Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh Kualitas Layanan, Keamanan, dan Kenyamanan Mobile Banking Pada Bank Muamalat KCU Pekalongan


Pengarang : Salsabila Ayu Ramadhani, Usamah, Fadli Huda


Kata Kunci   :kualitas layanan,keamanan,kenyamanan mobile banking,satisfaction loyalty engagement

S1 Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Agustus, 2024
ABSTRAK
Salsabila Ayu Ramadhani1, Usamah2, Fadli Hudaya3
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEAMANAN, DAN KENYAMANAN MOBILE BANKING TERHADAP STATISFACTION LOYALTY ENGAGEMENT PADA BANK MUAMALAT KCU PEKALONGAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, keamanan,
dan kenyamanan mobile banking terhadap SLE pada Bank Muamalat KCU Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian adalah 100 orang nasabah Bank Muamalat KCU Pekalongan yang menggunakan mobile
banking dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kualitas layanan mobile banking berpengaruh signifikan terhadap SLE dengan nilai signifikansi sebesar 0,005. 2) Keamanan mobile banking tidak berpengaruh signifikan terhadap SLE dengan nilai signifikansi sebesar 0,134. 3) kenyamanan mobile banking berpengaruh signifikan terhadap SLE dengan nilai signifikansi sebesar 0,007. 4) kualitas layanan, keamanan, dan kenyamanan mobile banking berpengaruh secara simultan terhadap SLE Bank Muamalat KCU Pekalongan. Dengan
demikian diharapkan Bank Muamalat KCU Pekalongan selalu
memperhatikan kebutuhan dan harapan nasabah dalam penggunaan mobile banking Muamalat DIN baik dari segi
kualitas layanan, keamanan, maupun kenyamanannya.
Kata Kunci: kualitas layanan, keamanan, kenyamanan mobile banking, satisfaction loyalty engagement

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abror, A., Dina Patrisia, & Dastgir, S. (2019). Service Quality, Religiosity, 

Customer Satisfaction, Customer Engagement And Islamic Bank?s Customer 

Loyalty. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-

2019-0044

Ajimon George & G.S.Gireesh Kumar. (2014). Impact Of Service Quality 

Dimensions In Internet Banking On Customer Satisfaction. Indian Institute of 

Management Calcutta. https://doi.org/10.1007/s40622-014-0028-2

Al-dmour, H. H., Ali, W. K., & Al-dmour, R. H. (2019). The Relationship 

Between Customer Engagement , Satisfaction , and Loyalty. International 

Journal of Customer Relationship Marketing and Management, 10(2), 35–

60. https://doi.org/10.4018/IJCRMM.2019040103

Ankit, S. (2011). Factors Influencing Online Banking Customer Satisfaction and 

Their Importance in Improving Overall Retention Levels?: An Indian 

Banking Perspective. Information and Knowledge Management, 1(1), 45–55.

Arunagiri Shanmugam; Michael Thaz Savarimuthu; Teoh Chai Wen; (2014). 

Factors Affecting Malaysian Behavioral Intention to Use Mobile Banking 

With Mediating Effects of Attitude. Academic Research International, Vol.5.

Burke Johnson, L. B. C. (2019). Educational Research: Quantitative, Qualitative, 

and Mixed Approaches (7th, berilus ed.). SAGE Publications.

Didin, H., & Tanjung, H. (2005). Manajemen syariah dalam praktik / Didin 

Hafidhuddin, Hendri Tanjung?; penyunting: Arif Anggoro (Cet. 2). Gema 

Insani Press.

Dyah, Afsyah, A., Suryono, D., & Santosa, B. (2022). Pengaruh Kenyamanan 

Layanan, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan 

Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada 

Pelanggan Kantor Pos Indonesia di Wilayah Semarang). Diponegoro Journal 

of Management, 

11(1), 1–11. 

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

Elisabeth, D. R., Nasir, A., & Suyono, J. (2019). The Effect of Service Quality on 

Customer Satisfaction at Koperasi Karyawan PT. Lotus Indah Textile 

Industry. IJEBD (International Journal Of Entrepreneurship And Business 

Development), 2(2), 172–178. https://doi.org/10.29138/ijebd.v2i2.766

Fuad, Imam, G. (2005). Structural Equation Modeling. Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (4th ed.). 

Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 

Update PLS Regresi (Ed. 7). Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM 

SPSS 20 (6th ed.). Semarang BP Undip.

Harahap, D., & Lubis, R. H. (2021). Problematika Perilaku Konsumen Lembaga 

Keuangan Dan Perbankan Islam. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi 

Dan Bisnis Islam, 8(1). https://doi.org/10.30829/hf.v8i1.9368

Hasmah. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Keamanan Mobile Banking 

Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Muamalat Cab. Makassar. 

Sekolah Tinggi Iilmu Ekonomi Nobel Indonesia Makassar.

Heidy, B., Kurniawati, Anniza Bellarisi Cantika, Faadiyah Nisa, & Miranti 

Anggorodhiyu Lokantari. (2022). Service Quality, Satisfaction, and Loyalty 

of BNI Mobile Banking E-Customer. Business and Entrepreneurial Review, 

22(1), 97–118. https://doi.org/10.25105/ber.v22i1.13696

Husnain, M., & Akhtar, M. W. (2016). Impact of Branding on Impulse Buying 

Behavior: Evidence from FMCG?S sector Pakistan. International Journal of 

Business Administration, 7(1). https://doi.org/10.5430/ijba.v7n1p59

Hutabarat, R. (2010). Mobile Banking Security Analisis Based WAP.

Isroul Khusna. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING 

TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus pada PT.Bank Rakyat 

Indonesia Syariah KC Manado-Tendean). IAIN MANADO.

Jebarajakirthy, C., & Shankar, A. (2021). Impact Of Online Convenience On 

Mobile Banking Adoption Intention: A Moderated Mediation Approach. 

Journal of Retailing and Consumer Services, 58(June 2020), 102323. 

https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102323

Jun, M. and Palacios, S. (2016). Examining The Key Dimensions Of Mobile 

Banking Service Quality: An Exploratory Study. International Journal of 

Bank Marketing, 34.

Khan, A. G., Lima, R. P., & Mahmud, M. S. (2018). Understanding the Service 

Quality and Customer Satisfaction of Mobile Banking in Bangladesh: Using 

a Structural Equation Model. Global Business Review, 22(1), 85–100. 

https://doi.org/10.1177/0972150918795551

Kotler, P. (2012). Marketing Management. Upper Saddle River, NJ Pearson 

Education Limited.

Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif?: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan 

Ekonomi (Ketiga). UPP STIM YKPN.

Lestari, A. I., & Widiandhono, H. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompensasi, Dan 

Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Bpr Surya Yudha 

Kencana Banjarnegara. 

Media Ekonomi, 

19(01), 202. 

https://doi.org/10.30595/medek.v19i01.4888

Lestari, V. T., & Ellyawati, J. (2019). Effect Of E-Service Quality On Repurchase 

Intention: Testing The Role Of E-Satisfaction As Mediator Variable. 

International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 

8(7C2), 158–162. https://doi.org/10.35940/ijitee.g5400.0881019

Merhi, M., Hone, K., & Tarhini, A. (2019). A Cross-Cultural Study Of The 

Intention To Use Mobile Banking Between Lebanese And British 

Consumers: Extending UTAUT2 With Security, Privacy And Trust. 

Technology in Society, 

59(June), 101151. 

https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101151

Moenir, H. A. . (2016). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia (Ed.1; Cet.). 

Bumi Aksara.

Muhamad. (2008). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam?: Pendekatan Kuantitatif

(Cet. 1). Rajawali Pers.

Mulanto, T. (2016). Perilaku Konsumsi Upaya Meningkatkan Potensi Produk 

Deposito di Bank Syariah. 

Intizar, 

22(2), 333. 

https://doi.org/10.19109/intizar.v22i2.945

Muntholip, A. (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Islam. Jurnal Kajian 

Keislaman Dan Pendidikan, 01 No. 01(April), 1–12.

Nasri, W. (2011). Factors Influencing the Adoption of Internet Banking in 

Tunisia. International Journal of Business and Management, 6(8), 143–160. 

https://doi.org/10.5539/ijbm.v6n8p143

Nila Erina. (2021). Pengaruh Kemudahan Akses, Kenyamanan, Dan Keamanan 

Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat 

Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nganjuk. In Paper Knowledge . Toward 

Media History of Documents. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Nugroho J. Setiadi. (2008). Perilaku Konsumen Konsep Dan Implikasi Untuk 

Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Kencana Prenada Media.

Nur Khotijah, S., Mawardi, M. C., & Hidayati, I. (2022). Pengaruh Keamanan, 

Kenyamanan, Kualitas Layanan dan Fitur Aplikasi Terhadap Kepuasan 

Nasabah Bank Syariah Pengguna Mobile Banking. El-Aswaq: Islamic 

Economic and Finance Journal V0l. 3, No. 2, Tahun 2022, 3(2), 541–551.

Nurhadi, N. (2020). Konsep Pelayanan Perspektif Ekonomi Syariah. EkBis: 

Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 

2(2), 137. 

https://doi.org/10.14421/ekbis.2018.2.2.1100

Otoritas Jasa Keuangan. (2018). POJK Nomor 12/POJK.03/2018 Tentang 

Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Oleh Bank Umum. Ojk RI, I, 1–

55.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL A 

Multiple-Item Scale For Assessing Electronic Service Quality. Journal of 

Service Research, 7(3), 213–233. https://doi.org/10.1177/1094670504271156

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). 

Erlangga.

Philip Kotler, K. L. K. (2010). Manajemen pemasaran (A. maulana dan W. 

Hardani (ed.); Ed. 13). Erlangga.

Rahardjo, B. (2005). Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet. In PT Insan 

Infonesia (Vol. 0, Issue January 1998). PT Insan Indonesia.

Ramayah, T And Jhosua Ignatius. (2010). Intention to Shop Online?: The 

Mediating Role Of Perceived Ease Of Use. Journal Of Scientific Research.

Ramya, N. (2019). Development. May.

Raza, A., Ikram, M., Aqeel, M., Imran, M., Ul-Hamid, A., Riaz, K. N., & Ali, S. 

(2020). Enhanced Industrial Dye Degradation Using Co Doped In 

Chemically Exfoliated MoS2 Nanosheets. Applied Nanoscience 

(Switzerland), 10(5), 1535–1544. https://doi.org/10.1007/s13204-019-01239-

3

Razafimanjary Maminiaina Aimee. (2019). a Thorough Literature Review of 

Customer Satisfaction Definition, Factors Affecting Customer Satisfaction 

and Measuring Customer Satisfaction. International Journal of Advanced 

Research, 7(9), 828–843. https://doi.org/10.21474/ijar01/9733

Ririn Tri Ratnasari, Adistiar Prayoga, & Nisful Laila. (2019). Kualitas Jasa 

berdasarkan Perspektif Islam, Penjabaran Prinsip CARTER. Fakultas 

Ekonomi Universitas Airlangga, 

January 2012. 

https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22370.07366

Romindo M Pasaribu, Juara Simanjuntak, Rusliaman Siahaan, & Vinsensius 

Matondang. (2023). Perception of Integration Channels and Customer 

Engagement In Loyalty With Satisfaction As Mediation (Pegadaian Wilayah 

1 Medan). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1687–

1699. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Ronny, R., Ilfitriah, A. M., & Nurhadi, M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas 

Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Electronic Banking. 

EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 

5(3), 389–406. 

https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4485

Sagib, G. K., & Zapan, B. (2014). Bangladeshi Mobile Banking Service Quality 

And Customer Satisfaction And Loyalty. Management and Marketing, 9(3), 

331–346.

Sarah, H. (2015). Dampak Branchless Banking Terhadap Kinerja Keuangan PT 

Bank Muamalat Indonesia Tbk. Al-Muzara’ah, 3(2), 136–157. 

https://doi.org/10.29244/jam.3.2.136-157

Sarwono. (2009). Analisis Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. 

Innofarm: Jurnal Inovasi Pertanian, 8(1), 41–53.

Sitinjak, T. J. R. (2006). LISREL (First edit). Graha Ilmu.

Smith, T. A. (2020). The Role Of Customer Personality In Satisfaction, AttitudeTo-Brand And Loyalty In Mobile Services. Spanish Journal of Marketing -

ESIC, 24(2), 155–175. https://doi.org/10.1108/SJME-06-2019-0036

Sugiyono. (2010). 

Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. 

http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=41762

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi (Cetakan Ke). CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (ed. 1). 

Alfabeta.

Sumar?in. (2013). Ekonomi Islam?: Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif 

Islam (Cet. 1). Graha Ilmu.

Thuy, D. C., & Ngoc Quang, N. (2022). Factors Affecting Satisfaction And 

Intention To Repurchase Retail Banking Services In Vietnam. Cogent 

Business and Management, 

9(1), 0–20. 

https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2137952

Tjiptono Fandy. (2015). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. C.V Andi Offset.

Toto Syatori Nasehudin dan Nanang Gozali. (2012). Metode Penelitian 

Kuantitatif. CV Pustaka Setia.

Wahyuningsih, N., & Janah, N. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi 

Kepuasan Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada Bank Muamalat. 

Al-Amwal?: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(2), 295. 

https://doi.org/10.24235/amwal.v10i2.3596

Wibowo, A. (2012). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan 

Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Proceeding Book of 

Konferensi Nasional Sistem Informasi, April 2008, 1–8.

Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen Dalam Prespektif Ekonomi Islam. 

Maliyah?: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 01(01), 18.

Wulandari, W., Japarianto, E., & Tandijaya, T. N. B. (2022). Penerapan 

Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Perilaku Konsumen Mobile 

Banking Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 126–132. 

https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.126-132

Yossie Rossanty, Muhammad Dharma Tuah Putra Nasution, Firman Ario. (2018). 

Consumer Behaviour in Era Millennial (Riska Franita (ed.); Pertama). 

Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Yuan, H., Ma, Q., Ye, L., & Piao, G. (2016). The Traditional Medicine And 

Modern Medicine From Natural Products. 

Molecules, 

21(5). 

https://doi.org/10.3390/molecules21050559

Zeithaml, Valarie A., Parasuraman, A., Berry, L. L. (1990). Delivering Quality 

Service Balancing Customer Perceptions And Expectation. The Free Press.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia