Tika Setyarini, Neti Mustikawati
Kata Kunci   :Perilaku Bulying, Kesehatan Mental, Remaja

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Februari 2025
ABSTRAK
Tika Setyarini1, Neti Mustikawati2
Hubungan Perilaku Bullying dengan Kesehatan Mental pada Remaja di SMP Salafiyah Kota Pekalongan

Latar Belakang: Bullying didefinisikan sebagai perilaku tidak menyenangkan oleh individu atau kelompok yang menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman, terluka, dan tertekan baik secara verbal, fisik, atau sosial, baik secara langsung maupun online, itu semua akan berdampak pada kesehatan mental korban, pelaku dan mereka yang melihat perbuatan bullying tersebut.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian korelatif dengan pendekatan cross-sectional dan sampel sebanyak 267 siswa di SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Olweus Bully/Victim Questionnaire (OBVQ) untuk perilaku bullying dan kuesioner Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) untuk kesehatan mental. Analisis univariat pada data numerik menggunakan nilai mean, median, dan modus. Sedangkan data kategorik menggunakan distribusi frekuensi. Analisis bivariat yang digunakan adalah uji korelasi spearman rank.
Hasil: Mayoritas sebanyak 85 (31,8%) responden pernah menjadi keduanya (pelaku dan korban) bullying dengan kesehatan mental abnormal, dengan hasil responden memiliki skor kesulitan dengan hasil nilai P-Value sebesar 0,985 > 0,05 menunjukkan tidak ada hubungan perilaku bullying dengan kesehatan mental. Dan mayoritas sebanyak 212 (79,4%) responden pernah menjadi keduanya (pelaku dan korban) bullying dengan kesehatan mental normal, dengan hasil responden memiliki skor kekuatan dengan hasil nilai P-Value sebesar 0,829 > 0,05 menunjukkan tidak ada hubungan perilaku bullying dengan keshetan mental.
Simpulan: Tidak ada hubungan antara perilaku bullying dengan kesehatan mental di SMP Salafiyah Kota Pekalongan.
Rekomendasi: Diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi profesi keperawatan untuk menginformasikan tentang pencegahan perilaku bullying dan kesehatan mental.
Kata Kunci: Perilaku Bullying, Kesehatan Mental, Remaja
Daftar Pustaka: 56 (2015-2024)

Undergraduate Program in Nursing
Health Sciences Faculty
Universityy of Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
February 2025

ABSTRACT
Tika Setyarini1, Neti Mustikawati2
The Relationship Between Bullying Behavior and Mental Health Among Adolescents at Salafiyah Junior High School, Pekalongan City

Background: Bullying is defined as unpleasant behavior by individuals or groups that causes a person to feel uncomfortable, hurt, and pressured, whether verbally, physically, socially, or through online means. Such experiences can significantly impact the mental health of victims, perpetrators, and witnesses of bullying.
Methods: This study employed a correlational research design with a crosssectional approach. A total of 267 students from Salafiyah Junior High School (SMP Saqlafiyah), Pekalongan City, were included as the sample. Data collection was conducted using the Olweus Bully/Victim Questionnaire (OBVQ) to assess bullying behavior and the Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) to evaluate mental health. Univariate analysis of numerical data was performed using mean, median, and mode values, while categorical data were analyzed through frequency distribution. Bivariate analysis was conducted using the Spearman rank correlation test.
Results: Most respondents, 85 students (31.8%), had experienced being both perpetrators and victims of bullying and exhibited abnormal mental health, as indicated by a difficulty score. However, the Spearman rank test yielded a p-value of 0.985 (> 0.05), indicating no significant relationship between bullying behavior and mental health. Furthermore, 212 respondents (79.4%) who had experienced being both perpetrators and victims demonstrated normal mental health, with a strengths score, and the p-value obtained was 0.829 (> 0.05), again indicating no significant relationship between bullying behavior and mental health.
Conclusion: There is no significant relationship between bullying behavior and mental health among adolescents at SMP Salafiyah, Pekalongan City.
Recommendation: These findings are expected to serve as a reference for the nursing profession to inform efforts in preventing bullying behavior and promoting mental health among adolescents.
Keywords: Bullying Behavior, Mental Health, Adolescents
References: 56 sources (2015–2024)
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Amalia, R. R., Oktaviani, F. S., & Andayani, S. R. D. (2024). Pengaruh Pendidikan Karakter Anti-Bullying terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik di SMP Khoiriyah Sumobito. Jurnal Ilmiah Keperawatan, Volume 10, 416–420.

Amran, T. A., & Slametiningsih. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying pada Siswa di SMK Islamiyah Ciputat. Indonesian Journal of Nursing Practices, Vol.4.

Ananta, A., & Suhadianto. (2021). Stop Bully!! Untung surabaya Press.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2024). Jumlah Anak (Usia 0-18 Tahun) Korban Kekerasan Per Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2022-2023. https://jateng.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTAyNiMy/jumlah-anakf-usia-0-18-tahun-korban-kekerasan-per-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html

Balengka, K. B., Khairun, D. Y., & Rahmawati. (2021). Perilaku Prososial Siswa dan Implikasi Program dalam Bimbingan Pribadi Sosial. Jurnal Ilmu Psikologi, Vol.12.

Buanasari, A. (2021). Asuhan Keperawatan Sehat Jiwa Pada Kelompok Usia Remaja. CV Tohar Media.

Christofora K. (2023). Meengenal Jenis-jnis Bullying dan Bagaimana Mencegahnya. Cahaya Harapan.

Daryaswanti, P. I., Pendet, N. M. D. P., & Muryani, N. M. S. (2024). Kesehatan Mental pada Remaja (Efitra (ed.); Cetakan Pe). PT. Sopedia Publishing Indonesia.

Devita, Y., & Dyna, F. (2019). Analisis Hubungan Karakteristik Anak Dan Lingkungan Keluarga Dengan Perilaku Bullying. Health Care : Jurnal Kesehatan, 7(2), 15–21. https://doi.org/10.36763/healthcare.v7i2.24

Elhamid, G. A. A., Mourad, G. M., & Ahmed, F. M. (2021). Assesment of Bullying and Its Effect on Mental Health among Secondary Schoo Students. Journal of Nursing Science, Volume 2.

Fadhilah, S. S., Sitasari, N. W., & M, S. (2021). Gambaran Perilaku Bullying Santri di Pondok Pesantren. JCA Psikologi, Vol.2.

Fatrida, D., Elvani, Y., Mustakim, & Saputra, A. U. (2022). Asuhan Keperawatan Keluarga dan Komunitas: Upaya Pencegahan Kanker Payudara Anak Usia Remaja. CV. Adanu Abimata.

Feilasifa, B., & Sutoyo, A. (2022a). Hubungan Antara Perilaku Bullying Dengan Kesehatan Mental Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Kendal. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 160–173.

Feilasifa, B., & Sutoyo, A. (2022b). Hubungan Antara Perilaku Bullying dengan Kesehatan Mental Siswa Kelas VIIIdi SMP Negeri 2 Kendal. Jurnal Edukasi Bimbingan Konseling, Vol.8, Hal 160-173.


Freska, W. (2023). Bullying dan Kesehatan Mental Remaja (B. Hernowo (ed.); cetakan pe). CV. Mitra Edukasi Negeri.

Freska, W., & Refnandes, R. (2023). Resiliensi Korban Bullying Remaja. CV Mitra Edukasi Negeri.

Gainau, M. B. (2015). Perkembangan remaja dan Problematikanya. PT Kanisius.

Goncalves, Francine Gui, A., Held, E., Peixoto, B. N., Rodrigues, G. A., Fillipetto, M., & Guimaraes, L. S. P. (2016). Contruct Validity and Reliability of Olweus Bully/Victim Questionnaire-Brazilian Version. Psicologia: Reflexão e Crítica. https://doi.org/10.1186/s41155-016-0019-7

Hanis, N., Marthoenis, Maidar, Abdullah, A., & Saputra, I. (2021). Hubungan Bullying dan Literasi Kesehatan Mental denga Status Kesehatan Mental Remaja pada Sekolah Boarding di Banda Aceh. Jurnal Kesehatan Ilmiah, Volume 14, 96–105.

Hidayat, A. A. A. (2017). Metodolgi Keperawatan dan Kesehatan. Salemba Medika.

Hidayat, I. S. (2023). mengenal Lebih Dalam Tentang Bullying, Faktor Penyebab, Bahaya dan Cara Pencegahanya. Dinas Pendidikan Puwakarta. https://disdik.purwakartakab.go.id/

Iskandar, N. A., Ingkiriwang, E., Tania, E., Kedokteran, F., Kristen, U., Wacana, K., Psikiatri, D., Kedokteran, F., Kristen, U., & Wacana, K. (2021). Gambaran Kesehatan Mental Emosional Siswa SMA Tahun 2020 Menggunakan Strengths and Difficulties Questionnaire Description of Emotional Mental Health of High School Students in 2020 Using Strengths and Difficulties Questionnaire. Jurnal Kedokteran Meditek, 27(3), 203–211.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2024). Kolaborasi KemenPPPA dan UNICEF: Sinergikan Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial di Kementerian dan Lembaga. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NTMzOA==

Kementerian Kesehatan. (2022). Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental pada Remaja. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/362/mengenal-pentingnya-kesehatan-mental-pada-remaja

Kementerian Kesehatan. (2018). Petunjuk Teknis Penjaringan Keshatan dan Pemeriksaan Berkala Anak Usia Sekolah dan Remaja.

Kementerian Kesehatan. (2024). Remaja 10-18 Tahun. https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/remaja#:~:text=Kesehatan remaja merupakan hal yang sangat penting diperhatikan karena pada

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2024). Hardiknas: Bergerak Serentak


Wujudkan Perlindungan Anak pada Satuan Pendidikan. https://www.kpai.go.id/publikasi/hardiknasbergerak-serentak-wujudkan-perlindungan-anak-pada-satuan-pendidikan/amp

Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Pusat Pendidikaana Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber daya Manusia Kesehatan.

Mayasari, A. C., Hasdianah, Siyoto, S., & Rustam, Z. A. (2017). Metode penelitian Keperawatan dan Statistik. Media Nusa Kreative.

Meliyana, Arie Gunawan H.Zubair, A. M. A. (2024). Pengaruh Regulasi Emosi terhadap Perilaku Bullying pasa Siswa SMA/SMK di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, Vol. 4, Hal.483-489.

Munandar, A., & Nurbayan, S. T. (2025). Fenomena bullyingdi Satuan Pendidikan Dasar. Tantangan dan DampakSosial-Psikologis Siswa KorbanBullying. 49–53.

Nasution, A. A., & Multiera, D. F. (2019). Patologi Sosial dan Pendidikan Islam Keluarga. Scopindo Media Pustaka.

Nasution, F. S. (2021). Kasus Bullying Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Kesehatan Mental Anak Usia Dini. Mubtada: Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan Dasar, 4(4), 57–67.

Natalia, L. E. (2024). Dunia Remaja Permasalahan dan Solusinya (Febriana (ed.)). CV Ananta Vidya.

Nugroho, P. S. (2020). Analisis Data Penelitian Bidang Kesehatan. Gosyen Publishing.

Nursalam. (2017). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salembaa Medika.

Nursal, D. G. A., Yani, F. F., Machmud, R., Triman, W., Almasdya, D., & Mutia. (2023). Smooking Cessation pada Remaja di Tinjau dari Budaya. CV. Adanu Abimata.

Pradono, J., Hapsari, D., Supardi, S., & Budiarto, W. (2018). Panduan manajemen penelitian kuantitatif. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Purnomo, H., Agustin, E. A., Priliana, W. K., & Robert, D. (2024). Bunga Rampai Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Media Pustaka Indo.

Putri, U. N. H., Nur’aini, Sari, A., & Mawaddah, S. (2022). Modul Kesehatan Mental. CV Azka Pustaka.

Putri, D. A., & Masnawati, E. (2024). Kasus Bullying di Sekolah; Penyebab, cara mengatasi, dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. Islamic Education Managemen Journal, Vol.4.

Rasyid, P. S., Zakaria, R., & Munaf, A. Z. T. (2022). Remaja dan Stunting. PT Nasya Expanding Management.

Rati, N. W., Apsari, N. M. M., Putri, R. P. A., Swari, N. P. V., Dewi, P. A., & Darsana, I. W. G. (2024). Stop Bullying! Nilacakra Publishing House.

Reza, W., Ananda, S. T., Ivanca, T., Fadilah, A., & Jonathan, S. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental remaja di Kota Batam. Jurnal Sintak, Vol. 1.

Siregar, M. H., Susanti, R., Indriawati, R., Yuanita, P., Hanaruddin, D. yuliana, Ahiwijaya, A., Abar, H., Agustiawan, Nugraha, D. P., & Renaldi, R. (2021).


Metodogi Penelitian Kesehatan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sucipto, C. D. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Gosyen Publishing.

Sudah Dong. (2015). Buku Panduan Melawan Bullying.

Sugiyono, & Puspandhani, M.E. (2020). Metode Penelitian Kesehatan. Alfabeta, CV

Sukmawati, I., Fenyara, A. H., Fadhilah, A. F., & Herbawani, C. K. (2021). Dampak Bullying Pada Anak Dan Remaja Terhadap Kesehatan Mental. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2021, 2(1), 126–144.

Supriyatno, Tafiati, H., Syaifuddin, A., Sukesi, D. A., Sumarsono, Bachtiar, G., Widiastuti, E., Widjiningsih, R., Rahma, A. N., & Arlym, R. U. (2021). Stop Perundungan/ Bullying Yuk! Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Trisnawati, I. O. (2023). Karakteristik Nilai The Strength and Difficulties Questionnaire untuk Skrining Kesehatan Mental pada Anak Didik Baru di Lembaga Pembinaan Khusus Anak di Jakarta, Indonesia: Studi Cross-Sectional. Journal Of Community Mental Helath and Public Policy, Vol. 5.

United Nations Internasional children's Emergency Fund. (2021). Indonesia: Ratusan Anak dan Remaja Menyerukan Kebaikan dan Diakhirinya Perundungan. https://www.unicef.org/indonesia/id/siaran-pers/indonesia-ratusan-anak-dan-remaja-menyerukan-kebaikan-dan-diakhirinya-perundungan

Vugteveen, J., Bildt, A. de, Theunissen, M., Reijneveld, S. A., & Timmerman, M. (2021). Validity Aspects the Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) Adolescent Delf-report and Parent-Report Versions Among Dutch Adolescents. Journals.Sagepub.Com/Home/Asm, Vol. 28 (2, Hal 601-616.

Wahani, E. T., Isroini, S. P., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh Bullying terhadap Kesehatan Mental Remaja. EduCurio Jurnal, Vol.1.

Warsito, T. D., & Ayubi, D. (2024). Gambaran Perilaku ditinjau dari Faktor Kesulitan Emosional dan Pro-Sosial Remaja di Kota Bekasi Tahun 2023. Jurnal Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, Vol.7.

Wulandari, R., & Putri, D. Y. (2023). Literature Review of Bullying Assessment: A Critical Review of the Inventory of Bullying Scale in Schools. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, Volume 12.

World health Organization. (2022). Kesehatan Mental. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response

Yunidar, Saputra, I. G. A., Tahir, M., & Halifah, N. (2023). Solusi Efektif Cegah dan Tangani Perundungan di Sekolah. Kaizen Media Publishing.

Yusmansyah, S. L., & Mayasari, S. (2019). Bentuk dan Faktor Penyebab Perilaku Bullying Forms and Factors Causing Bullying Behavior. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 22–36.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia