Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Tentang Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit QIM Tahun 2020
Kata Kunci   :Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, BPJS
Zumrotul khasna Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Tentang Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit QIM Tahun 2020 BPJS Kesehatan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Jaminan kesehatan menurut UU SJSN diselenggarakan secara nasional dengan prinsip asuransi sosial dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS QIM yang dilihat dari 5 dimensi yaitu, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan metode pengambilan data accedintal sampling dan metode penelitian menggunakan cross secional. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis nilai kepuasan untuk mendapatkan nilai tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari setiap dimensi menunjukan nilai rata-rata kepuasan untuk dimensi kehandalan sebesar 89%, ketanggapan sebesar 93%, jaminan sebesar 97%, empati sebesar 95% dan bukti fisik sebesar 94%. Sistem pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Rumah Sakit QIM Batang telah memenuhi kriteria 5 dimensi mutu yang baik, mencakup mutu pelayanan dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik. Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, BPJS.
Zumrotul khasna Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Tentang Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit QIM Tahun 2020 BPJS Kesehatan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Jaminan kesehatan menurut UU SJSN diselenggarakan secara nasional dengan prinsip asuransi sosial dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS QIM yang dilihat dari 5 dimensi yaitu, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan metode pengambilan data accedintal sampling dan metode penelitian menggunakan cross secional. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis nilai kepuasan untuk mendapatkan nilai tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari setiap dimensi menunjukan nilai rata-rata kepuasan untuk dimensi kehandalan sebesar 89%, ketanggapan sebesar 93%, jaminan sebesar 97%, empati sebesar 95% dan bukti fisik sebesar 94%. Sistem pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Rumah Sakit QIM Batang telah memenuhi kriteria 5 dimensi mutu yang baik, mencakup mutu pelayanan dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik. Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, BPJS.
Referensi
-
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2022 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |