Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh Orientasi Pasar, Kreativitas, Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM (UMKM Kabupaten Pekalongan)
Pengarang : Sigit Setiawan, Yohani, Muhammad Arifiyan
Kata Kunci   :orientasi pasar, kreativitas, inovasi produk, kualitas produk, brand image, kinerja pemasaran, UMKM

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam mendukung perekonomian daerah, namun masih banyak yang menghadapi kendala dalam peningkatan kinerja pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, kreativitas, inovasi produk, kualitas produk, dan brand image terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Pekalongan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sebanyak 99 pelaku UMKM ditentukan sebagai responden menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan analisis data menggunakan regresi linear berganda melalui SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, kelima variabel independen berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM. Namun secara parsial, hanya inovasi produk dan brand image yang menunjukkan pengaruh signifikan, sedangkan orientasi pasar, kreativitas, dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya bagi UMKM untuk lebih fokus pada pengembangan inovasi produk serta memperkuat citra merek dalam upaya meningkatkan kinerja pemasarannya.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abbas, M H. 2019. “Melirik Kinerja Pemasaran UKM Persuteraan Di Kabupaten Wajo Melalui Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7(2): 238-245.

Alma, B. 2014. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.” Alfabeta.

Amabile, T M, dan M G Pratt. 2016. “The dynamic componential model of creativity and innovation in organizations: Making progress, making meaning.” Research in Organizational Behavior 36: 157–183.

Amizan, Muhammad Rizal. 2023. “Pengaruh Kreativitas Pemasaran dan Inovasi Produk Terhadap Business Performance Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening.” https://repository.unissula.ac.id//28837/1/Manajemen_30401511814_fullpdf.pdf. 23 Februari.

Anderson, N, K Poto?nik, dan J Zhou. 2014. “Innovation and creativity in organizations: A state-of-the-science review, prospective commentary, and guiding framework.” Journal of Management 40(5): 1297–1333.

Andika, Yudi. 2024. “Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Makanan Ringan Di Kota Pontianak.” BIS-MA (Bisnis Manajemen) 9(2).

Arikunto, dan Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.” Edisi Revisi. Rineka Cipta.

Basri, Muhamad Chatib. 2024. Kelas Menengah: dari Zona Nyaman ke Zona Makan. 24 Juli. https://www.kompas.id/baca/opini/2024/07/23/kelas-menengah-dari-zona-nyaman-ke-zona-makan.

BPS. 2024. “Kabupaten Pekalongan Dalam Angka 2024.” Badan Pusat Statistik Kabupaten Pekalongan. 28 Februari. https://pekalongankab.bps.go.id/publication/2024/02/28/e8ad44f40e3585f5dbda5517/kabupaten-pekalongan-dalam-angka-2024.html.

Cooper, D R, dan P S Schindler. 2014. “Business Research Methods.” 12th Edition. McGraw-Hill Education.

Csikszentmihalyi, M. 2014. “The Systems Model of Creativity: The Collected Works of Mihaly Csikszentmihalyi.” Springer.

Cyrus, R, Mehta, dan R Patel. 2013. “IBM SPSS Exact Tests.” IBM 23-39.

Devara, Komang Satya, dan Eka Sulistyawati. 2019. “Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran.” E-Jurnal Manajemen 6367-6387.

Dinperindagkop, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UMKM. 2024. “Kelompok Industri dirinci Menurut Jenis Komoditi di Kabupaten Pekalongan Tahun 2023.” Kabupaten Pekalongan.

DPR RI, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta (ID): DPR RI.

Edison, E, Y Anwa, dan I Komariyah. 2018. “Manajemen sumber daya manusia : strategi dan perubahan dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai dan organisasi.” Alfabeta.

Fauziah, Yuyun Nurul. 2020. “pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi (Studi Pada UKM Batik Surabaya).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 8(2).

Febriansyah, Efendi, dan Muhajirin. 2020. “Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha UKM Tenun Motif Renda Kota Bima.” JEMPER(Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan) 58-64. http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/jemper.

Field, A. 2013. “Discovering Statistics Using SPSS.” Sage Publications 4th ed.

Fikri, M Khoirul, Almaz Filzah, dan M Fathrezza Imani. 2022. “Pengaruh Kreatif, Inovasi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Beli Konsumen.” Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan 118-139.

Ghozali, I. 2021. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.” Universitas Diponegoro.

Hardani, H Andriani, J Ustiawaty, R Istiqomah, R A Fardani, D J Sukmana, N H Auliya, dan E F Utami. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.” Penerbit Pustaka Ilmu.

Harini, Sri, Endang Silaningsih, dan Marwah Eka Putri. 2022. “Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM.” JURNAL INSPIRASI BISNIS & MANAJEMEN 6(1): 67-82.

Herawati, Handri. 2022. “Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Program Pemasaran Terhadap Kapabilitas Jejaring Usaha dan Komitmen Perilaku,serta Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran (Studi pada UMKM Bandeng Presto di Kota Semarang).” Digital Library : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Hult, G T M, R F Hurley, dan G A Knight. 2004. “Innovativeness: Its antecedents and impact on business performance.” Industrial Marketing Management 33(5): 429-438.

Jaworski, B J, dan A K Kohli. 2017. “Market orientation (once again): Challenges and a suggested solution.” AMS Review 7(1): 1–10.

KADIN. 2024. UMKM Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/.

Kartajaya, Hermawan. 2006. “Hermawan Kartajaya on Marketing.” Gramedia Pustaka Utama.

Keller, K L. 1993. “Conceptualizing, measuring, and managing customer-based brand equity.” Journal of Marketing 57(1): 1-22.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Republik Indonesia. 2020. “Data UMKM Indonesia.”

Kim, H, S Lee, dan J Lee. 2021. “The impact of brand trust and brand affect on brand loyalty: Evidence from the fashion industry.” Journal of Business Research 135: 398–407.

Knight, G. 2000. “Entrepreneurship and marketing strategy: the SME under globalization.” Journal of International Marketing 12-32.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Management.” 15th Edition. Pearson.

Kurniasari, R D, dan A Utama. 2018. “The Effect Of Product Innovation, Product Creativity, And Product Quality On Competition Advantage ( A Case Study Of Handicraft Enceng Gondok "Akar" ).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1) 467-477.

Kurniasih, Wida. 2021. Pengertian UMKM: Kriteria, Aturan, Peran dan Contoh. https://www.gramedia.com/literasi/umkm/.

Lestari, Retno Cahyaningtyas Puji, dan Rosa Prafitri Juniarti. 2020. “Studi Kinerja Pemasaran Edel Cacao : Peran Kualitas Produk dan Harga.” Jurnal Ilmu Manajemen 8(3): 768-780.

Lukas, Bryan A, dan O C Ferrell. 2000. “The Effect of Market Orientation on Product Innovation.” Journal of the Academy of Marketing Science 28(2): 239-247.

Manambing, Alsinta, Silvya Mandey, dan Maria V.J Tielung. 2018. “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran ( Studi Kasus UMKM Kuliner Tinutuan di Manado).” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3803 – 3812.

Manek, Daniel. 2018. “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Perusahaan Pengolahan Di Kota Semarang.” JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen 8(2): 51-61.

McCarthy, E Jerome, dan William D Perreault Jr. 2003. “Basic Marketing: A Global-Managerial Approach.” 15th Edition. McGraw-Hill 107.

Moleong, Lexy J. 2018. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.

Mucharomah, Nur Laily. 2023. Survei: 70% UMKM Lokal di Indonesia Kesulitan Memasarkan Produk. 16 Mei. https://dailysocial.id/post/survei-70-persen-umkm-lokal-di-indonesia-kesulitan-memasarkan-produk.

Muhajir, dan S Hasan. 2018. “Analisis Pengaruh Kinerja Saluran Distribusi, Orientasi Pasar dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran.” PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi 1: 57–65.

Muhamad. 2008. “Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif.” Rajawali Pres.

Naatu, F. 2016. “Brand Building for Competitive Advantage in the Ghanaian Jewelry Industry.” International Review of Management and Financial Performance, and Industry 10(2): 1-16.

Popoiwo, Meidin, Abdul Rahman Mus, dan Serlin Serang. 2021. “Pengaruh Perilaku Berwirausaha, Kreativitas dan Lingkungan Eksternal terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Pada Usaha Kuliner Di Kabupaten Poso).” Journal of Accounting & Finance (JAF) 2(2): 51-65.

PP UMKM. 2021. “Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.”

Primadhita, Yuridistya, Susilowati Budiningsih, Indrajit Wicaksana, dan Ana Melani. 2023. “Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Dan Inovasi Hijau .” Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital 49-61.

Putri, Ni Kadek Mutiara Adiya, Ni Made Asti Aksari, dan I Gde Ketut Warmika. 2023. “Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah.” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 12: 2421-2433.

Putri, Yulia Anggi, dan Irda Irda. 2023. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kreativitas Program Pemasaran, dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Pangan di Kabupaten Tanah Datar.” Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University 22(2).

Radhiana, Kasmaniar, dan Mukhdasir. 2022. “Kualitas Produk dan Kepercayaan Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Umkm Di Aceh Besar.” Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah (USM) 3(1): 113-123.

Rahadhini, M, dan L Lamidi. 2020. “Pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM melalui keunggulan bersaing.” Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia 4(2): 81–91.

Rahim R, Ummu Kalsum. 2023. “Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Citra Merek Pada UMKM Pakaian Muslimah di Kota Makassar.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir 322-332.

Rahmawati, Susi, Darsono, dan Nuning Setyowati. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pangan Olahan Di Kota Surakarta.” Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) 3: 325-335.

Ramadhani, Fitri, Alum Kusumah, dan Wan Laura Hardilawati. 2022. “Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar Dan Marketing Digital Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pekanbaru.” Economics, Accounting and Business Journal 344-354.

Rizqiani, Nur Laili, Ayatullah Sadali, dan Muhammad Taufik Abadi. 2024. “Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital: Studi Kasus Penggunaan TikTok Shop oleh Sylviea Collection.” Jurnal Sahmiyya 23-30.

Rogers, E M. 2003. “Diffusion of Innovations (5th ed.).” Free Press.

Runco, M A, dan S Acar. 2019. “Divergent thinking: New methods, recent research, and extended theory.” Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts 13(2): 153–158.

Samudra, Renanda Irfan, dan Retno Susanti. 2024. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Budidaya Jamur Kuping Di Desa Wonorejo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar (Survei Pada Satu Periode Panen).” Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis 2(1): 15-28.

Sekaran, Uma, dan Roger Bougie. 2016. “Research Methods for Business: A Skill-Building Approach.” 7th Edition. Wiley.

Setiawan, D, dan A Mulyana. 2021. “Inovasi produk sebagai penentu daya saing UMKM di era digital.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 23(1): 45–58.

Slater, S F, dan J C Narver. 1994. “Does Competitive Environment Moderate the Market Orientation-Performance Relationship?” Journal of Marketing 58(1): 46-55.

Subekti, R A, dan R W Pahlevi. 2022. “Pengaruh Implementasi E-Payment dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus pada Usaha Produk Hobi Alat Pancing).” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1(6): 985–996.

Sugiyono. 2020. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Alfabeta.

Suliana, Susana Dewi Kartika. 2024. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif dan Brand Image terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Fashion di Kota Pontianak.” Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak 57-65.

Suliyanto. 2018. “Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi.” Penerbit Andi.

Sutapa, S, M Mulyana, dan W Wasitowati. 2017. “The Role of Market Orientation, Creativity, and Innovation in Creating Competitive Advantages and Creative Industry Performance.” Jurnal Dinamika Managemen 8(2): 152-166.

Suwarman, U, A Fachrodji, A Nursal, A Nugroho, dan E R Nurzal. 2010. “Pemasaran Strategik Perspektif Value Based Marketing & Pengukuran Kinerja.” IPB Press.

Tjiptono, F, dan G Chandra. 2019. “Total Quality Management.” Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. “Strategi Pemasaran.” Edisi 3. Andi Publisher.

Utami, C W, dan D Lestari. 2020. “Inovasi produk sebagai penentu keberhasilan usaha kecil dan menengah (UKM) di era persaingan global.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) 15(1): 25–36.

Utami, Novia Widya. 2025. “Strategi Pemasaran Anda Gagal? Gini Cara Memperbaikinya!” https://www.jurnal.id/. 5 March. https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-anda-gagal-begini-cara-memperbaikinya/.

Utaminingsih, Adijati. 2016. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran, terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara.” MEDIA EKONOMI DAN MANAJEMEN 31(2): 77-87.

Wang, X, dan Z Yang. 2010. “The Effect of Brand Credibility on Consumers' Brand Purchase Intention in Emerging Economies: The Moderating Role of Brand Awareness and Brand Image.” Journal of Global Marketing 23(3): 177-188.

Wong, Tiffany Valencia, dan Rosdiana Sijabat. 2022. “Pengaruh Brand Image, Customer Engagement, dan Brand Reputation Terhadap Kinerja UMKM Dimediasi Keunggulan Bersaing.” Jurnal Sekretari dan Manajemen 6: 20-31.

Yoo, B, N Donthu, dan S Lee. 2000. “An Examination of Selected Marketing Mix Elements and Brand Equity.” Journal of the Academy of Marketing Science 28(2): 195-211.

 


 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia