Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

GAMBARAN STIMULASI IBU TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH (4-5 TAHUN) DI TK ABA KANDANG PANJANG KOTA PEKALONGAN


Pengarang : Nova Nurfranika P., Aida Rusmariana


Kata Kunci   : perkembangan, anak, usia pra sekolah, stimulasi

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Juli, 2024

ABSTRAK



Nova Nur Franika Putri1, Aida Rusmariana2
Gambaran Stimulasi Ibu terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah 4-5 Tahun di TK ABA Kandang Panjang Kota Pekalongan
Latar Belakang: Stimulasi tumbuh kembang anak dilakukan oleh ibu dan ayah yang merupakan orang terdekat dengan anak, pengganti ibu/pengasuh anak, anggota keluarga lain dan kelompok masyarakat di lingkungan rumah tangga masing-masing dan dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya pemberian stimulasi dapat menyebabkan penyimpangan tumbuh kembang anak bahkan gangguan yang menetap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran stimulasi ibu terhadap perkembangan anak usia pra sekolah (4-5 tahun).
Metode: Penelitian dilakukan secara kuantitatif, menggunakan desain penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini total sampling ibu yang memiliki anak usia 4-5 tahun sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 55 responden. Untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner stimulasi yang terdapat pada buku SDIDTK.
Hasil: Karakteristik responden terbesar ibu yang memiliki anak usia pra sekolah (4-5 tahun) lebih dari separo yang berusia 26-35 tahun 38 (69,1%), tingkat pendidikan SMA 45 (81,8%), dan lebih dari separuh ibu adalah ibu rumah tangga 37 (67,3%). Hasil penelitian menunjukkan gambaran stimulasi ibu terhadap perkembangan anak usia pra sekolah 4-5 tahun adalah cukup 30 (54,5%).
Simpulan: Stimulasi ibu terhadap perkembangan anak usia pra sekolah adalah cukup. Saran untuk ibu diharapkan agar lebih memperhatikan perkembangan anak dan melakukan stimulasi dini secara rutin, agar mendapatkan perkembangan anak semakin baik sesuai dengan tahap perkembangannya. Untuk perawat selalu memberikan edukasi tentang stimulasi perkembangan pada anak pra sekolah kepada orang tua siswa terutama pada ibu.


Kata Kunci: perkembangan, anak, usia pra sekolah, stimulasi

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

 

A. Aziz Alimul Hidayat. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Salemba Medika.

Abd. Nasir, Abdul Muhith, M. E. I. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan: Konsep Pembuatan Karya Tulis dan Tesis untuk Mahasiswa Kesehatan. Nuha Medika.

Annisa Setiawati, Khodijah, Ikawati Setyaningrum, R. C. D. (2017). Teori dan Konsep Keperawatan Pediatrik. CV. Trans Info Media.

Arif Rohman Mansur. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. In Andalas University Press (Vol. 1, Issue 1). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33035/1/Istiqomah Aprilaz-FKIK.pdf

Dinkes Pekalongan. (2021). Profil Kesehatan Kota Pekalongan 2020.

Elsa Safitri. (2018). HUBUNGAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 48-60 BULAN DI SMART SCHOOL ANDUONOHU KOTA KENDARI.

Hariastuti, F. P., & Astuti, N. Y. (2016). GAMBARAN STIMULASI PERKEMBANGAN OLEH IBU TERHADAP ANAK USIA PRASEKOLAH DI KB-IT PERMATA HATI BOJONEGORO. JUMAKiA.

Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 64. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70

Ira Nurmala et al. (2018). Promosi Kesehatan. Airlangga University Press.

Kesehatan, K. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Direktorat Kesehatan Departemen Kesehatan Keluarga, 59.

Maya, F. dan. (2012). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak. D-MEDIKA.

Mbeo, J. R., & Anggraeni, L. D. (2020). Karakteristik dan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Dini Berkaitan dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah. (Jkg) Jurnal Keperawatan Global, 5(1), 48–55. https://doi.org/10.37341/jkg.v5i1.103

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Salemba Medika.

Perwira, M. I. (2022). Gambaran Pengetahuan Ibu Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Anak Toddler. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 7(1), 107. https://doi.org/10.51933/health.v7i1.793

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M. P. (2019). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Edisi Pert). Prenada Media Group.

Rita Puspa Sari, Dwi Apriyanto, Ruminem, A. P. R. (2022). GAMBARAN STIMULASI PERKEMBANGAN YANG DIBERIKAN IBU DAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK BALITA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH PUSKESMAS BENGKURING SAMARINDA. MANUJU: MALAHAYATI NURSING JOURNAL, VOLUME 4 N. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.33024/mnj.v4i7.6576

Rizki Cintya Dewi, Annisa Setiawati, L. D. S. (2015). Teori & Konsep TUMBUH KEMBANG Bayi, Toddler, Anak dan Usia Remaja. Nuha Medika.

Senvi Fatnamartiana, Ahmad Yamin, D. P. (2019). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Guntur Garut Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Bhakti Husada.

Terri Kyle, S. C. (2014). Buku Ajar Keperawatan Pediatri. Buku Kedokteran EGC.

Windi Chusniah Rachmawati. (2019). PROMOSI KESEHATAN DAN ILMU PERILAKU. Wineka Media.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia